Manfaat Daun Selada Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Selada Bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Daun Selada Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Selada - Selada memiliki nama latin lactuca sativa dan termasuk ke dalam keluarga Asteraceae. Selada memiliki beberapa jenis varian, namun yang dikenal secara luas hanya 5 jenis saja. Mereka adalah butterhead (Boston), selada cina, crisphead (Iceberg), looseleaf, Romaine, dan Summer Crisp (Batavia).

Daun selada biasanya sebagai lalapan yang biasanya disantap bersama dengan berbagai macam makanan. Meskipun dikonsumsi hanya sebagai makanan pendamping saja, namun daun selada memiliki khasiat luar biasa bagi tubuh.

Daun selada kaya akan lutein dan beta-karoten. Juga memasok vitamin C dan K, kalsium, serat, folat, dan zat besi. Vitamin K berfungsi membantu pembekuan darah. Nutrisi lainnya adalah vitamin A dan B6, asam folat likopen, kalium, dan zeaxanthin. Selada mengandung alkaloid yang bertanggung jawab untuk efek terapeutik.

Meskipun semua varietas selada memiliki kalori rendah, namun memiliki kandungan gizi yang berbeda. Selada sebagai sumber baik kolin. Selada Romain yang paling padat nutrisi dari semua varietas dan merupakan sumber vitamin A, B1, B2 dan C, asam folat, mangan dan kromium. Selada merah mendapat warna merah dari pigmen yang disebut antosianin. Pigmen ini berfungsi sebagai antioksidan, menghilangkan radikal bebas yang merusak sel. Beberapa peneliti menemukan berbagai selada merah mengandung flavonoid, yang merupakan antioksidan kuat.

Apa Saja Manfaat Daun Selada Bagi Kesehatan Tubuh


Baik untuk mata

Selada merupakan sayuran yang kaya akan vitamin. Selada segar mengandung banyak vitamin A dan beta karoten. Vitamin A membantu dalam meningkatkan kesehatan kulit dan penglihatan mata.

Mencegah penuaan dini
Selada mengandung zeaxanthin yang memiliki sifat antioksidan yang mampu mencegah penuaan dini dan mencegah penyakit katarak. Selain itu, kandungan flavonid di dalamnya mampu menghindarkan dari serangan kanker paru-paru dan kanker mulut.

Sumber vitamin K
Kandungan vitamin K di dalam daun selada mampu memperkuat tulang. Vitamin K dapat meningkatkan produktivitas hormon osteotrophic dalam tulang yang mampu mencegah osteoporosis. Vitamin K juga mampu mencegah kerusakan otak neuronal dan mencegah penyakit alzheimer.

Meningkatkan kesuburan
Selada segar kaya akan folat dan vitamin C. Folat membantu meningkatkan kesehatan janin selama masa kehamilan dan juga meningkatkan kesehatan reproduksi baik pria maupun wanita. Sedangkan vitamin C mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga mampu menghalau serangan penyakit.

Kaya akan mineral
Selada merupakan sumber berbagai jenis mineral seperti besi, mangan, tembaga, kalsium, magnesium, dan potasioum. Kalium bermanfaat untuk menjaga kestabilan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Kalsium bermanfaat untuk memperkuat tulang dan gigi. Sedangkan tembaga dan zat besi membantu produksi sel darah merah dalam tubuh.

Membantu proses pertumbuhan
Kandungan protein dalam selada diketahui sangat tinggi. Kandungan protein dari daun selada bermanfaat untuk tubuh. Protein baik untuk memperbaiki sel-sel yang rusak, juga baik untuk pertumbuhan tubuh pada anak-anak.

Mencegah sariawan
Daun selada dapat mencegah sariawan. Daun selada mengandung manfaat vitamin C yang cukup tinggi, sehingga sangat mampu sebagai salah satu sumber vitamin C untuk dikonsumsi sehari-hari.

Mencegah risiko cacat kandungan
Bagi para sangat disarankan untuk mengonsumsi selada selama masa kehamilan. Manfaat daun selada memiliki kandungan Vitamin K yang tinggi yang baik untuk ibu hamil dan selama ini vitamin K diketahui sangat penting untuk menghindari risiko cacat bayi dalam kandungan.

Membantu proses diet
Daun selada memiliki kandungan lemak ataupun kalori yang sangat rendah sehingga tak akan membuat tubuh menjadi gemuk. Daun selada juga bisa dijadikan cemilan saat diet dengan membuatnya menjadi salad sayuran.

Membantu mengatasi insomnia
Daun selada mengandung lactucarium yang baik untuk penderita insomnia. Kandungan tersebut akan membantu tubuh menjadi lebih mudah tidur karena khasiatnya yang dapat membuat semakin rileks dan mudah tidur.

Menetralisir racun dalam tubuh
Selada merupakan sumber yang baik bagi klorofil dan vitamin K. Kaya garam mineral dengan unsur-unsur alkali sangat mendominasi. Hal ini yang membantu menjaga darah tetap bersih, pikiran dan tubuh dalam keadaan sehat. Kandunagn mineral dalam daun selada dapat menetralisir racun yang ada di dalam tubuh. Detoksifikasi secara alami ini akan dapat dirasakan, sehingga tubuh akan terbebas dari racun.

Menjaga daya tahan tubuh
Daun selada mengandung lemak sehat berupa lemak omega 3 dan omega 6 yang dapat membantu tubuh semakin terjaga dan daya tahan tubuh menjadi lebih kuat.

Menyeimbangkan gula dalam darah
Daun selada memiliki kandungan kalori yang rendah,  sehingga kandungan dalam darah yang sangat berbahaya dapat diseimbangkan dengan memakan daun selada.

Membantu penderita sembelit
Selada mengandung serat makanan yang dapat membantu usus bergerak lebih mudah sehingga membantu pencernaan. Selada juga terbukti mengobati gangguan asam lambung, arthritis, katarak, masalah peredaran darah, dan kolitis.

Membantu dalam pemulihan jaringan
Makan selada bisa mempercepat bangkitnya kembali otot-otot lelah, jaringan, dan saraf. Selada tinggi akan kandungan magnesium yang memiliki peran penting dalam pemulihan jaringan, saraf, otak, dan otot, yang berkontribusi memperpendek waktu pemulihan.

Memperbaiki gairah seksual
Selada memiliki efek menenangkan dan berpengaruh kuat pada peningkatan tingkat kesuburan. Selada sering disarankan untuk membantu pria yang menderita ejakulasi dini.

Menyediakan nutrisi selama kehamilan dan menyusui
Asam folat dalam selada membantu mencegah anemia megaloblastik selama kehamilan. Makan selada juga memiliki pengaruh besar atas sekresi hormon progesteron. Makan selada dengan bayam, asparagus, kacang polong, dan kembang kol meningkatkan asam folat atau vitamin B.

Mencegah kanker
Daun selada mengandung kaya vitamin A dan C yang dapat membantu mencegah kanker tertentu.

Meredakan sakit kepala
Jus daun selada bila dicampur dengan minyak mawar, lalu ditempelkan pada dahi, dapat membantu meredakan sakit kepala sehingga dapat menjamin tidur nyenyak.

Meningkatkan kesehatan hati
Kandunagn mineral dalam daun selada dapat menetralisir racun yang ada di dalam tubuh. Detoksifikasi secara alami ini akan dapat dirasakan, sehingga tubuh akan terbebas dari racun, yang akhirnya berkontribusi terhadap kesehatan hati.

Merawat rambut rontok
Campuran jus selada dan jus bayam dikatakan baik bagi mereka yang terganggu oleh masalah rambut rontok.

Demikianlah Manfaat daun selada bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat untuk pembaca setia JadiManfaat.com dimanapun berada.

0 komentar