Melihat Peluang Usaha Budidaya Cacing Sutra

Halo, salam semangat wirausaha. Apa kabar sobat hari in? Semoga tetap selalu dalam keadaan baik dan pastinya selalu semangat yaa. Selamat berjumpa kembali untuk membahas masih seputar dunia wirausaha. Kali ini kita akan membahas melihat peluang usaha budidaya cacing sutra. Cacing sutra? Ya, cacing sutra adalah salah satu jenis cacing yang mempunyai ukuran kecil. Hanya sekitar 1 - 6 cm saja dengan diameter yang kecil juga. Eits, tapi jangan salah walaupun kecil namun hewan ini dapat mendatangkan keuntungan yang besar lho. Benarkah denikian? Tenru saja benar. Tapi pastinya ada syaratnya, anda harus jeli dalam melihat peluang usaha budidaya cacing sutra dan ulet serta tekun menjalaninya.

Peluang Usaha Budidaya Cacing Sutra - Foto : merahputih.com


Peluang Usaha Budidaya Cacing Sutra


Untuk melihat melihat peluang usaha budidaya cacing sutra anda harus tau dulu mengenai cacing sutra ini. Cacing sutra biasanya habitatnya di sungai - sungai. terutama sungai - sungai yang dialiri limbah seperti limbah pabrik tempe atau pabrik tahu. Memang sih kalau dilihat dari habitatnya cacing ini menjijikkan. Tapi justru hal itulah yang dapat anda manfaatkan sebagai peluang dalam usaha budidaya cacing sutra. Mengapa demikian? Karena dengan kejijikan itu otomatis banyak orang yang tidak mau mengambil / mencari cacing ini. Padahal bisnis cacing sutra ini dapat mendatangkan keuntungan yang besar. Maka dari itu buanglah jauh - jauh pikiran itu. Ubahlah mindset anda. Pikirkan saja keuntungan yang akan didapat nanti. Hal itu bisa menjadi suntikan motivasi yang bagus.

Lalu sebenarnya berguna untuk apa sih cacing sutra ini? Mungkin muncul pertanyaan demikian dalam benak anda. Jawabannya adalah cacing sutra ini berguna sebgai makanan bergizi yang baik untuk ikan. Terutama ikan yang masih berupa bibit / larva. Cacing sutra ini memiliki kandungan gizi yang sangat diperlukan bagi perkembangan dan pertumbuhan larva ikan tersebut. Protein tinggi yang terkandung dalam cacing sutra ini sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ikan. Kandungan protein ini berperan besar dalam pembentukan massa otot ikan. Dengan demikian ikan dapat tumbuh besar dan dagingnya banyak.

Nah biasanya para pelaku usaha peternakan ikan ini masih sulit dalam hal suplai cacing sutra ini sebagai makanan ikannya. Sehingga para pelaku usaha peternakan tersebut lebih memilih makanan pabrikan yang dibuat secara kimiawi. Di samping itu tentunya pakan yang bersifat alami pastinya lebih baik bagi si ikan daripada makanan pabrikan yang dibuat secara kimiawi.

Nah sekarang jelas kan peluang usaha budidaya cacing sutra ini? Ya, peluangnya adalah anda berperan sebagai pemasok makanan berupa cacing sutra untuk para pelaku bisnis peternakan ikan. Bisnis peternakan ikan ini sudah banyak dilakukan. Namun pasokan untuk makanannya terutama cacing sutra ini masih sangat kurang.

Disamping itu, masih belum banyak yang melakukan usaha budidaya cacing sutra ini. Jumlah permintaan ikan konsumsi yang meningkat per harinya. Dengan demikian maka jumlah peternak ikan pun juga berpotensi akan bertambah banyak. Itulah peluang besar yang dapat anda manfaatkan untuk mulai membuka usaha budidaya cacing sutra ini.

Untuk pemasarannya pun anda tidak perlu bingung. Sekarang sudah banyak pengepul cacing sutra yang membutuhkan suplai cacing sutra hingga kwintalan. Mereka memang bekerja sama dengan para peternak ikan dalam urusan penyuplaian cacing sutra ini.

Demikianlah informasi kali ini mengenai melihat peluang usaha budidaya cacing sutra. Semoga dapat menjadi inspirasi bagi anda untuk berwirausaha.

0 komentar