Manfaat dan Kerugian Memakai Pomade Minyak Rambut

20.03
Manfaat Memakai Pomade - Pomade adalah produk styling yang digunakan untuk rambut. Pomade merupakan salah satu minyak rambut yang popularitasnya melejit kembali khususnya di kalangan anak muda. Minyak rambut pomade ini, sejatinya merupakan hasil produksi dari USA. Pomade berbahan dasar minyak kelapa, lanolin, wax dan parfum atau fragrance.

Manfaat Memakai Pomade
Manfaat Memakai Pomade

Pomade dapat membuat rambut menjadi terlihat rapi, klimis dan mengkilap.  Hasil minyak rambutnya tidak benar-benar encer seperti minyak goreng. Bentuk pomade berbentuk padat keras hampir sama dengan wax. Pomade mulai dikenalkan dan dipromosikan pada awal tahun 1990-an.

Walaupun pomade harganya cukup mahal, tapi kamu tetap tidak dapat menggunakannya dengan sembarangan. Berikut akan menjelaskan bagaimana manfaat pomade selain digunakan sebagai produk styling untuk rambut. 

Berikut Manfaat pomade dan kekurangan dari penggunaan pomade:

Manfaat Menggunakan Pomade 

1. Membuat rambut terlihat klimis

Berpenampilan rapi adalah dambaan setiap orang. Apalagi dengan gaya rambut rapi dan terlihat basah alami. Siapa yang tidak ingin terlihat keren? Pomade dapat membuat rambut kamu  terlihat licin dan tampak basah alami. 

2. Mempertahankan posisi rambut

Dengan menggunakan produk pomade tatanan rambut kamu  dapat bertahan semama seharian, walaupu dalam beraktivitas kamu  menggunakan helm atau topi. Cukup disisir kembali, tatanan rambut kamu  dapat kembali lagi. Perlu kamu ketahui, pomade bisa kuat sampai 3 hari bila tidak dibilas.

3. Mempermudah membuat gaya rambut (Styling Rambut)

Pomade mempermudah menata rambut kamu . Karena tujuan utama dari pomade adalah dengan membuat gaya rambut yang sesuai dengan keinginan kamu. Dengan pomade, berbagai gaya rambut bisa kamu  coba dan rambut yang susah diatur bisa kamu  mudah menatanya sesuai dengan gaya model rambut yang kamu  inginkan.

Kerugian Memakai Pomade

Namun dari beberapa manfaat di atas, pomade juga memiliki kekurangan dalam penggunaannya. Pomade dapat berefek merugikan apabila pemakaian pomade secara berlebihan. Akbibatnya adalah sebagai berikut:

1. Matinya warna hitam pada rambut

Apabila Pomade digunakan secara berlebihan, rambut akan berganti warna menjadi merah dan kering. 

2. Menimbulkan kerontokan pada rambut

Sebenarnya, pakai pomade tidak akan membuat rambut menjadi rontok. Yang  membuat rambut menjadi rontok  itu adalah bahan - bahan dari pembuatan pomade. Kalau kamu punya alergi dengan beberapa bahan tertentu, bisa jadi itu penyebab rambut kamu rontok ketika memakai pomade.

Selain itu, penyebab rontoknya rambut kamu mungkin juga karena menggunakan hal lain di rambut, seperti mewarnai rambut dan memakai pomade. Hal lain yang mungkin terjadi dan memicu kerontokan adalah kamu terlalu berlebihan dalam menyisir rambut. Mungkin saat memakai pomade, kamu terus – terusan atau kerap menyisip rambutmu, hingga membuatnya menjadi rontok. Tapi dengan mencuci rambut dengan benar dan selalu bersih, masalah ini akan terselesaikan.

3. Membuat kepala menjadi pusing

Menyebabkan kepala pusing, karena kuatnya efek tekanan yang di berikan pomade apalagi menggunakan pomade yang hold akan terasa pusing bila memakai secara berlebihan. Namun kemungkinan terbesar yang bikin kamu pusing saat memakai pomade adalah baunya. Karena wewangian atau fragrance yang digunakan di pomade memang bertujuan agar kamu suka pada wanginya. Meski tidak dianggap berbahaya atau racun, wangi dari fragrance bisa menyebabkan sakit kepala.

Kenyataannya, untuk sebuah fragrance bisa menggunakan 3000 bahan, yang sebagian besar adalah sintetis, diduga sekitar 900 di antaranya beracun! Beberapa di antaranya menyebabkan sakit kepala tuh.

4. Munculnya ketombe

Ketombe bisa muncul karena pemakaian pomade yang salah. Yang membuat kamu ketombean saat pakai pomade adalah ketika pomade kena ke kulit kepala, bahan-bahan kimia pomade yang tertinggal di kepala bisa menimbulkan ketombe. Karena beberapa jenis pomade mengandung minyak atau mineral minyak yang melapisi dan bisa menghalangi pori-pori. Inilah yang bisa menyebabkan ketobe di rambut kamu. Cara mengatasi hal ini adalah dengan berhenti sejenak, jangan pakai pomade sementara waktu, tapi obati dulu masalah ketombe yang kamu hadapi.

5. Munculnya jerawat

Jerawat yang disebabkan oleh pomade ini, atau yang disebut pomade acne adalah jerawat yang disebabkan ketidakcocokannya kulit kamu terhadap pomade yang berbahan oil dan petrolatum. Jerawat pomade muncul pada kulit kepala, dahi, dan daerah kulit yang paling sering bersentuhan dengan produk pomade rambut tersebut. Jerawat yang disebabkan pomade biasanya seperti gabungan jerawat blackheads dan whiteheads. Blackheads adalah jerawat kecil yang berwarna kekuningan atau kehitaman, sementara whiteheads adalah jerawat yang nggak bisa kontak dengan oksigen dan terkadang menyakitkan. Kondisi ini diyakini disebabkan karena beberapa jenis pomade mengandung minyak atau mineral minyak yang melapisi dan bisa menghalangi pori-pori. Saat suhu tubuh mulai menaik, otomatis secara perlahan kekerasan dari minyak rambut tersebut pudar, apalagi jika berkeringat, bisa menyumbat dan menghalangi pori-pori. Karena pori-pori tersumbat yang terjadi sebagai akibat dari penggunaan pomade tersebut.  

Jika kamu tidak ingin berhenti memakai pomade, pilih pomade yang berbahan dasar air.  Pomade yang berbahan dasar air punya kemungkinan jauh lebih kecil untuk menyebabkan masalah ini, karena yang menyebabkan jerawat biasanya adalah jenis pomade mengandung minyak atau mineral minyak. 

6. Menyebabkan kamu jadi sering ke toilet

Efek pemakaian pomade yang lainnya adalah membuat kamu menjadi rajin ke toilet. Ini gara - gara kamu memakai pomade, bakalan sering ke toilet. Kamu terus penasaran dengan tatanan rambutmu, dan jadi terus menerus ingin bersisir dan bercermin, untuk mengecek gaya rambutmu.

Untuk meminimalisir efek negatif dari pemakaian pomade itu, ada baiknya mengurangi pemakain pomade minimal seminggu 2 kali, atau ketika ada acara penting saja seperti presentasi, tampil konser, hanya dibutuhkan saat kamu penampilan yang benar – benar harus dan menuntut kerapian saja. 

Demikian artikel tentang manfaat pomade dan kekurangan dari penggunaan pomade . Semoga artikel ini jadi manfaat bagi pembaca setia dimanapun berada.

0 komentar