Manfaat Kacang Arab Garbanzo

Manfaat Kacang Arab Garbanzo
Manfaat Kacang Arab Garbanzo

Manfaat Kacang Arab Bagi Tubuh - Kacang arab biasanya dikonsumsi sebagai cemilan yang menyehatkan. Kacang arab atau kacang garbanzo merupakan kacang yang sering kali menjadi salah satu oleh-oleh yang khas ketika seseorang pulang dari menjalankan ibadah umroh ataupun haji.

Selain enak dimakan, pengolahan kacang arab juga terbilang mudah. Cukup rendam kacang terlebih dahulu di dalam air selama satu jam, lalu direbus dengan ditambahkan sedikit garam. Jangan mengkonsumsinya dengan cara digoreng, karena akan merusak kandungan nutrisinya.

Kacang arab memiliki kandungan nutrisi yang baik dan bisa dimasukkan dalam menu makanan sehat sehari-hari. Di dalam 100 gram kacang arab, menyimpan nilai gizi banyak gizi, seperti:

Energi: 330 kkal
Protein : 23,8 gr
Lemak : 1,4 gr
Karbohidrat : 60,2 gr
Kalsium : 57 mg
Fosfor : 388 mg
Zat besi : 5 mg
Vitamin A : 140 IU
Vitamin B1 : 0,2777 mg
Vitamin C : 2 mg

Manfaat Kacang Arab


1. Tinggi Serat

Serat yang terdapat pada kacang Arab sekitar 6 %. Pada kacang arab, terdapat kandungan berupa serat yang larut dan serat yang tidak larut. Dimana diketahui bahwa serat larut pada kacang arab berfungsi untuk membantu mengontrol kesehatan pada empedu dan untuk meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

2. Menurunkan berat badan

Kacang arab juga mengandung serat larut dan tidak larut. Kandungan serat pada kacang arab membantu menjaga kesehatan empedu, konsistensi tinja yang juga sangat efektif dalam menurunkan berat badan secara sehat. Mengonsumsi kacang arab membuat kamu merasa kenyang dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengurangi keinginan untuk makan. 

3. Kaya kandungan mangan

Mineral yang terkandung di dalam kacang arab membantu produksi energi dan meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh. Mengkonsumsi kacang arab secara teratur 2 sampai 3 kali dalam seminggu, cukup untuk menjaga energi pada tubuh, untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

4. Mengontrol kadar gula darah

Kandungan kacang arab yang memiliki serat larut ini, akan membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Kacang arab dapat menurunkan resiko terjadinya penyakit diabetes, karena kacang arab memberikan energi pembakaran yang stabil pada tubuh namun lambat.

5. Menjaga kesehatan jantung

Kacang Arab dapat menurunkan LDD atau kolesterol jahat pada darah, dikarenakan kandungan zat yang ada didalam kacang Arab akan menghancurkan kolesterol dengan cepat. Kolesterol yang tinggi dan jahat yang ada didalam darah pada tubuh manusia dapat menyebabkan seseorang terkena serangan penyakit jantung serta stroke. Mengkonsumsi kacang arab secara teratur dapat menyehatkan jantung.

6. Meningkatkan sistem peredaran darah

Kandungan fosfat yang tinggi serta magnesium pada manfaat kacang arab, membantu meningkatkan sistem peredaran darah serta baik untuk menjaga kesehatan mata.

7. Kaya akan zat besi

Zat besi di dalam kacang arab merupakan suplemen alami untuk wanita yang sedang menstruasi, hamil, dan menyusui. Zat besi ini pun dipercaya bisa meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Zat besi juga sangat dibutuhkan oleh anak di masa pertumbuhan. Zat penting ini juga berperan dalam meningkatkan sistem metabolisme, yang menjadi syarat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh.

8. Mencegah kanker dan osteoporosis

Kacang arab mengandung fitokimia yang berperan sebagai antioksidan bagi tubuh, sehingga memperkecil risiko tulang keropos, kanker payudara, dan menopause dini.

9. Sumber protein nabati dan Bebas kalori

Kacang arab mengandung protein yang baik tanpa penambahan kalori dan lemak tak jenuh. Makanan ini dapat menjadi alternatif selain gandum.

Demikianlah manfaat kacang arab bagi tubuh. Semoga bermanfaat untuk pembaca setia jadimanfaat.com dimanapun berada ya.

0 komentar