Manfaat Menjadi Anggota Koperasi

Manfaat Menjadi Anggota Koperasi
Manfaat Menjadi Anggota Koperasi

Koperasi adalah suatu kumpulan orang-orang yang mempunyai tujuan sama, diikat dalam suatu organisasi yang berasaskan kekeluargaan dengan maksud mensejahterakan anggota. 

Dengan adanya koperasi, para anggota dapat terbebas dari rentenir yang meminjamkan uang dengan bunga sangat tinggi. Anggota yang membutuhkan pinjaman modal usaha dapat meminjam di koperasi. Anggota yang membutuhkan kebutuhan pokok pun dapat membeli di koperasi dengan harga yang lebih murah. Karena itulah koperasi akan memiliki peluang yang lebih besar dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial anggota koperasi pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Sejarah singkat gerakan koperasi bermula pada abad ke-20 yang pada umumnya merupakan hasil dari usaha yang tidak spontan dan tidak dilakukan oleh orang-orang yang sangat kaya. Koperasi tumbuh dari kalangan rakyat, ketika penderitaan dalam lapangan ekonomi dan sosial yang ditimbulkan oleh sistem kapitalisme semakin memuncak. Beberapa orang yang penghidupannya sederhana dengan kemampuan ekonomi terbatas, terdorong oleh penderitaan dan beban ekonomi yang sama, secara spontan mempersatukan diri untuk menolong dirinya sendiri dan membantu sesamanya. Potensi dan kemampuan ekonomi para anggota koperasi yang pada saat itu relatif kecil, dihimpun sebagai satu kesatuan, sehingga dapat membentuk kekuatan yang lebih besar. 

Sedangkan di Indonesia, koperasi didirikan pada tanggal 12 juli 1947, karena penderitaan dalam lapangan ekonomi dan sosial yang ditimbulkan oleh sistem kapitalisme semakin memuncak. Munculnya ide-ide perkoperasian diperkenalkan pertama kali oleh Patih di Purwokerto, Jawa Tengah, R. Aria Wiraatmadja pada tahun 1896. Pergerakan koperasi di Indonesia mengadakan konggres koperasi yang pertama di Tasikmalaya. Tanggal dilaksanakannya konggres ini kemudian ditetapkan sebagai Hari Koperasi Indonesia.

Koperasi didirikan untuk meningkatkan perekonomian rakyat. Koperasi menyediakan kebutuhan setiap anggotanya dengan harga terjangkau. Koperasi berasaskan kekeluargaan dan kegotongroyongan. Masyarakat ikut serta menjadi anggota koperasi di dalamnya. Modal koperasi di dapatkan dari modal sendiri maupun modal pinjaman. Dengan adanya koperasi, kesejahteraan rakyat akan meningkat.

Manfaat dan Keuntungan Menjadi Anggota Koperasi

Koperasi didirikan bertujuan untuk menjadikan kondisi sosial dan ekonomi anggotanya lebih baik dibanding sebelum bergabung dengan koperasi. Banyak jenis koperasi yang kita kenal, diantaranya adalah Koperasi Produsen, Koperasi Konsumen dan Koperasi simpan Pinjam dan koperasi Serba Usaha (konsumen). 

Manfaat koperasi paling utama adalah anggota dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Manfaat koperasi bagi anggota tidak hanya memenuhi kebutuhan anggota. Beberapa keuntungan menjadi anggota koperasi adalah sebagai berikut :

1. Memiliki jaringan yang luas

Anggota koperasi akan memiliki jaringan yang luas untuk mengembangkan usaha mereka, dan bagi hasil sesuai dengan usaha yang telah dilakukan oleh anggota karena semua anggota bisa mendapatkan pinjaman dari masing-masing koperasi yang ada dikantor atau instansi, sehingga mereka bisa menggunakan pinjaman tersebut sebagai modal yang produktif. Bagi anggota yang memiliki hasil produk tertentu juga dapat menjualnya di koperasi. 

2. Berperan dalam upaya meningkatkan kualitas kehidupan manusia

Dengan menjadi anggota koperasi, berarti kamu turut serta secara aktif dalam upaya meningkatkan kualitas kehidupan manusia dan masyarakat. Peningkatan kualitas kehidupan hanya bisa dicapai koperasi jika ia dapat mengembangkan kemampuannya dalam membangun dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi anggota-anggotanya serta masyarakat disekitarnya.

3. Ikut dalam mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi

Membangun dan mengembangkan potensi serta kemampuan ekonomi anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial.

4. Memperkokoh perekonomian anggota

Memperkokoh perekonomian anggota sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional, karena koperasi adalah satu - satunya bentuk perusahaan yang dikelola secara demokratis. Berdasarkan sifat seperti itu maka koperasi diharapkan dapat memainkan peranannya dalam menggalang dan memperkokoh perekonomian rakyat. Oleh karena itu koperasi harus berusaha sekuat tenaga agar memiliki kinerja usaha yang tangguh dan efisien. Sebab hanya dengan cara itulah koperasi dapat menjadikan perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional.

5. Meningkatkan penghasilan anggota

Koperasi dapat membantu anggota meningkatkan penghasilan, sehingga secara tidak langsung ikut serta meningkatkan taraf hidup anggotanya. Dengan mengikuti koperasi, diharapkan koperasi bisa meningkatkan penghasilan anggotanya. Anggota bisa meningkatkan penghasilan melalui kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh koperasi. 

6. Mendapat penghasilan tambahan

Dengan melakukan usaha seperti itu setiap anggota bisa meningkatkan penghasilannya. Sisa hasil usaha yang didapatkan oleh koperasi, akan dikembalikan kepada anggotanya sesuai dengan jasa dan juga aktivitasnya di dalam koperasi.

Pada akhir tahun, setiap anggota juga mendapat keuntungan yang disebut Sisa Hasil Usaha (SHU) Pembagian SHU Bersumber dari  anggota SHU. Pembagian SHU bersumber dari anggota, anggota merupakan jasa dari modal dan transaksi usaha yang dilakukan anggota sendiri dan dapat dilakukan secara transparan serta dapat dibayar secara tunai. 

SHU tersebut dapat diperoleh dari 25 % dari SHU yang diperoleh dari SHU yang diperoleh dari usaha anggotanya dan 60% dari SHU yang berasal bukan dari usaha anggota. Besar kecilnya SHU yang diterima oleh anggota tergantung dari aktif atau tidaknya anggota tersebut dalam simpan pinjam di koperasi tersebut.

7. Menumbuhkan sikap jujur dan terbuka

Setiap anggota memiliki kewajiban dalam mengelola koperasi dengan baik, saat mengelola anggota harus secara terbuka menyampaikan laporan terutama laporan keuangan ketika mengelola koperasi. Setiap anggota juga memiliki hak dalam mengurus koperasi dan juga berhak untuk mengetahui laporan keuangan di dalam koperasi. Sehingga, dengan demikian berarti koperasi mengajarkan kepada anggotanya untuk selalu bersikap jujur dalam melakukan usaha, tidak hanya itu koperasi juga mengedepankan sifat terbuka dalam pengelolaan koperasi.

8. Menawarkan Barang dan Jasa Dengan Harga Lebih Murah

Koperasi memang memiliki tujuan agar barang dan jasa yang ditawarkannya bisa dibeli oleh anggota yang kurang mampu, oleh sebab itu harga yang ditawarkan lebih murah dan terjangkau. Anggota bisa membeli barang dan jasa lebih murah dibandingkan dengan barang dan jasa yang ditawarkan di toko-toko lain selain koperasi. 

9. Saling Membantu Sesama

Kegiatan yang diadakan oleh koperasi bukan semata-mata usaha yang dijalankan untuk meraih keuntungan, selain mendidik dan menumbuhkan semangat berwirausaha di hati para anggotanya koperasi juga memiliki tujuan untuk melayani secara baik keperluan para anggotanya sehingga keperluan anggotanya dapat tercukupi.

10. Memperoleh Pinjaman Dengan Mudah

Bagi anggota yang memiliki kesulitan dalam hal keuangan, koperasi bisa menyediakan pinjaman modal dengan mudah tanpa disertai syarat yang berbelit-belit. Para anggota juga bisa terbebas dari hutang, dengan adanya program pengembangan usaha, sehingga kesejahteraan anggota pun bisa tercapai. Selain itu, anggota dapat meningkatkan batas pinjaman yang dapat diberikan, apabila pada pinjaman sebelumnya anggota dapat melunasi sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati bersama.

Demikian informasi tentang Manfaat Jadi Anggota Koperasi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia.

0 komentar