Manfaat Menjadi Seorang Fotografer

Manfaat Menjadi Seorang Fotografer
Manfaat Menjadi Seorang Fotografer

Hobi  adalah suatu hal yang menarik bagi diri sendiri, yang dilakukan pada waktu luang untuk menenangkan pikiran. Dengan melakukan hobi, kamu berarti memiliki kesempatan untuk mempelajari keahlian baru, bahkan lebih mendalam. Begitu juga dengan fotografi. Ada banyak hal yang bisa kamu pelajari dalam dunia fotografi.

Kini, dunia fotografi tak hanya menjadi sekadar hobi. Bahkan fotografi sudah menjadi hal yang sangat mudah dan menjadi gaya hidup. Dunia Fotografi sekarang banyak digemari oleh  berbagai kalangan, mulai dari remaja sampai dewasa. Banyak fotografer mulai dari amatir sampai dengan yang professional mulai tertarik dengan lahan bisnis Fotografi  ini. Mereka juga berlomba-lomba untuk meningkatkan tekhnik memotret agar dapat menghasilkan foto yang unik dan menarik. Hal ini di dukung dengan bermunculan komunitas Fotografi  dan kursus photo yang mmberikan suatu trik dan tips agar dapat memotret dengan lebih baik. Padahal sebelumnya, Fotografi hanya dijadikan sebagai hobi yang mahal, karena perlengkapan yang dibutuhkan sangat mahal, sehingga hanya sebagian orang saja yang mampu membelinya, untuk dapat menyalurkan hobinya. Dulunya, Fotografi memang dianggap sebagai hasil karya foto yang diabadikan dalam bentuk kanvas dan album sebagai tempat untuk menyimpan semua kenangan dalam hidup.

Namun saat ini, dunia Fotografi meningkat, hampir seluruh lapisan masyarakat sanggup membeli salah satu alat canggih tersebut terlebih lagi pada zaman sekarang harga kamera bervariasi ada yang mahal dan banyak pula yang terjangkau oleh pasar menengah ke bawah. Banyak dari penyuka Fotografi dapat mengembangkan dan meluaskan bidang ini, menjadi bukan hanya sekedar hobi, tapi bahkan menjadi bisnis yang mendatangkan keuntungan. 

Cukup dengan bermodalkan alat - alat seperti kamera, lensa, dan lainnya yang mendukung, usaha ini dapat berjalan dengan baik, dengan didukung dengan keahlian yang baik pula tentunya.

Selanjutnya, dengan meningkatnya bisnis Fotografi ini, bermunculan juga studio untuk mencetak hasil karya foto. Misalnya saja edit foto, album foto dengan harga dan ukuran yang bervariasi sesuai dengan permintaan para pelanggannya. Selain studio foto, banyak juga toko - toko yang menawarkan berbagai macam jenis kamera lengkap dengan perlengkapannya. jenis dan harga kamera yang ditawarkan juga sangat beragam, tergantung dengan kebutuhan dari sang fotografer. 

Untuk memulai menjadi sang fotografer, kamu bisa mulai dengan mengenal jenis - jenis kamera , jenis - jenis lensa, dan alat – alat lain yang mendukung. Kamu juga harus belajar mengenai pengaturan cahaya, komposisi dan berbagai hal menarik seputar fotografi.

Apa saja sih manfaat hobi fotografi?

1. Mempelajari keahlian baru 

Hal yang paling menarik mempelajari sebuah hobi seperti fotografi, adalah tidak ada kata cukup dalam mempelajarinya. Diawali dengan hobi, kamu pun akan mulai menjadi memiliki keahlian baru, dimana orang lain belum tentu bisa. Mungkin awalnya kamu memang tidak memotret secara profesional, apalagi menjadikan kegiatan ini sebagai penghasil uang, kamu meakukannya hanya sekedar hobi saja. Belakangan, setelah kamu mempelajari, memotret secara otodidak, pelan – pelan kamu mungkin akan mulai serius dan merasakan manfaat yang besar dari kegiatan fotografi ini. Pengetahuan yang kamu dapat dari fotografi merupakan salah satu bentuk life skill. Selain menunjang keberhasilan dalam mempelajarinya, juga berguna bagi masa depan kamu. 

2. Mensyukuri Anugerah Tuhan 

Dengan menjadi fotografer, kamu pun akan merasakan bertambahnya rasa syukur pada ciptaan dan anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa. Hobi memotret pemandangan yang indah, akan membuat kamu bersyukur telah melihat dan merasakan anugrah Tuhan terseebut. Misalnya saja kamu sering memotret keindahan alam, seperti pemandangan bukit yang terhampar luas, pegunungan, pepohonan, sungai, danau, laut, bunga, maupun aneka jenis hewan yang ada di sekitar kamu. Setiap kali mengabadikan keindahan tadi, maka kamu akan selalu teringat akan kebesaran Tuhan, pasti akan terbersit rasa syukur dan kekaguman akan ciptaaan Tuhan. Berikutnya, kamu pun akan merasa lebih dekat dengan Tuhan.

3. Fotografi menjadi sarana pelepas jenuh yang efektif

Bila kamu memang hobi memotret, kamu tentu akan dengan senang hati melakukan hal ini. Ini pun bisa jadi pelepas jenuh kamu saat kamu merasa bosan. Dengan melakukan hobi ini, kamu tentu akan merasa puas dan lega dalam hati.
  

4. Peka terhadap lingkungan sekitar 

Bila kamu  suka memotret  hal-hal menarik yang ada di sekitar kamu, secara tak sengaja, perasaan peka terhadap lingkungan sekitar akan makin terasah. Hobi memotret dan menjadi Fotografer secara tak sadar akan membuatmu menjadi peka terhadap lingkungan sekitar dan mencintai alam sekitar, karena kamu akan sering mengambil Objek alam dan lingkungan sekitar. Suatu objek atau situasi mungkin luput dari perhatian orang lain, namun bila kita sering memotret maka kita akan menemukan objek foto yang tak biasa. Tak hanya Objek - Objek indah yang bisa menjadi target foto, Hal-hal lain yang bisa menggungah perasaan, misalnya jalanan berlubang, banjir, atau hal lain bisa menjadi Objek foto kamu. Kamu pun akan menjadi tahu apa yang terjadi di lingkungan sekitar kamu dan  tentunya pengetahuan tentang hal – hal yang kamu potret pun akan bertambah, khususnya lingkungan di sekitarmu.

5. Berani Untuk Menjadi Seorang fotografer Professional

Setelah menjalani hobi dan mendapatkan foto-foto hasil hunting, kamu pastinya tidak hanya akan memenuhi media penyimpanan hard disk, album jejaring sosial, atau dicetak dan dipajang di kamar. Mungkin kamu pun akan mulai berpikir untuk naik level dari seorang hobi fotografi menjadi fotografer professional. Hal ini tidak akan sulit, bahkan bisa dilakuakan dengan mudah. Untuk memulainya, kamu tidak harus membangun sebuah studio dengan unit peralatan lengkap. Namun untuk menjadi fotografer professional, bisa dilakukan dari pekerjaan-pekerjaan kecil seperti menerima tawaran pemotretan pre-wedding dari teman atau pemotretan liputan acara-acara kantor maupun sekolah. Ada beberapa keuntungan yang Anda dapat setelah berani menjadi seorang professional, diantaranya adalah pengalaman baru, income yang di dapat, serta karya kamu pun akan dinikmati oleh orang lain. Tentu ini adalah sebuah kebanggaan tersendiri bagi kamu nantinya.

Demikian informasi tentang Manfaat Jadi Fotografer. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca setia.

0 komentar