Manfaat Jantung Pisang Dan Efek Sampingnya

23.38
Manfaat Jantung Pisang Dan Efek Sampingnya
Manfaat Jantung Pisang Dan Efek Sampingnya

Pisang merupakan salah satu tanaman yang menjadi primadona di Indonesia. Hampir di setiap pelosok daerah, terdapat berbagai macam pisang. Bahkan disetiap kebun-kebun terdapat setidaknya ada 1 buah pohon pisang. Pisang tumbuh setidaknya disekitar 107 negara dan menempati peringkat keempat di antara dunia tanaman pangan yang di nilai secara moneter.

Buah Pisang menjadi buah yang sangat diminati kebanyakan orang karena rasa dan harumnya yang begitu manis. Tidak hanya buahnya yang nikmat, ternyata jantung pisang juga menggugah selera setiap pecinta makanan. Dan lebih hebatnya lagi jantung pisang memiliki manfaat untuk kesehatan. Berdasarkan penelitian, setiap 25 gram jantung pisang mengandung 31 kkal kalori, 1,2 gram senyawa protein, 0,3 gram lemak, 7,1 gram karbohidrat. Jantung pisang juga mengandung vitamin A, vitamin B1, vitamin C, dan mineral penting seperti fosfor, kalsium dan Fe (zat besi). Adapun manfaat jantung pisang antara lain:

1. Mencegah stroke  

Stroke merupakan kerusakan pada bagian otak yang terjadi karena tersumbatnya aliran darah yang membawa oksigen dan zat gizi ke otak. Penyumbatan tersebut menyebabkan pecahnya pembuluh darah sehingga darah terus mengalir, dan tidak dapat terbendung. Efek dari pecahnya pembuluh darah tersebut membuat tubuh penderita mejadi lumpuh sebagian. Jantung pisang memiliki zat yang dibutuhkan sistem pembuluh darah yang rusak tadi untuk memulihkan kerusakan. Caranya yaitu dengan menggunakan satu buah jantung pisang ambon yang direbus. Setelah itu, peras dan ambil sarinya. minum  sari jantung pisang sebanyak dua kali sehari untuk mencegah penyakit stroke.

2. Mencegah Kolesterol

Jantung pisang memiliki zat yang disebut HDL (high density lipoprotein) yang dapat mencegah kolestrol jahat mengendap dan tidak merugikan tubuh.

3. Menyehatkan Perut dan Baik untuk diet

Jantung pisang dapat melancarkan proses pencernaan karena mengandung serat yang tinggi.

4. Makanan penderita diabetes

Memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga Baik bagi penderita diabetes karena insulin yang dibutuhkan untuk mengubah glukosa menjadi energi. Jantung pisang yang di rebus saja ini, sangat efektif untuk turunkan kandungan gula darah.

5. Melancarkan sirkulasi darah 

Jantung pisang bersifat anti koagulan yang dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah.

6. Mencegah kanker dan Anti penuaan

Antioksidan yang terdapat pada jantung pisang dapat mencegah radikal bebas dimana radikal bebas ini bisa mengakibatkan kerusakan kinerja organ, karena sistem oksidasi mengakibatkan penuaan pada beberapa sel. anti oksidan dan vitamin pada jantung pisang Mampu melakukan perbaikan beberapa sel, karena kandungan flavonoidny berfungsi juga sebagai anti radikal.

7. Mencegah penyakit gondok 

Yodium pada jantung pisang dapat mencegah penyakit gondok.

8. Menyembuhkan infeksi 

kandungan etanol pada jantung pisang dapat menghalangi perkembangan bakteri.


9. Meningkatkan produksi sel darah merah 

Zat besi pada jantung pisang berfungsi untuk pembentukkan sel darah merah dan hemoglobin.

10. Mengontrol darah saat menstruasi 

Zat gizi jantung pisang dapat mengontrol hormon progesteron sehingga akan mengontrol keluarnya darah haid.


11. Meningkatkan produktivitas ASI

Zat gizi pada jantung pisang hampir sama dengan zat gizi yang terkandung di dalam daun katuk. Karna itu jantung pisang juga bermanfaat dalam meningkatkan produktivitas ASI. 


Demikian informasi mengenai manfaat jantung pisang yang bisa Anda ketahui, semoga menjadi referensi yang bermanfaat ya.

0 komentar