Khasiat Dan Manfaat Daun Bayam

Khasiat Dan Manfaat Daun Bayam
Khasiat Dan Manfaat Daun Bayam

Bayam atau yang memiliki nama latin Amaranthus spp. merupakan tumbuhan yang biasa ditanam untuk dikonsumsi daunnya sebagai sayuran hijau. Tumbuhan ini berasal dari Amerika tropik, namun sekarang tersebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. 

Citra bayam sendiri amat begitu baik dalam dunia kesehatan, sayuran ini disebut-sebut kaya akan manfaat. Bayam diketahui kaya akan kandungan vitamin B6, protein, thiamin, asam folat, kalsium, kalium dan Vitamin yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, bayam juga dikenal sebagai sayuran sumber zat besi yang penting. 

Manfaat bayam sudah terlihat dari berbagai kandungan gizi yang sangat tinggi di dalamnya. Manfaat bayam sangat beragam dan baik bagi tubuh terlebih lagi bagi anak-anak yang sedang masa pertumbuhan. 

Dari kandungan gizi yang ada, bayam dapat meningkatkan kinerja ginjal, melancarkan pencernaan, menurunkan demam, mengatasi kurang darah, melancarkan ASI hingga memperkuat fungsi hati. Selain itu, bayam juga dipercaya memiliki khasiat untuk mencegah kabur atau hilangnya penglihatan karena faktor usia atau dalam usia medis lebih dikenal dengan macular degeneration, katarak bahkan kanker. Bayam juga merupakan sumber folate dan lutein yang begitu hebat, yang juga dapat mencegah resiko memiliki bayi dengan kelahiran cacat hingga mencegah resiko penyakit jantung.

Makan bayam setiap hari juga ampuh melawan proses penuaan dan membantu untuk mempertahankan awet muda. Makan bayam bisa membersihkan tubuh dari racun, membantu sistem pencernaan, dan membuat kulit mulus dan indah.

Nah, selain itu, berikut adalah beberapa manfaat bayam yang lainnya :

1. Menurunkan berat badan

Kandungan serat dalam bayam sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan. Serat dalam bayam juga bisa melancarkan metabolisme dalam tubuh Untuk diet, bayam bisa dijadikan sayuran wajib ataupun dibuat untuk jus yang dicampur dengan madu atau susu.

2. Menjaga kesehatan tulang

Vitamin K, kalsium,  dan mineral lainnya sangat baik bagi kekuatan tulang. Pada orang-orang yang telah lanjut usia sangat rentan terkena penyakit osteoporosis, maka dari itu sangat penting mengkonsumsi bayam dan apalagi pada anak-anak yang sedang tumbuh kembang. Seimbangkan pula dengan susu untuk kalsium yang penting bagi pembentukan tulang.


3. Menjaga kesehatan jantung

Plak kolesterol pada pembuluh darah arteri akan meningkatkan resiko penyakit jantung. SERAT berperan dalam mengatasi kolestrol.

4. Mencegah kanker

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa bayam diyakini dapat mengurangi resiko kanker kulit. Anti oksidan yang banyak terkandung di dalam bayam sangat berperan dalam menangkal radikal bebas pemicu tumbuhnya sel kanker.

5. Membantu pertumbuhan rambut

Bayam mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan rambut. Bayam kaya akan vitamin B, C, E, kalium, kalsium, magnesium, zat besi, dan asam lemak Omega-3 yang penting untuk kesehatan rambut. 

6. Meningkatkan efisiensi Otot

Para peneliti dari Karolinska Institute di Swedia menemukan partisipan yang mengonsumsi 300 gram bayam sehari mengurangi jumlah oksigen yang dibutuhkan untuk daya otot-otot mereka saat latihan sebesar lima persen.

7. Melancarkan Pencernaan

Serat yang tinggi dalam bayam sangat ampuh dalam mengatasi konstipasi (susah BAB).

8. Mencegah Anemia

Zat besi yang terkandung di dalam Bayam sangat baik untuk memproduksi sel darah merah yang diperlukan oleh tubuh manusia.

9. Mencegah rambut rontok

Sayuran berdaun hijau mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan rambut. Vitamin A dan C membantu memproduksi minyak di kulit kepala, membuatnya tidak tampak kering dan tetap bersinar. Selain itu, sayuran hijau juga mengandung kalsium dan zat besi yang dapat mengurangi rambut rontok. Contoh sayuran hijau yang bisa kamu konsumsi untuk keindahan rambut adalah bayam.

10. Meremajakan kulit

Sayuran seperti bayam, dapat membantu tubuh melawan racun yang menyebabkan degenerasi sel dan penuaan. Bayam kaya akan lutein, yaitu antioksidan yang membantu dalam menjaga kulit sehat. Lutein akan memfasilitasi hidrasi kulit, dan membuat kulit bercahaya sehingga terlihat lebih muda dan cantik .

11. Membuat kulit bersinar

Munculnya bintik hitam atau flek hitam tentunya akan sangat mengganggu untuk dilihat. Penyebab munculnya bintik atau flek hitam sangat beragam mulai dari paparan sinar matahari, penuaan, kekurangan vitamin C dan B12, bekas jerawat, hingga karena perawatan kulit yang tidak tepat.
Sebenarnya, kamu bisa dengan mudah menghilangkan bintik hitam atau flek hitam dengan masker bayam. Bayam memiliki kemampuan untuk membuat kulit tampak bercahaya dan mengurangi noda gelap di wajah.

12. Anti-penuaan

Makanan yang memiliki efek anti penuaan adalah yang mengandung antioksidan. Bayam mengandung antioksidan lutein yang membantu dalam menjaga kulit sehat dan mengurangi efek penuaan.

13. Menyembuhkan jerawat membandel

Bayam berfungsi untuk menghilangkan jerawat, flek hitam, dan menghaluskan kulit. Blender beberapa helai bayam. Oleskan ke muka yang sudah dibersihkan. Tunggu hingga 15 menit lalu bilas. Selain sebagai masker, mengonsumsi bayam juga sangat efektif dalam membersihkan racun dari saluran pencernaan dan aliran darah.

14. Menjaga kesehata mata

Bayam merupakan sumber vitamin A dan lutein (salah satu karotenoid) yang dapat menutrisi organ mata atau penglihatan yang anda miliki dan mencegah penurunan kemampuan penglihatan secara lebih dini sekaligus mencegah katarak.


15. Pembentukkan sel otak janin

Bayam mengandung asam folat dan vitamin A yang sangat bermanfaat untuk ibu yang sedang hamil. Asam folat berperan dalam pembentukan sel otak janin.

16. Baik bagi penderita diabetes

Asupan serat yang tinggi sangat dibutuhkan penderita diabetes agar asupan kalori tetap terjaga. Bayam adalah salah satu sayuran yang memiliki kadar serat tinggi.

Sekian informasi mengenai khasiat dan manfaat dari bayam, semoga bermanfaat ya.

0 komentar