Manfaat Main Sepak Bola Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Main Sepak Bola Bagi Kesehatan Tubuh

Melakukan kegiatan yang sama atau monoton yang kamu jalani sehari - harinya, tentu akan menimbulkan rasa jenuh. Jenuh yang terus menerus kamu rasakan pun berangsur - angsur akan berubah menjadi stres yang berkepanjangan, yang akhirnya mengganggu fisik dan mental kamu.

Ternyata, hal ini tidak akan terjadi apabila kamu gemar bermain sepak bola. Bermain sepak bola adalah aktivitas atau latihan fisik yang apabila dilakukan terus menerus akan memberikan dampak positif bagi kesehatan dan kebugaran tubuh kamu. Bermain sepak bola juga merupakan gabungan antara aktivitas fisik, interaksi sosial, ekspresi kreatif, dan emosional.

Selanjutnya, selain menarik untuk ditonton, olahraga sepak bola juga memberikan keseruan tersendiri bagi peminatnya. 

Berikut adalah manfaat kesehatan fisik yang dapat kamu peroleh dari bermain sepak bola, yang juga dapat meningkatkan kualitas hidup kamu :

1. Meningkatkan rasa percaya diri

Bermain sepak bola akan membuat kamu merasa senang. Anthony Robbins, sekorang pakar NLP dan motivasi, menyarankan semua orang yang ingin mengubah nasib hidupnya dengan memulai dari mengubah tubuhnya dulu menjadi lebih sehat dan bugar. Dengan memperhatikan kesehatan dan kebugaran fisik terlebih dahulu, kamu akan benar-benar merasa memegang kendali dan bertanggung jawab atas diri kamu sendiri. Kemampuan untuk berfokus juga akan meningkat dengan belajar bermain sepak bola. Bermain sepak bola juga akan melatih memori dan fokus, karena kamu harus memikirkan strategi untuk memegang kendali bola. 

Rutin bermain sepak bola akan membuat kamu sadar diri terhadap tubuhmu dan gerak tubuhmu. Beberapa riset juga menunjukkan bahwa bermain sepak bola dapat membangun rasa percaya diri untuk anak-anak dan meningkatkan kebugaran tubuh seseorang.

2. Melatih berdisiplin

Para pesepak bola profesional seringkali harus melewati perjalanan karir yang dipenuhi dengan latihan -latihan intensif setiap harinya selama bertahun-tahun untuk mencapai kesuksesan. Hal tersebut membuktikan, bahwa menjadi pesepak bola yang baik, butuh latihan berkali - kali. Dengan bermain sepak bola, kamu akan belajar untuk memiliki komitmen dan dedikasi yang kuat, serta disiplin berlatih terus menerus agar bisa bermain sepak bola dengan baik. 

3. Sosialisasi dan kerjasama tim

Bermain sepak bola dengan berkelompok, memerlukan komunikasi, pengertian, dan kekompakan tim. Sebagai pesepak bola, kamu akan belajar untuk tidak mengecewakan rekan-rekan satu tim dengan bermalas-malasan karena performa seluruh tim akan terpengaruh. Ini akan membuatmu belajar berkolaborasi, bukan hanya berkompetisi.


4. Sarana penyaluran emosi diri

Bermain sepak bola juga merupakan representasi perasaan, seperti kebebasan, harapan, gairah, keberanian, kekuatan, dan keanggunan. Selain itu, bermain sepak bola juga bisa menjadi sarana pelampiasan emosi negatif. Bermain sepak bola dapat menjadi “Mekanisme Pertahanan Ego”, yaitu strategi mempertahankan citra ego yang kita gunakan saat menghadapi kenyataan yang tidak mengenakkan. 

Dalam mempertahankan citra ego diri, ada banyak cara. Ada cara  positif, ada cara  negatif, dan ada cara  sublimasi.  Cara yang positif adalah seperti: altruism, anticipation, humor, dan sublimation. cara yang negatif adalah seperti: displacement, regression, repression, isolation, dll. Sedangkan yang terakhir ini, sublimasi, adalah saat kita mentransformasi emosi atau naluri negatif menjadi aksi, emosi, dan perilaku. Contohnya saat kamu merasa kesal, kamu akan melampiaskan kekesalan pada benda – benda di sekelilingmu, seperti melemparkannya, menendangnya, atau bahkan merusakkannya. Namun ada pula orang yang  memilih untuk shalat, atau berlatih pencak silat, atau bermain sepak bola. Hal – hal seperti inilah yang menjadi saluran mekanisme pertahanan ego diri.

5. Kebugaran fisik

Saat bermain sepak bola, otot – otot tubuh akan bekerja. Hal ini dapat melatih otot menjadi lebih kuat, seimbang, berstamina, koordinatif, dan fleksibel. Dengan bermain sepak bola, semua organ-organ tubuh akan berfungsi dengan baik, dan sel - sel tubuh akan berkembang dengan baik. Bermain sepak bola juga akan membentuk postur tubuh menjadi lebih baik. Cara berdiri, duduk, berjalan, dan semua aktivitas lain akan menjadi lebih baik. 

6. Meningkatkan energi

Aktivitas fisik saat bermain sepak bola akan memicu keluarnya hormon endorfin yang akan membuat kita merasa bergairah. Bermain sepak bola juga dapat membantu meningkatkan energi dan kualitas tidur. 

7. Mengurangi berat badan

Aktivitas bermain sepak bola lebih terasa sebagai hiburan ketimbang berolahraga. Berlari cepat seperti saat bermain sepak bola, bisa lebih banyak membakar kalori pada tubuh dibanding olahraga lainnya. Yang lebih menarik lagi, tubuh akan perlahan terbentuk indah serta menjadi lebih kencang.

8. Mengurangi nyeri sendi dan pegal - pegal

Bermain sepak bola juga dapat meningkatkan kelenturan tubuh. Gerakan-gerakan bermain sepak bola melibatkan bagian tubuh bagian atas maupun tubuh bagian bawah. Hal ini dapat meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot. Bermain sepak bola secara signifikan dapat membantu membangun otot dan memperkuat otot-otot kaki, paha, perut, dan dada. Selain itu, meningkatnya kelenturan tubuh akan mengurangi nyeri sendi dan rasa pegal - pegal. 

9. Melatih otak

memikirkan strategi dan gerakan-gerakan saat bermain sepak bola juga dapat meningkatkan kecerdasan otak. Bermain sepak bola juga merupakan bentuk aktivitas rekreasi yang dapat menurunkan risiko depresi dan demensia atau alzheimer. Bermain sepak bola juga mengintegrasikan beberapa fungsi otak sekaligus, sehingga meningkatkan konektivitas saraf pada otak, karena secara bersamaan melibatkan kinestetik, rasional, kepekaan, dan proses emosional. 

10. Mempengaruhi massa tulang

sepak bola merupakan salah satu olahraga yang efektif untuk meninggikan badan. Bermain bola secara teratur juga bisa meninggikan badanmu dan mencegah badan bungkuk karena osteoporosis. Gerakan lari dan melompat pada permainan ini melatih tulang kaki yang akhirnya merangsang pertumbuhan. Menurut Riset yang dipublikasikan oleh journal of Bone Mineral Research, pria dengan rutinitasnya main bola bakal memiliki tingkat kepadatan tulang 1.3 kali lebih tinggi. Kepadatan tulang yang tinggi meminimalisir terjadinya osteoporosis, yang membuat badan lebih membungkuk. Selain itu, peneliti dari Universitas Missouri mengatakan, berlari terbukti memperkuat tulang secara lebih efektif ketimbang melakukan aktivitas olahraga lainnya.

Demikian informasi tentang Manfaat Gemar Bermain sepak bola. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia.

0 komentar