Manfaat Buah Sukun Bagi Kesehatan

Sukun merupakan tanaman yang memiliki nama latin Artocarpus altilis. Buah sukun memiliki daging yang sangat empuk seperti roti. Buah sukun sering diolah sebagai camilan berupa kripik atau gorengan, namun bisa juga diolah menjadi campuran sayur lodeh yang memiliki cita rasa yang nikmat.

Manfaat Buah Sukun Bagi Kesehatan
Manfaat Buah Sukun Bagi Kesehatan


Buah sukun juga dapat diolah sebagai obat, karena memiliki manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan. Buah sukun dapat diolah sebagai obat untuk mengatasi berbgai macam penyakit. Penyakit kronis yang dapat diobati dengan buah sukun adalah seperti penyakit batu ginjal, jantung, diabetes, stroke, dan penyakit kronis lainnya.

Menurut penelitian, buah sukun memiliki kandungan kalium, saponin, tannin, polifenol, flavonoid, quercetin, artoindosionin dan asam hidrosionat. Untuk itulah, buah sukun sangat baik jika dimanfaatkan untuk mengobati penyakit yang diderita seseorang. Untuk mengobati berbagai penyakit, buah sukun dapat diolah dengan masak sebagai sayur atau dikonsumsi sebagai camilan.

Nah, berikut adalah beberapa Jenis Penyakit Yang Dapat Diobati Dengan Buah Sukun :

1. Diabetes

Diabetes adalah penyakit dimana naiknya tingkat gula darah seseorang yang disebabkan rendahnya kerja hormon insulin di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan pangkreas tidak dapat memproduksi insulin sesuai kebutuhan tubuh.

Kandungan flavanoid yang terdapat pada buah sukun merupakan antioksidan yang kuat, yang mampu mencegah dan mengobati diabetes. Kandungan flavanoid tersebut dapat meningkatkan sensitivitas insulin, mengurangi resistensi insulin, menurunkan kadar gula darah pada penderita, mempercepat pengolahan glukosa darah, dan mengurangi keinginan untuk makan berlebih.

2. Ginjal

Buah sukun memiliki manfaat untuk mengatasi penyakit ginjal, seperti batu ginjal. Buah sukun memiliki kandungan kalium yang membantu menghancurkan gumpalan batu pada ginjal yang akan dilarutkan bersama pembuangan urine. Hal ini tentu akan membantu ginjal untuk dapat berkerja secara normal kembali.

3. Jantung

Kandungan flavanoid yang terdapat pada buah sukun dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan memproduksi oksida nitrat. Hal ini juga menyeimbangkan hormon dalam tubuh. Ekstrak buah sukun juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan melancarkan peredaran darah, menangkal radikal bebas akibat polusi, dan mencegah timbulnya sel kanker serta tumor dalam tubuh.

4. Asam Urat

Asam urat disebabkan karena dalam makanan yang kita konsumsi terlalu banyak mengandung zat purin.  Zat purin dapat memicu penumpukan asam urat yang berlebih dalam tubuh yang tidak mampu dikeluarkan oleh ginjal, sehingga menyebabkan kristal asam urat menumpuk di bagian persendian yang ada di dalam tubuh manusia. Nah, kandungan kalium yang terdapat pada buah sukun dapat membantu menghancurkan gumpalan kristal asam urat yang menumpuk di bagian persendian yang akan dilarutkan bersama pembuangan urine di dalam ginjal.

5. Kolesterol

Kolesterol adalah lemak yang terdapat dalam darah. Jumlah kolesterol yang terlalu tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan, seperti penyakit kolesterol, obesitas atau kegemukan, penyakit jantung, stroke, dan lain sebagainya. Selain itu, kelebihan kolesterol dalam darah juga dapat membuat seseorang kesulitan bernapas.

Untuk mengatasi peningkatan kolesterol dalam darah, seseorang dapat mengkonsumsi teh buah sukun. Kandungan flavanoid dalam teh buah sukun tersebut dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL, juga meningkatkan kolesterol baik atau HDL.

6. Mencegah Kanker 

Untuk mencegah penyakit kanker, buah satu ini mengandung polyfenol yang bertindak sebagai antioksidan penangkal radikal bebas. Aktivitas antioksidan ini dikaitkan dengan kapasitasnya untuk menetralisir radikal bebas, menghambat enzim yang bertanggung jawab atas produksi jenis oksigen reaktif, menarik ion logam, dan meningkatkan komponen seluler penghambat antioksidan.

7. Mengatasi Nyeri Sendi

Buah sukun terbukti mengandung berbagai macam zat fitokimia, seperti tannin dan saponin yang efektif dalam mengatasi masalah nyeri sendi.

8. Menurunkan Tekanan Darah

Berkat kandungan kaliumnya, buah sukun bermanfaat membantu mengendalikan tekanan darah tinggi. Seratnya mampu mencegah penyerapan lemak di saluran cerna sehingga tidak terjadi penimbunan di pembuluh darah yang bisa berakibat naiknya tekanan darah.

9. Meningkatkan Kemampuan Otak

Otak merupakan mengendalikan semua fungsi tubuh. Otak menjadi pusat dari keseluruhan tubuh. Jika otak sehat, maka akan mendorong kesehatan tubuh serta menunjang kesehatan mental. Nah, untuk itu, kalium yang terkandung dalam buah sukun mampu membantu meningkatkan fungsi otak. Buah sukun juga mengandung vitamin B yang dapat membantu memperbaiki sistem syaraf.

10. Mencegah Alzeimer

Alzheimer adalah penyakit yang disebabkan oleh timbunan protein pada otak manusia.  Timbunan tersebut bisa menyebabkan kematian sel-sel otak. Sehingga menyebabkan gangguan ingatan, disorientesi, perubahan karakter, kesulitan berbicara, kesulitan membaca, dan lain sebagainya.
Mengonsumsi buah sukun dapat membantu meningkatkan memori dan fungsi otak.  Nutrisi yang terkandung dalam buah sukun dapat merangsang pertumbuhan sel-sel otak, memperbaiki fungsinya, meningkatkan daya ingat, dan konsentrasi berpikir kita.

11. Mencegah Anemia

Buah sukun juga sumber zat besi yang baik. Karena itu mengonsumsi buah sukun bisa membantu mengatasi anemia. Zat besi membantu dalam proses pembentukan hemoglobin (sel darah merah) dalam tubuh. Selain itu, Zat besi ini pun dipercaya bisa meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Zat penting ini juga berperan dalam meningkatkan sistem metabolisme, yang menjadi syarat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh.


12. Obat Diare

Buah sukun juga memiliki kandungan tanin yang dikenal sebagai anti diare. Ketika kamu tidak kamu mengalami mencret atau diare, sebaiknya kamu mengkosumsi buah sukun, karena suku  mempunyai serat yang tinggi sehingga dapat mampu mengobati diare. Dengan mengkonsumsi daging buah salak yang masih muda, maka dapat membantu mengobati penyakit dan masalah di sekitar perut.

13. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan zat antioksidan tinggi dalam buah sukun mampu menetralkan radikal bebas dan mencegah terjadinya stres oksidatif penyebab penuaan dini.


14. Meningkatkan Mood

Buah sukun memiliki kandungan kalium dan potasium yang bermanfaat untuk membantu sirkulasi tubuh. Pada akhirnya peredaran oksigen ke otak menjadi lebih lancar. Karena sirkulasi tubuh yang lancar, buah sukun bermanfaat membantu meningatkan suasana hati sehingga mood menjadi stabil.

Demikian informasi mengenai manfaat buah sukun, semoga menjadi bacaan yang bermanfaat untuk kita semua.

0 komentar