5 Oleh-oleh Khas Medan Yang Gak Bisa Move On

Oleh Oleh Khas Medan

Oleh Oleh Khas Medan menjadi pembahasan kita kali ini. Medan yang merupakan kota terbesar keempat di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya dan Bandung. Mengunjungi Medan tidak lengkap jika menikmati kuliner khas Medan. Berkeliling kota dan menjelajah berbagai tempat wisata andalan serta mencicipi kuliner khas Medan tentulah sangat mengasyikkan.

Apalagi jika kita berkunjung ke kota Medan, jika ingin pulang ke kampung halaman, sangat pas untuk membawa oleh-oleh khas Medan itu sendiri. Baik untuk keluarga, teman-teman, dan lain-lain. Anda dapat mengetahui oleh-oleh khas Medan yang tidak akan pernah dilupakan oleh masyarakat. Sudah pasti tidak asing lagi bukan, berikut merupakan beberapa khas oleh-oleh dari Medan :

1. Bolu Meranti

Bolu Meranti

Siapa yang tak kenal bolu meranti? Bolu meranti sudah sangat dikenal masyarakat luas. Dengan bolu gulung yang memiliki tekture lembut. Ini merupakan salah satu oleh-oleh khas Medan yang gak pernah lupa untuk di beli. Bolu Meranti memiliki beragam varian rasa mulai dari nanas, keju, stroberi, mocca, kacang sampai blueberry. Bolu Meranti bermula dari resep coba-coba Nyonya Ai Ling. Awal berjualan, ia tak memiliki toko sendiri dan menitipkan bolu buatannya di toko saudaranya yang terletak di Jalan Meranti. Tak disangka, kue bolu buatannya laris manis dan mulai banyak pesanan. Sampai akhirnya Nyonya Ai Ling membuka toko sendiri dengan nama Bolu Meranti. Anda bisa menemui toko ini di jalan Kruing No 2k Sekip, Medan Petisah.

2. Pancake Durian

Pancake Durian Medan

Nikmatnya pancake durian membuat lidah terasa gak mau udahan. Wah, siapa yang belum pernah ngerasain pancake durian khas Medan? Dijamin nyesel deh. Pancake durian terdiri dari kulit yang terbuat dari adonan tepung dan diisi dengan daging durian yang luar biasa lezat. Pancake durian tersedia dalam berbagai rasa mula dari original, mocca, coklat sampai pandan. Kesemua varian rasa ini sama-sama nikmat, sekali gigit saja, isi daging durian kan lumer dan lembut di mulut. Maidani Pancake yang berlokasi di Jl. Prof. HM. Yamin Sh No.121, Sei Kera Hilir II, Medan Perjuangan, Kota Medan merupakan salah satu tempat yang menyediakan pancake durian.

3. Bika Ambon


Bika Ambon Medan / Pegipegi.com

Bika Ambon menjadi oleh-oleh yang wajib Anda beli berikutnya. Bika Ambon memiliki tekstur berserat dengan rasa legit. Biasanya berwarna kuning. Belum dikatakan anak Medan kalau nggak tau khas bika ambon ini. Jajanan ini terbuat dari tepung tapioka, santan, gula, telur dan air nira. Oleh-oleh ini cocok dijadikan oleh-oleh karena bisa tahan sampai empat hari.  Bika Ambon khas Ibu Zulaikha yang terletak di Jalan Mojopahit No. 62 dan 96 DEF.

4. Teri Medan

Teri Medan / Vebma.com

Meskipun berukuran kecil, namun teri ini banyak penggemarnya. Teri Medan sangat cocok untuk lauk makan Anda. Rasanya jangan di ragukan lagi. Anda pasti ketagihan. Teri Medan juga dijual mentah dan dikemas dalam berbagai ukuran dengan harga 70.000 – 80.000 rupiah per kg. Jika ingin membelinya sebaga oleh-oleh, Anda bisa datang ke Jalan Majapahit dan sekitarnya yang terdapat banyak penjual teri Medan mentah. Jika Anda berminat bisa langsung kunjungi  Jl.Balaikota No.2, Kesawan, Medan Mabar.

5. Manisan Jambu


Siapa yang gak pernah makan jambu biji? Sudah pasti mengenal kan. Jambu biji yang masih mentah sangat enak dimakan, apalagi jika diberi manisan. Manisan jambu biji ini merupakan khas Medan loh. Kamu harus coba deh. Teksture dari jambu biji sangat renyah dan tidak keras membuat orang ketagihan. Manisan ini dibuat dengan jambu yang berukuran besar. Jika ingin membawa oleh-oleh jambu biji ini dapat langsung membeli satu buah. Karena dapat bertahan sampai 3 hari lamanya.

Manisan jambu biji ini biasa dijual dipinggiran jalan Kota Medan. Manisan jambu berkhasiat untuk menaikkan trombosit, sehingga baik untuk penderita DBD.

Demikian artikel mengenai oleh oleh khas Medan yang gak bisa move on, semoga bermanfaat yaaaaa.

0 komentar