Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan

Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan
Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan

Darah manusia adalah satu-satunya sumber darah bagi manusia lain yang membutuhkannya. Donor darah sangat diperlukan, karena darah tidak dapat dibuat secara sintesisi.

Donor darah ternyata bukan hanya bermanfaat pada penerima donor darah tersebut, tetapi pendonor juga mendapatkan banyak manfaat dari kegiatan donor darah tersebut. Oleh sebab itu, banyak orang yang rutin mendonorkan darahnya demi menolong orang dan mendapatkan manfaat yang diperoleh dari kegiatan donor darah tersebut.

Manfaat Mendonorkan Darah

Tidak hanya orang yang membutuhkan donor darah saja, tetapi bagi orang yang mendonorkan darahnya pun banyak manfaat yang diperoleh. Manfaat mendonorkan darah untuk kesehatan sangat banyak, terutama jika Kamu mendonorkan darah secara rutin dan berkala.

Dengan mengetahui manfaat dari kegiatan donor darah tersebut dengan jelas, maka kamu tidak perlu ragu lagi untuk mendonorkan darah kamu. Lalu apa sajakah Manfaat Donor Darah yang akan kamu peroleh? 

Manfaat Donor Darah bagi si pendonor 

Memastikan diri dalam kondisi kesehatan yang baik

Seseorang yang berniat mendonorkan darahnya akan diperiksa terlebih dahulu untuk memastikan bahwa kondisi tubuhnya prima. Sudah bisa dipastikan kamu mendapatkan pemeriksaan gratis dari dokter atau tenaga ahli.

Sebelum dilakukan pengambilan darah donor, sangat dibutuhkan pemeriksaan kesehatan yang mencakup checklist. Mendonorkan darah di rumah sakit, klinik atau pada program khusus yang ditangani oleh ahli medis, mengharuskan Si pendonor sedang dalam kondisi kesehatan yang baik,  hal ini untuk menghindari masalah kesehatan pasca transfusi serta bagi penerima darah yang menggunakannya. 

Memastikan diri tidak sedang menderita penyakit menular

Pemeriksaan kesehatan sebelum dilakukan pengambilan donor darah adalah untuk mengetahui kemungkinan adanya penyakit yang berhubungan dengan transfusi darah dan penyakit menular. Orang yang memiliki kondisi medis seperti A I D S, atau hepatitis tidak boleh mendonorkan darahnya. 

Mengurangi risiko hemochromatosis

Donor darah bisa membantu untuk menjaga kadar zat besi seimbang dan dapat mengurangi risiko berbagai penyakit. Mendonorkan darah memang bermanfaat baik bagi kesehatan, diantaranya dapat mengurangi risiko hemochromatosis. 

Hemochromatosis adalah gangguan genetik yang menyebabkan tubuh menyerap terlalu banyak zat besi dari makanan yang masuk ke dalam tubuh. Kelebihan zat besi itu tersimpan di dalam organ-organ tertentu, terutama hati, jantung dan pankreas. Padahal kelebihan zat besi ini dapat meracuni organ-organ tersebut dan mengakibatkan kondisi mematikan seperti kanker, arrhytmia jantung dan sirosis.

Kondisi seperti ini bisa karena penyakit keturunan,  atau mungkin juga bisa disebabkan karena kecanduan alkohol, anemia atau gangguan lainnya. Donor darah yang dilakukan secara teratur dapat membantu mengurangi kelebihan zat besi. 

Meningkatkan kesehatan jantung

Hasil penelitian American Journal of Epidemology membuktikan bahwa pendonor darah aktif cenderung beresiko rendah mengalami penyakit jantung. Pendonor darah memiliki resiko 88% lebih rendah terkena serangan atau penyakit jantung. Tak hanya itu, mereka pun mengurangi resiko hingga 33% menderita penyakit kardiovaskular lainnya.

Mengurangi risiko kerusakan hati dan pankreas

Transfusi darah yang berlangsung secara rutin, juga akan membantu mengurangi risiko penyakit. Menyumbangkan darah bisa membantu kamu untuk meningkatkan kesehatan jantung. Penyakit jantung dan organ hati sehat biasanya disebabkan oleh kelebihan zat besi dalam tubuh. Asupan makanan yang kaya zat besi dapat meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh, karena zat besi hanya digunakan terbatas, maka kelebihan zat besi akan diserap dan disimpan di dalam hati dan pankreas. Pada akhirnya hal seperti ini dapat meningkatkan risiko sirosis, gagal hati, kerusakan pankreas, dan kelainan jantung seperti irama jantung yang tidak teratur. 

Mengurangi risiko kanker

Dengan menyumbangkan darah, dapat membantu kamu untuk menurunkan risiko kanker. Dengan menyumbangkan darah, simpanan zat besi di dalam tubuh akan dipertahankan pada tingkat yang sehat. Jumlah kadar zat besi dalam tubuh yang seimbang dikaitkan dengan risiko kanker yang lebih rendah.

Mengganti sel darah lama dengan sel darah baru

Setelah mendonorkan darah, tubuh akan bekerja untuk mengisi kembali kehilangan darah. Hal ini akan merangsang produksi sel - sel darah baru. Dengan begitu, darah lama Kamu akan segera tergantikan oleh darah baru yang tentunya lebih baik dan sehat. 

Mengurangi risiko obesitas

Donor darah yang dilakukan secara teratur dapat mengurangi berat badan pendonor, sehingga mengurangi risiko obesitas. Obesitas adalah beresiko tinggi terhadap penyakit darah tinggi, penyakit jantung serta masih banyaik rsiko gangguan kesehatan yang lainnya. 

Membantu menolong nyawa pasien penderita penyakit kronis

Darah yang kamu donorkan biasanya diperlukan untuk membantu mengobati pasien yang menderita kanker, gangguan pendarahan, anemia kronis yang berhubungan dengan kanker, kelainan darah, kecelakaan dan lainnya. 
  

Membakar kalori secara teratur

University of California mengatakan bahwa seseorang yang rutin menyumbangkan darah akan kehilangan bobot tubuh sesuai yang diinginkan. Setiap kali melakukan donor darah (500 ml), Kamu akan membakar 650 kalori di dalam tubuh. Namun, ingat! Jangan pernah berpikir untuk menjadikan donor darah sebagai program penurunan berat badan.

Menyehatkan psikologis 

Setiap pendonor pastinya akan merasakan dampak yang menyehatkan bagi pikiran mereka. Banyak pendonor yang merasakan kemampuan mereka menekan tingkat stress semakin membaik. Hal tersebut pastinya berdampak pada kemampuan bersosialisasi dengan lingkungan dan masalah yang dihadapi. 

Bagus untuk kecantikan kulit

Stress sering kali menjadi salah satu pemicu terjadinya penuaan dini pada seorang wanita. Tak ada seorang wanita pun yang ingin terlihat tua dan keriput di wajah. Donor darah secara teratur akan membantu kulit Kamu beregenerasi secara sempurna. Keriput pun tidak mudah timbul karena kulit yang selalu mengencang. 

Demikian informasi tentang Manfaat Donor Darah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia.

0 komentar