Khasiat dan Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan

Daun sirih adalah jenis tumbuhan merambat yang hidupnya menempel pada batang pohon tanaman lain, meski ada juga yang merambat di tanah. Daun sirih merupakan tanaman asli Indonesia. Daun sirih yang sering ditemukan di Indonesia ada dua jenis, yaitu sirih merah dan sirih hijau. Semuanya bisa dimanfaatkan sebagai obat, namun tentu khasiatnya berbeda satu sama lain.

Khasiat dan Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan
Khasiat dan Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan

Dulunya, daun sirih sering dikunyah oleh kakek dan nenek kita, bersama dengan gambir, pinang, dan kapur. Daun sirih mempunyai manfaat yang sangat banyak baik bagi kesehatan dan kecantikan, sehingga daun sirih dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam perawatan maupun penyembuhan berbagai penyakit.

Sirih hijau memiliki nama latin Piper betle, Linn. yang termasuk dalam keluarga Piperaceae. Sirih merah memiliki nama latin Piper crocatum. Selain menyembuhkan berbagai gangguan penyakit, manfaat daun sirih juga digunakan dalam acara-acara keraton dan digunakan para putri untuk menghaluskan kulit. 

Sirih Merah mengandung flavonoid, polifenol, alkoloid, tanin, minyak atsirih, sapononin, allylprokatekol, karvokol, eugenol, p-cymene, cineole, coryofelen, kadimen, ekstragol, terpenana, dan propoda.

Daun sirih memiliki zat atau senyawa yang memiliki kemampuan untuk membasmi kuman dan bersifat antifungi dan antioksidan. Selain itu daun sirih juga sering dipakai untuk mengobati penyakit, salah satu contohnya yaitu dengan merebus daun sirih untuk menghilangkan bau badan, batuk, jerawat, keputihan dan sebagainya. 

Manfaat Daun Sirih

Mengobati Mimisan

Daun sirih dapat untuk mencegah aliran darah berlebih pada penderita mimisan. Orang-orang yang mengalami mimisan biasanya akan segera menggunakan daun sirih untuk menyumbat hidungnya supaya tidak banyak mengeluarkan darah. Jika kamu sering mengalami mimisan atau terjadi pendarahan pada hidung, kamu dapat menghentikannya dengan menggunakan daun sirih. Caranya dengan mengambil 1 lembar daun sirih yang agak muda, kemudian lumatkan, gulung sambil ditekan hingga keluar minyaknya. Setelah itu gunakan untuk menyumbat hidung, hingga tidak keluar darah lagi. 

Mengobati kanker

Daun sirih mengandung senyawa flavoid dan polifenol yang berguna sebagai antioksidan, antiflamasi, dan antidiabetic. Sementara itu, senyawa alkaloid sangat baik untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Caranya, siapkan beberapa lembar daun sirih, kemudian rebus hingga airnya berkurang hingga 1/4 bagian, lalu ambil air hasil rebusan daun sirih tersebut, campurkan dengan madu. Minumlah 3 kali sehari pada saat masih dalam keadaan hangat.

Mengobati diabetes mellitus

Pada sebuah penelitian, rebusan daun sirih merah yang diberikan pada tikus putih yang terkena diabetes juga ternyata mampu menurunkan kadar gulanya. Hal ini merupakan salah satu bukti bahwa sirih merah dapat digunakan sebagai pengontrol gula darah dalam tubuh penderita diabetes mellitus.

Mengobati batuk

Sediakan 4 lembar daun sirih, 3 lembar daun bidara upas dan madu secukupnya. Daun sirih diiris-iris, kemudian direbus bersama daun bidara upas dalam 2 gelas air hingga mendidih. Setelah dingin, tambah madu secukupnya, kemudian ramuan tersebut dibuat untuk berkumur. Usahakan untuk menjangkau daerah kerongkongan.

Mengurangi produksi ASI

Produksi ASI yang berlebihan tentu tidak bagus untuk ibu dan bayi. Untuk itu, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan daun sirih. Caranya mudah, ambil 4 lembar daun sirih dan olesi dengan minyak kelapa. Setelah itu panggang diatas api, jangan sampai hangus terbakar. Dalam keadaan masih hangat, daun sirih tersebut ditempelkan di sekitar payudara.

Penyakit jantung

Sediakan 3 lembar daun sirih, 7 pasang biji kemukus, 3 siung bawang merah, dan 1 sendok makan jintan putih. Semua bahan tersebut ditumbuk sampai halus, ditambah 5 sendok air panas, dibiarkan beberapa menit, kemudian diperas dan disaring. Ramuan tersebut diminum 2 kali 1 hari dan dilakukan secara teratur.

Penyakit Sfilis

Siapkan 25 - 30 lembar daun sirih bersama tangkainya, 1/4 kg gula aren dan garam dapur secukupnya. Semua bahan tersebut direbus bersama dengan 2 liter air sampai mendidih, kemudian disaring. Ramuan tersebut diminum 3 kali 1 hari secara terus menerus.

Melancarkan Buang Air Kecil

Daun sirih bersifat diuretik yang bermanfaat untuk melancarkan buang air kecil. Jika kamu mengalami penyakit susah buang air kecil, kamu dapat mencoba menggunakan daun sirih untuk melancarkannya dengan membuat jus daun sirih. Caranya adalah dengan mencampurkan jus daun sirih dengan madu dan susu, kemudian diminum selama 1 minggu sekali.

Mengobati Luka Bakar

untuk mengobati luka bakar, caranya adalah dengan memeras daun sirih secukupnya, kemudian tambahkan sedikit madu, lalu bubuhkan pada bagian kulit yang luka akibat terbakar. Lakukan cara tersebut hingga luka sembuh.

Mengobati Bronkitis

Cara pengobatannya, siapkan daun sirih 7 atau 8 lembar yang telah dicuci hingga bersih dan rebus bersama dengan sepotong gula batu di dalam 2 gelas air bersih. Tunggu sampai hingga tersisa satu gelas saja. Kemudian minum 3 kali sehari masing-masing sepertiga gelas.

Mengatasi Diare

Kandungan senyawa eugenol dalam daunsirih berfungsi analgesic atau pereda nyeri. Kandungan senyawa tannin berfungsi sebagai penyembuh diare dan antiseptik pada luka. Untuk pengobatan diare, sediakan 4 - 6 lembar daun sirih, 6 biji lada, dan 1 sendok makan minyak kelapa. Semua bahan tersebut ditumbuk bersama-sama sampai halus. Gosokkan ramuan tersebut di bagian perut dan biarkan sampai mengering.

Mengobati Koreng atau gatal-gatal

Untuk mengobati koreng serta gatal-gatal yang disebabkan oleh kuman dan jamur, kamu dapat mengobatinya dengan merebus daun sirih, kemudian air rebusan tersebut digunakan untuk mandi atau bisa juga dengan membasuh kulit yang tekena gatal saja. Caranya dengan mengambil 15 hingga 20 lembar daun sirih, kemudian cuci bersih dan rebus. Sebisa mungkin gunakan air rebusan daun sirih dalam keadaan masih hangat.

Mengobati Jerawat

Jika kamu mempunyai permasalahan dengan jerawat dan segera ingin menghilangkannya, kamu dapat menggunakan daun sirih dengan cara mengambil 8 hingga 10 lembar daun sirih, kemudian cuci bersih, remas atau ditumbuk kasar, kemudian seduh dengan air panas dan gunakan air tersebut untuk membasuh luka. Lakukanlah cara ini 2 atau 3 kali sehari, sampai jerawatmu hilang.

Menghilangkan Bau Badan

Untuk mengatasi permasalahan dengan bau badan gunakan daun sirih untuk menghilangkannya, dengan cara mengambil 5 lembar daun sirih dan rebus dengan dua gelas air. Tunggu hingga tersisa hingga 1 gelas saja. Kemudian minumlah pada siang hari. Lakukan cara ini hingga bau badan hilang.

Mengobati Bisul

Caranya sangat mudah, hanya dengan menumbuk daun sirih tua secukupnya, lalu bubuhkan ke area yang terkena bisul. Agar daun sirih tidak lepas, sebaiknya balut menggunkan kain.

Mengobati keputihan

Kandungan senyawa karvakol dalam sirih merah memiliki manfaat sebagai desinfektan dan antijamur, Sangat baik jika digunakan sebagai obat kumur dan obat keputihan. Rebus 7-10 lembar daun sirih dalam 2,5 liter air hingga mendidih. Gunakan air rebusan daun sirih tersebut selagi masih hangat untuk membasuh daerah kemaluan. Lakukan secara berulang-ulang.

Mengobati gatal alergi dan biduran

Sediakan 6 lembar daun sirih, 1 potong jahe kuning dan 1,5 sendok makan minyak kayu putih. Semua bahan tersebut ditumbuk bersama-sama sampai halus. Kemudian ramuan tersebut dioleskan atau digosokkan pada bagian badan yang gatal-gatal karena alergi atau biduran.

Mengobati gusi berdarah

Jika anda mengalami pendarahan pada gusi, jangan khawatir, obati saja dengan daun sirih. Caranya, ambil 4 lembar daun sirih kemudian direbus dengan dua gelas air hingga mendidih. Setelah dingin, air rebusan tersebut digunakan untuk berkumur. Lakukan berulang-ulang hingga sembuh.

Sekian khasiat dan manfaat daun sirih yang diulas oleh jadimanfaat.com. Kamu dapat menggunakan daun sirih sebagai bahan alami untuk mengobati berbagai penyakit, mulai dari penyakit ringan hingga penyakit berat. Semoga bermanfaat.

0 komentar