Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Bawang Merah - Bawang merah yang memiliki nama latin Allium cepa L. Bawang merah adalah sejenis tanaman yang digunakan sebagai bumbu dalam berbagai jenis masakan. Bawang merah biasanya diolah dengan menghaluskanya kemudian mencampurnya ke dalam masakan atau bisa juga dipotong kemudian digoreng.

Bawang merah memiliki kandungan senyawa seperti Minyak atsiri, sikloaliin, metilaliin, dihidroaliin, flavonglikosida, kuersetin, saponin, peptide, fitohormon, vitamin, zat pati. Minyak atsiri pada bawang merah berfungsi untuk melancarkan perderan darah. Saponin adalah salah satu zat yang berfungsi untuk mengencerkan dahak ketika batuk. Sedangkan peptida berfungsi menurunkan kadar gula dalam darah. 

Khasiat bawang merah digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk mengobati berbagai macam penyakit. Selain itu, bawang merah juga biasanya digunakan untuk mengolesi tubuh bayi ketika masuk angin ataupun demam. Selain itu, bawang merah ternyata bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kronis, seperti diabetes militus, wasir, membunuh bakteri, anti radang, mencegah TBC, dan menyembuhkan radang paru-paru. 

Kandungan lain yang terdapat pada bawang merah adalah vitamin C, asam folat, serat, kalsium, dan juga zat besi. Selain itu, bawang merah juga mengandung zat yang dapat mengatur secara alami hormon auksin dan giberilin. Bawang merah juga memiliki kandungan senyawa antiseptik alliin yang bersifat anti-mikroba dan bakterisida, yang juga ada pada bawang putih. 

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan Tubuh

Selain sebagai bumbu penyedap masakan, manfaat bawang merah juga bisa menyehatkan tubuh kita, bahkan bawang merah juga bisa mengobati penyakit-penyakit seperti: meredakan batuk, mengatasi asma, mengatasi rambut yang rontok serta ketombe, menurunkan tekanan darah tinggi sera kadar lemak pada tubuh, menghilangkan sakit kepala, mengatasi cacingan dan wasir, mengobati demam dan perut kembung pada anak-anak, mengatasi haid wanita yang tidak teratur, dan lain sebagainya. Di bawah ini dijelaskan cara penggunaan bawang merah dalam penyakit tertentu.

Pencegahan kanker

Bawang merah merupakan sumber vitamin C sebagai antioksidan yang dan membantu untuk memerangi pembentukan radikal bebas yang diketahui sebagai penyebab berbagai macam kanker. Bawang merah juga memiliki banyak kandungan senyawa belerang atau sulfur. Sulfur dapat melindungi tubuh dari kanker lambung, payudara, paru-paru, usus, dan prostat. Makan bawang mentah juga membantu menyembuhkan gangguan saluran kemih.

Mengatur tidur dan suasana hati

Kandungan asam folat dalam bawang merah dapat mencegah kelebihan homosistein dari pembentukan dalam tubuh, yang dapat mencegah darah dan nutrisi lain untuk mencapai otak. Homosistein mempengaruhi produksi hormon serotonin, dopamine, dan norepinephrine, yang mengatur suasana hati, tidur, dan nafsu makan .

Mengatasi perut kembung dan meredakan batuk pada anak-anak

Anak-anak memang sangat mudah masuk angin, yang menyebabkan perut kembung. Untuk mengatasinya, ambil bawang merah yang bersih kemudian haluskan. Berikan sedikit minyak telon, kemudian balurkan pada bagian pusar dan perut anak. Untuk meredakan batuk pada anak, parut bawang merah dan tambahkan minyak telon, balurkan sekujur punggung dan sedikit diurut.

Baik untuk jantung

Manfaat bawang merah juga mengontrol tekanan darah tinggi dan membuka arteri yang tersumbat, sehingga mampu meningkatkan kesehatan jantung.

Menyembuhkan sembelit

Serat yang dikandung bawang merah dapat membantu membuang racun dan partikel makanan keras yang terjebak dalam usus. Jika kamu menderita sembelit, makan atau kunyahlah bawang merah mentah. 

Mengatasi masalah pendarahan 

Bawang merah merupakan salah satu obat mujarab untuk mengobati pendarahan di hidung. Caranya, iris bawang merah dan hirup baunya secara perlahan. 

Mengontrol diabetes

Makan bawang merah mentah dapat meningkatkan produksi insulin. Untuk mengobati diabetes, siapkan 3 bawang merah, 10 buncis, 10 daun salam. Cuci bersih semua bahan, iris, lalu rebus dengan 1/2 gelas air. Saring dan minum airnya sekali sehari. Periksakan gula darah 2 minggu kemudian.

Mengontrol kadar kolesterol

Kandungan sulfida methylallyl dan asam-amino sulfur pada bawang merah, memberikan efek penurunan kadar kolesterol jahat dalam darah dan peningkatan pada kadar kolesterol baik.

Menghilangkan bekas noda hitam di wajah

Jerawat yang sering timbul di wajah biasanya meninggalkan bekas noda hitam yang sulit dihilangkan. Untuk itu, gunakan bawang merah untuk mengatasinya. Asam dalam bawang memiliki sifat pemutih kulit alami, yang dapat membantu melawan bintik-bintik gelap bekas jerawat yang hitam dan membandel. Blender bawang merah, dan gunakan kapas untuk mengoleskannya ke flek hitam. Biarkan 10 menit sebelum dibilas. 

Mengatasi ketombe

Untuk mengatasi ketombe, siapkan bawang merah, lemon, dan beberapa tetes madu. Haluskan semua campuran tersebut, dan oleskan pada rambut. Diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas rambut dengan menggunakan shampo anti ketombe agar lebih efektif lagi. Selain membasmi ketombe, kandungan sulfur dalam bawang merah bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok. Ini dikarenakan sulfur yang terkandung memiliki peran sebagai peningkat sirkulasi darah dan juga penguat rambut.

Baik untuk kesehatan mulut

Dengan mengunyah bawang merah mentah, secara tidak langsung akan membunuh kuman sumber penyakit yang bersarang di dalam mulut. Mengunyah bawang merah minimal 2 menit sekali akan membantu memelihara kesehatan mulut dan gigi kamu. 

Mengobati disentri

Untuk mengobati disendti, siapkan 3 bawang merah dikupas, 1/2 cangkir daun patikan cina, 5 cm pulasari. Cuci bersih semua bahan dan iris, taruh di mangkuk. Lalu kukus kira-kira 1 jam. Saring dengan kain minum 2 kali sehari. Ulangi hingga sembuh.

Menyeimbangkan urin

Caranya, minumlah air rebusan bawang merah sebanyak 7 gram. Ramuan ini juga bisa membantu meredakan nyeri atau rasa panas yang muncul saat buang air kecil.

Mengobati gangguan usus dan lambung 

Bawang merah bisa membantu menangkal gangguan usus dan lambung. Mengonsumsi bawang merah dalam jumlah yang tinggi telah dikaitkan dengan rendahnya risiko terhadap kanker usus dan kanker kolorektal.

Baca juga : Cara menanam bawang merah

Demikian manfaat bawang merah untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat bagi pembaca setia JadiManfaat.com dimanapun berada.

0 komentar