Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan Tubuh

Durian mengandung nutrisi penting dalam jumlah yang tinggi melebihi buah lain. Durian mengandung vit B, vit C, zat besi, kalium, magnesium, fosfor, seng, thiamin, riblofavin, omega 3 dan 6, phytonurient, polyphenol, phytosterol, antioksidan, organosulfur, tryptophan, karbohidrat, lemak tak jenuh, dan protein. 

Durian memiliki manfaat sebagai penghangat badan, meningkatkan kebugaran mental, dan penambah vitalitas pria (aphrodisiac). Phytonutrient dalam durian merupakan zat alami yang  mampu menonaktifkan zat penyebab kanker, meningkatkan sistim kekebalan tubuh, mencegah katarak, dan menurunkan resiko terhadap penyakit-penyakit kronis seperti kanker,  diabetes, jantung dan hipertensi.

Dengan kandungan gizi yang kaya, mengkonsumsi durian dapat menjaga dan mencegah sejumlah penyakit dan menjaga kodisi kesehatan.

Mencegah Depresi. Kandungan vitamin B6 yang terdapat dalam buah durian juga dapat membantu memproduksi hormon serotonin. Serotonin dapat membuat badan lebih rilek, meningkatkan mood, dan membuat perasaan lebih gembira. 

Mencegah Penuaan Dini. Vitamin C yang terkandung dalam durian akan diubah menjadi kolagen dalam tubuh. Kolagen adalah faktor penting dalam menjaga keremajaan kulit, dan menjaga kesehatan pembuluh darah, tulang tendon, dan ligamen. Selain itu, vitamin dalam durian berperan sebagai antioksidan yang menjaga kerusakan sel kulit.

Mencegah Anemia. Kadar zat besi yang tinggi dalam durian dapat merangsang produksi haemoglobin dalam darah, sehingga membantu penderita anemia.

Meningkatkan Kemampuan Otak. Kalium yang terkandung dalam durian dapat membantu meningkatkan konsentrasi. Durian juga mengandung vitamin B yang tinggi yang dapat membantu memperbaiki sistem syaraf.

Membantu berhenti merokok. Durian mengandung vit B6, B12, kalium dan magnesium yang membantu tubuh bertahan dari efek ketagihan nikotin, yang dapat membantu seseorang untuk berhenti merokok.

Melancarkan BAB.  Karena mengandung serat tinggi, durian bisa menjadi buah yang bagus untuk pencernaan. Buah ini bisa mengatasi sembelit yang dirasakan seseorang. Kandungan serat yang tinggi dalam daging buah durian menjadi alasan buah ini penting dimakan oleh yang menderita masalah pencernaan.

Menghindari mual. Durian akan menenangkan perut, madu akan menaikan kadar gula darah. Makan durian diantara makanan pokok membantu menjaga kadar gula darah dan menghndari morning sickness.

Meredakan nyeri lambung. Durian memiliki efek antacid alamiah pada tubuh. Durian juga dapat menenangkan nyeri di lambungmu. Durian juga menetralisir kelebihan asam dan mengurangi iritasi dengan melapisi dinding perut.

Obat luka. Kandungan zat gizi, vitamin, dan mineral dalam durian dapat membantu untuk penyembuhan luka. Ambil sebagian durian dan tempelkan pada luka kemudian plester atau balut.

Menekan tekanan darah. Durian mengandung kalium sangat tinggi dan kadar garam yang rendah, yang mampu mengurangi resiko dari tekanan darah tinggi dan stroke.

Obat Tidur Alami. Kandungan amino triptofan dalam durian dapat meringankan kecemasan, insomnia, dan menciptakan perasaan bahagia dengan cara meningkatkan kadar serotonin pada otak. Serotonin merupakan zat penting untuk mengatur siklus tidur yang bekerja sama dengan zat melatonin.

Meskipun durian memiliki manfaat yang sangat banyak bagi tubuh, buah durian juga dapat mengganggu kesehatan jika dikonsumsi berlebihan, dan dapat mematikan jika dibarengi dengan minuman beralkohol. Durian hanya boleh dikonsumsi 100 - 200 gr saja sekali makan. Jika berlebihan, justru akan merusak kesehatanmu. 

Demikian artikel tentang Manfaat Buah Durian yang luar biasa Untuk Kesehatan Tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca.

0 komentar