Manfaat Minum Air Kelapa Setiap Hari

Manfaat Minum Air Kelapa Setiap Hari
Manfaat Minum Air Kelapa Setiap Hari

Air kelapa adalah minuman yang tidak hanya menyegarkan, namun juga menjadi minuman yang membantu kamu dalam menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dan tetap segar. Ada banyak manfaat yang terkait dengan minuman yang menyegarkan dan alami ini. Hal ini dibuktikan dengan dikonsumsi di seluruh dunia dan dapat digunakan secara langsung atau dicampur dengan minuman lain. Air kelapa memiliki  nutrisi dan keseimbangan elektrolit yang sama seperti darah. Itu lah sebabnya mengapa orang yang bekerja keras atau orang - orang yang mengeluarkan banyak keringat saat bekerja, harus minum banyak air kelapa untuk menjaga keseimbangan ion dalam tubuhnya. Manfaat Air kelapa memang dikenal luas untuk menggantikan mineral dan cairan yang hilang selama kegiatan fisik yang dilakukan seseorang.

Pada kenyataannya, air kelapa muda memang mengandung berbagai zat yang berbeda dari air yang terdapat pada buah lainnya. Air kelapa muda  terbukti sangat bermanfaat. Air kelapa mengandung Cytokinin yang dipercaya sebagai bahan anti penuaan dan anti kanker, sumber eletrolit alami yang steril, dan mengandung kadar kalium, khlor, serta klorin yang tinggi. Selain itu, air kelapa juga mengandung protein, sedikit lemak, mineral, karbohidrat, dan berbagai vitamin (C dan B kompleks).

Keseimbangan elektrolit dan plasma di air kelapa dalam beberapa penelitian digambarkan hampir sama dengan darah. Dengan demikian, mengonsumsi air kelapa setelah olahraga akan sangat membantu untuk mengisi cairan tubuh yang hilang. Air kelapa juga sering kali digunakan untuk mengatasi dehidrasi yang disebabkan oleh disentri, kolera, diare dan flu perut.

Manfaat Air Kelapa

1. Kaya akan mineral alami

Air kelapa terdiri dari enzim bioaktif seperti asam folat, fosfatase, katalase, dehidrogenase, diastase, peroksidase, RNA polimerase dan sebagainya. Enzim ini membantu untuk mempermudah pencernaan dan metabolisme tubuh. Air juga memiliki lebih mineral seperti kalsium, mangan dan seng seperti buah-buahan termasuk jeruk. Air kelapa juga merupakan sumber dari vitamin B seperti riboflavin, thiamine, pyridoxine, dan folat.

2. Air kelapa adalah Kandungan Elektrolit Alami

Air kelapa muda kaya akan kandungan kalsium, kalium, elektrolit, klorida, magnesium, riboflavin, dan juga sodium. Sebagai isotonik alami yang kaya mineral dan memiliki elektrolit cair yang sama dengan kandungan cairan di dalam tubuh, tentu saja, air kelapa sangat berguna untuk menghindari dehidrasi dan sangat cepat untuk memulihkan stamina.

3. Air kelapa Memiliki Diuretik alami

Air kelapa berkhasiat sebagai diuretik, yaitu untuk memperlancar pengeluaran air seni. Sebagai diuretik alami yang steril, air kelapa muda terbukti memperlancar proses pembuangan urin dan membantu membersihkan saluran kemih. Hal ini tentu saja diyakini mengeluarkan zat racun  atau racun yang dihasilkan tubuh dan mencegah infeksi  pada saluran kemih.

4. Air kelapa Sebagai Anti Penyakit

Air kelapa muda mengandung senyawa asam laurat, sejenis asam yang dapat membantu melawan berbagai penyakit. Asam laurat yang cukup melimpah dalam air kelapa memiliki kesamaan karakteristik sebagai antijamur, antibakteri dan antivirus, sehingga akan selalu menjaga kesehatan dari virus berbahaya seperti herpes dan HIV, protozoa giardia lamblia bahkan dapat menghindari bakteri dan klamidia heliokobater pada ibu hamil dan janin.

5. Air kelapa dapat Membantu Pencernaan Selama Kehamilan

Air kelapa juga terbukti meningkatkan fungsi pencernaan orang dewasa maupun anak-anak. Selama kehamilan, plasenta akan menghasilkan jenis hormon yang disebut progesteron, yang dapat memperlambat lambung sehingga pencernaan kontraksi otot melambat. Dan air kelapa terbukti membantu meningkatkan kecepatan proses pencernaan.

6. Air kelapa Dapat Meningkatkan HDL

Air kelapa muda tidak mengandung sedikit lemak dan kolesterol, bahkan menurut penelitian dan penelitian para ilmuwan, air kelapa dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.

7. Air kelapa dapat menjadikan suara menjadi lembut dan merdu

Air kelapa muda yang diembunkan semalam dan diminum pagi harinya secara rutin setiap hari, dapat membuat suara menjadi lembut dan merdu.

8. Air kelapa dapat meningkatkan metabolisme tubuh

Minum air kelapa dapat membantu proses metabolisme tubuh dan membantu mencegah terjadi refluks asam. Air kelapa juga memiliki sifat anti-virus dan anti-bakteri yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi virus seperti flu, dan memiliki kandungan antioksidan yang cukup baik untuk membantu menghilangkan radikal bebas.

9. Air kelapa berkhasiat sebagai obat luka, gatal-gatal, telapak kaki pecah, dan eksim

Cara pembuatannya, siapkan segenggam beras yang direndam dalam air kelapa muda bersama tempurungnya sampai beras terasa asam karena peragian, kemudian beras digiling dan dioleskan setiap hari selama 3 — 4 hari pada bagian tubuh yang sakit. Air kelapa muda dicampur dengan bubuk kunyit dan air kapur sirih adalah obat luka bakar dan menghilangkan rasa panas pada telapak kaki dan telapak tangan.

10.  Air kelapa dapat menyembuhkan jerawat

Air kelapa dapat menyembuhkan jerawat, noda - noda hitam, kulit kering, dan menjadikan wajah tampak berseri. Penggunaan dilakukan dengan membasuhkannya pada muka secara teratur setiap hari.

11.  Mencegah penuaan dini 

Air kelapa mengandung asam laurat dan sitokin, yang digunakan dalam proses pertumbuhan dan regulasi sel. Kandungan ini memiliki peran signifikan terhadap anti-penuaan dini, anti-karsinogenik dan anti-trombotik yang membantu untuk meminimalkan penuaan kulit, menyeimbangkan tingkat PH dan menjaga jaringan kulit.

12. Air Kelapa Hijau dapat menetralisir racun dalam tubuh

Air kelapa muda dapat membantu mengatasi pengaruh racun obat sulfa dan anti-biotika lain, sehingga menjadikan obat-obat tersebut lebih cepat diserap darah. Kandungan Tanin dan antidotum (anti racun) yang terdapat pada air kelapa hijau sangatlah tinggi. Air kelapa hijau juga mengandung enzim yang dapat mengurai sifat racun dalam tubuh. Air kelapa dapat mengeluarkan racun jika masih terdapat dalam lambung dengan cara memuntahkan atau membilasnya. Bila racun tersebut sudah telanjur menyelusup ke dalam darah, pemberian air kelapa hanya akan membantu mengencerkannya, sehingga bisa dikeluarkan melalui ginjal.

13.  Air kelapa dapat mencegah tumbuhnya uban

Air kelapa hijau yang dicampur dengan 1 sendok teh garam dan digunakan untuk cuci rambut, berkhasiat mencegah tumbuhnya uban.

14.  Mencegah pembentukan batu ginjal 

Air kelapa juga membantu dalam melarutkan batu ginjal karena memiliki kandungan kalium yang memainkan peran kunci dalam proses alkali urin dan mencegah pembentukan batu ginjal.

15. Menurunkan demam dan menaikkan trombosit penderita DBD

Air kelapa muda hijau yang dicampur dengan air jeruk nipis dan diminum secara teratur, berkhasiat sebagai obat penyakit demam berdarah. Air kelapa mempunyai kandungan seperti cairan isotonis tubuh. Selanjutnya, trombosit akan naik sejalan dengan proses penyembuhan pada pasien penderita DBD.

16. Menjaga kesehatan jantung

Penelitian telah menunjukan bahwa orang dengan tekanan darah tinggi biasanya memiliki kadar kalium yang rendah. Manfaat minum air kelapa secara teratur sangat efektif dalam mengatur tekanan darah karena ia memiliki kandungan kalium dan asam laurat.  Air kelapa juga dipercaya meningkatkan HDL (kolesterol baik) yang sangat baik untuk mencegah penyakit jantung.

17.  Baik untuk ibu hamil dan janin

Air kelapa yang diminum oleh seorang ibu yang sedang hamil, bisa membantu menjadikan kulit bayi menjadi lebih bersih dan kenyal. Ini disebabkan karena air kelapa mengandung beragam vitamin. Diantaranya vitamin C yang dominan, asam nikotinat, asam folat, asam pantotenat, biotin, serta riboflavin. Vitamin C sendiri berfungsi sebagai antioksidan, pemeliharaan kulit, dan membantu pembentukan jaringan kolagen. Kolagen sendiri sangat dibutuhkan untuk integritas struktur sel di semua jaringan ikat, juga untuk kelenturan serta kekenyalan kulit. 

Demikian artikel tentang Manfaat Air Kelapa. Semoga artikel bermanfaat bagi pembaca!

0 komentar