Manfaat Kentang Untuk Kesehatan


Kentang termasuk keluarga umbi-umbian yang berasal dari Amerika, dan sudah dibudidayakan pada negara-negara lain termasuk Indonesia. Di Amerika, kentang sudah dijadikan makanan pokok bagi penduduk. Ini mungkin disebabkan karena kentang merupakan salah satu penghasil karbohidrat sebagai sumber energi. 

Pada kentang terkandung zat-zat seperti karbohidrat, fosfor, zat besi, protein, lemak nabati, kalsium, serta mineral - mineral penting lainnya.  Kentang yang direbus lebih kaya akan protein, mineral, terutama kalium, fosfor, dan vitamin B kompleks serta vitamin C alami. Kentang rebus juga lebih rendah kalori dan lemak, namun tinggi kadar serat yang akan membantu seseorang merasa lebih kenyang. 

Kentang rebus memiliki kandungan vitamin C dan vitamin B 5(asam pantotenat), serta jenis vitamin B lainnya yaitu tiamin dan niacin. Vitamin C bermanfaat sebagai antioksidan yang berguna untuk melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu kentang rebus juga membantu tubuh untuk menghasilkan norepinefrin, yaitu suatu neurotransmitter yang berperan dalam komunikasi saraf, dan menjaga kadar hormon. Vitamin B 5 diperlukan oleh tubuh agar memungkinkan untuk memecah nutrisi menjadi energi dan mendukung fungsi hati. Satu cangkir kentang rebus menyediakan 0,8 miligram vitamin B 5, atau sekitar 16 persen kebutuhan tubuh setiap hari . Sedangkan untuk vitamin C, kentang rebus menawarkan sekitar 27 persen untuk wanita, dan 23 persen untuk pria dari jumlah total kebutuhan setiap hari.

Kentang berukuran besar seberat 300 gram yang direbus bersama dengan kulitnya, mengandung 261 kalori, 5,6 gram protein, dan 0,3 gram lemak. Namun jika kamu mengupas kulitnya sebelum direbus, maka kamu akan kehilangan sekitar setengah gram protein. Namun kandungan kalori dan lemak tetap sama. Dikupas maupun tidak, kentang masih menyediakan 5,4 gram serat, dan 2,6 gram gula alami. 

Kentang kaya akan mineral penting, yang bermanfaat untuk membantu tubuh dalam membangun tulang yang kuat dan menjaga fungsi saraf dan otot. Kentang berukuran besar yang direbus bersama kulitnya akan memberikan 1,1 gram kalium, atau seperempat dari kebutuhan seseorang setiap hari.

Kalium bermanfaat membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh, dan juga penting untuk fungsi otot, jantung, dan fungsi saraf. Mangan dalam kentang berguna untuk mendukung metabolisme, dan juga membantu tubuh memproduksi kolagen, yaitu protein penting untuk penyembuhan luka. Tembaga dari kentang akan membantu tubuh kita dalam memproduksi oksidase lysyl, yaitu suatu enzim yang diperlukan untuk jaringan ikat yang sehat dan mendukung beberapa aspek fungsi otak. Kentang juga sekaligus akan memberikan tubuh kita magnesium dan fosfor sebanyak seperlima dari yang kita butuhkan setiap hari. Jika kentang dikupas sebelum direbus, maka kamu akan kehilangan beberapa kandungan mineral ini. 

Apa Saja Manfaat Kentang

Pencegahan kanker

Mengkonsumsi kentang akan mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh. Vitamin B6 pada kentang ampuh melawan terjadinya pembentukan tumor dalam tubuh yang sangat memicu kanker, seperti kanker prostat pada pria dan kanker rahim pada wanita. 

Mengurangi kadar kolesterol

Kandungan zat potasium dalam kentang dapat mengurangi kadar kolesterol. Zat potasium membantu menghalangi penumpukan kolesterol dalam darah. Kalori yang rendah pada kentang rebus, dapat menjadi menu diet rendah kolesterol.

Mengurangi resiko batu ginjal

Kandungan kalsium dan zat besi dalam kentang memang dapat memicu pembentukan batu ginjal, namun magnesium yang kaya pada kentang dapat menolak kalsium yang ada pada jaringan ginjal. 

Membantu pencernaan dan penyerapan gula dalam usus

Serat yang terdapat pada pati membantu pencernaan dengan cara membantu penyerapan gula sederhana dalam usus. Untuk itulah kentang memiliki alasan sebagai sumber karbohidrat yang baik bagi penderita diabetes. 

Kesehatan tulang

Kandungan zat besi yang terdapat pada kentang membantu pertumbuhan dan kesehatan tulang secara keseluruhan. Zat Besi, kalsium, fosfor, magnesium, dan seng yang ada dalam kentang merupakan kombinasi sempurna untuk membangun dan membentuk struktur serta kekuatan tulang.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Sumber zat seperti kalium, magnesium, dan kalsium merupakan zat yang dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi. 

Menjaga kesehatan jantung

Zat gizi yang terdapat di dalam sebuah kentang, seperti, serat, kalium, vitamin C dan vitamin B-6 adalah zat yang dapat mendukung kinerja jantung yang sehat. 

Membangun dan pembentukan sel

Vitamin B6 merupakan salah satu vitamin penting yang dibutuhkan untuk melakukan pemrosesan reaksi kimia yang dibutuhkan untuk membentuk sel dalam tubuh. Sebagian besar protein dan asam amino membutuhkan vitamin B6 untuk sintesis dalam pembentukan DNA dalam tubuh. Untuk itu, vitamin B6 ini juga dibutuhkan untuk pembuatan sel - sel baru dalam tubuh.

Kesehatan otak dan sistem saraf

Kandungan vitamin B6 yang tinggi juga sangat membantu kesehatan otak dan membantu dalam proses transmisi yang dilakukan dalam saraf.

Mengobati Wajah Berjerawat

Kentang kaya akan nutrisi yang baik untuk perawatan wajah. Untuk mengatasi wajah dengan jerawat, siapakan kentang yang diiris tipis kemudian dicuci bersih. tempelkan irisan kentang pada bagian wajah yang berjerawat. Angkat ketika kentang sudah keabu-abuan. Dapat digunakan sebelum tidur malam.

Mengatasi bengkak sekitar mata

Kebiasaan tidur terlalu lama kadang menjadikan mata seperti bengkak, untuk mengatasinya, cukup dengan kentang yang dicuci dan kupas kemudian di parut. Kompres mata dengan kain ke sekitar mata yang bengkak. Gunakan beberapa kali, agar bengkaknya mengempis.

Demikian informasi mengenai Manfaat Kentang Untuk Kesehatan. Semoga bermanfaat bagi pembaca.

0 komentar