Manfaat Kalsium Bagi Tubuh Manusia

Manfaat Kalsium Bagi Tubuh - Kalsium adalah mineral yang amat penting bagi manusia, antara lain untuk metabolisme tubuh, penghubung antar saraf, kerja jantung, dan pergerakan otot. Kalsium merupakan salah satu logam alkhali tanah, namun kalsium lebih sering ditulis dengan Ca yang merupakan simbol dari kalsium. Kalsium merupakan zat yang dibutuhkan sejak bayi hingga usia tua. 

Manfaat Kalsium Bagi Tubuh
Manfaat Kalsium Bagi Tubuh

Berikut beberapa manfaat kalsium bagi manusia, yaitu:
Mengaktifkan saraf
Melancarkan peredaran darah
Melenturkan otot
Menormalkan tekanan darah
Menyeimbangkan tingkat keasaman darah
Menjaga keseimbangan cairan tubuh
Mencegah osteoporosis (keropos tulang)
Mencegah penyakit jantung
Menurunkan risiko kanker usus
Mengatasi kram, sakit pinggang, wasir, dan reumatik
Mengatasi keluhan saat haid dan menopause
Meminimalkan penyusutan tulang selama hamil dan menyusui
Membantu mineralisasi gigi dan mencegah pendarahan akar gigi
Mengatasi kering dan pecah-pecah pada kulit kaki dan tangan
Memulihkan gairah seks yang menurun/melemah
Mengatasi kencing manis (mengaktifkan pankreas)

Jumlah kebutuhan kalsium dapat dibedakan berdasar jenis kelamin dan usia. Menurut salah satu dokter ahli gizi, kebutuhan kalsium yag dibutuhkan orang Indonesia rata-rata adalah 500-800 mg per hari. Pada usia lanjut dan wanita menopause dianjurkan asupan kalsium per hari adalah 1.000 mg.

Didalam tubuh manusia, jumlah kalsium lebih banyak jika dibandingkan dengan mineral lainya. dari semua kalsium yang ada di dalam tubuh manusia, 99% kalsium ini terdapat didalam terdapat di tulang dan gigi yang merupakan jaringan keras, dan sisanya yang 1% terdapat di dalam jaringan lunak dan ada di dalam darah. 

Setelah umur 20 tahun, tubuh manusia akan mulai mengalami kekurangan kalsium sebanyak 1% per tahun. Dan setelah umur 50 tahun, jumlah kandungan kalsium dalam tubuh akan menyusut sebanyak 30%. Kehilangan akan mencapai 50% ketika mencapai umur 70 tahun dan seterusnya mengalami masalah kekurangan kalsium. Gejala awal kekurangan kalsium adalah seperti lesu, banyak keringat, gelisah, sesak napas, menurunnya daya tahan tubuh, kurang nafsu makan, sembelit, berak-berak, insomnia, kram, dan sebagainya.

Tubuh manusia tidak dapat menghasilkan kalsium sendiri, sehingga perlu untuk mendapatkan jumlah maksimum kalsium yang cukup dari makanan yang dimakan. Kalsium sangat dibutuhkan untuk perkembangan bayi, ibu hamil, wanita yang menyusui dan orang tua. Setelah manusia berusia 30 tahun, tingkat kalsium dalam tulang akan mulai memburu. Untuk itu, konsumsi kalsium menjadi semakin penting. Tidak hanya itu, asupan kalsium yang cukup juga sangat penting terutama bagi anak-anak dan remaja yang sedang tumbuh. Namun jumlah asupan kalsium harian berbeda-beda, tergantung usia dan jenis kelamin. 

Berikut ini rincian kebutuhan kalsium, di setiap tingkatan umur:
Bayi berumur 0-5 bulan : 400 mg
Bayi berumur 6-12 bulan : 600 mg
Anak usia 1-10 tahun :  1.300 mg
Remaja usia 11-24 tahun : 1.000 mg
25 – 50 ke atas : 1.200 mg

Berikut tingkat kebutuhan kalsium Recommended Dietary Allowance ( RDA ) untuk orang dewasa: 
KALSIUM: Recommended Dietary Allowance (RDA) untuk dewasa
Pria Kebutuhan Harian RDA Batas atas harian
Usia 19-50 1,000 mg 2,500 mg
Usia 51-70 1,000 mg 2,000 mg
Usia 71 > 1,200 mg 2,000 mg
Wanita
Usia 19-50 1,000 mg 2,500 mg
Usia 51 > 1,200 mg 2,000 mg


Ada lima alasangan mengapa kalsium lebih banyak dibutuhkan oleh kaum wanita daripada pria, alasannya adalah sebagai berikut:

Pertama, untuk menghindari ancaman osteoporosis. Karena saat menopouse, wanita akan kehilangan sejumlah besar hormon estrogen yang bisa mengakibatkan penyakit osteoporosis.

Kedua, untuk membantu pembentukan tulang dan gigi. Karena 99 persen kalsium dalam tubuh tersimpan dalam tulang dan gigi.

Ketiga, untuk membantu pembekuan darah. Karena tanpa kalsium darah tidak bisa membeku bila terjadi luka.

Keempat, untuk menghindari sindrom pramenstruasi (PMS). Karena pada siklus haid ketiga gejala PMS bisa dikurangi hingga 48 persen pada wanita yang menelan kalsium.

Kelima, untuk mengurangi resiko gejala batu ginjal. Karena kalsium memiliki efek protektif yang mencegah penyerapan oksalat yang bisa membentuk batu di ginjal.

Melindungi bayi dalam kandungan, wanita yang diberi suplemen kalsium selama masa kehamilan akan memiliki anak-anak yang cukup terlindungi dari resiko hipertensi.

Untuk memenuhi kebutuhan kalsium di dalam tubuh, banyak sekali produk makanan yang menawarkan kandungan kalsium tinggi di dalamnya. kalsium sendiri umumnya terkandung dalam susu, kentang, rumput laut, dan kedelai.

Tubuh akan mengambil kalsium dari makanan yang dimakan sehari-hari dan jika makanan yang dimakan tidak mengandung kalsium yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh, maka tubuh akan mengambil kalsium yang ada di tulang. Dan jika ini terjadi dalam jangka waktu yang panjang, maka bisa jadi seseorang akan menderita penyakit osteoporosis di hari tuanya. karena itulah seseorang harus makan makanan banyak mengandung kalsium agar tubuh tidak mengambil kalsium dari tulang. 

Sumber makanan yang mengandung kalsium, yaitu:
Susu, keju, dan makanan lain yang banyak mengandung susu.
Sayuran berdaun hijau, seperti brokoli, kubis, okra, dan sawi. 
Kacang-kacangan, seperti kacang kedelai, kacang putih, dan kacang almond.
Roti dan apapun yang dibuat dengan tepung.
Ikan salmon, ikan sardin, dan daging. 

Kalsium juga mempunyai fungsi dan manfaat yang sangat penting yaitu untuk membantu membangun tulang dan gigi yang kuat mengatur kontraksi otot, termasuk detak jantung. Diperkirakan bahwa kalsium dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan melindungi terhadap kanker usus besar dan payudara, walaupun bukti lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi hal ini. 

Manfaat kalsium bagi tubuh adalah melancarkan peredaran darah, mengatasi kram, sakit pinggang, wasir, dan reumatik, mencegah penyakit jantung, menjaga keseimbangan cairan tubuh, mencegah osteoporosis (keropos tulang), menurunkan risiko kanker usus, membantu pertumbuhan tulang dan gigi, melenturkan otot, menormalkan tekanan darah, membantu mineralisasi gigi dan mencegah pendarahan akar gigi, mengatasi kering dan pecah-pecah pada kulit kaki dan tangan, melenturkan otot.

Berikut Beberpa Penjelasan Manfaat Kalsium Bagi Tubuh

Membantu pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat

Kalsium berguna untuk membantu pertumbuhan gigi kuat dan mencegah masalah gigi. Kalsium juga akan memperbaiki massa tulang yang berkurang karena usia. Hal ini karena Kalsium membantu memfasilitasi pergerakan nutrisi untuk melintasi membran sel. Asupan kalsium yang baik akan membantu mengurangi sakit punggung, karena kalsium akan memperkuat tulang punggung. 

Membantu menjaga tekanan darah

Kalsium juga dapat membantu untuk mengontrol tekanan darah dan juga membantu kontraksi otot dan kerja syaraf. Dengan demikian, akan memungkinkan jantung dan pembuluh darah untuk dapat melakukan fungsinya secara efektif. 

Membantu pembekuan darah saat terluka

Kalsium membantu membekukan darah di tubuh saat salah satu bagian anggota tubuh sedang terluka.

Membakar lemak 

Kalsium dalam tubuh mempunyai peranan penting dalam pengaturan berat badan, karena kalsium sifatnya dapat menekan nafsu makan. 

Melindungi otot jantung

Kalsium berfungsi membantu otot jantung untuk melakukan pergerakan dan relaksasi secara benar.

Mencegah kanker usus

Kalsium mampu menekan pertumbuhan polip yang menyebabkan kanker. Apabila asupan kalsium dalam tubuh tercukupi, makan seseorang akan terhindar dari kanker usus.

Mencegah batu ginjal 

Manfaat kalsium yang tinggi dipercayai akan mencegah batu ginjal, namun apabila terlalu banyak mengkonsumsi kalsium yang mengandung banyak air 


Melindungi dari Berbagai Penyakit yang disebabkan oleh virus

Ion kalsium dalam tubuh akan bereaksi pertama kali ketika ada virus penyakit yang masuk dalam tubuh dan  memerintahkan sistem kekebalan tubuh untuk menghancurkannya. 

Mengurangi PMS

Wanita cenderung akan merasakan sakit saat menjelang menstruasi. Kalsium mampu mengurangi PMS sebanyak 48%.


Mengoptimalkan Fungsi Otak

Otak akan bekerja secara optimal apabila diberi asupan kalsium karena apabila kekurangan kalsium dapat mengakibatkan gangguang fungsi otak dan sistem syaraf.

Mengurangi Kram Selama Hamil

Tercukupinya potasium dan fosfor dalam tubuh, akan mengurangi kram pada tubuh ibu hamil.


Membantu Proses Pembuahan

Sperma menuju sel telur menggunakan energi yang dimiliki oleh kalsium. Saat sperma mendekati sel telur, pucuk sperma yang mengandung kalsium inilah yang membuat sperma mampu menembus membran sel telur.


Membantu tumbuhnya janin dalam kandungan

Kalsium akan membantu tumbuhnya janin dalam kandungan, karena kalsium memiliki fungsi membentuk tempurung kepala bayi, pembentukkan kaki, tangan, punggung, dan beberapa tulang lainnya.


Membantu pertumbuhan anak

Kekurangan kalsium pada balita dapat menimbulkan berbagai penyakit, seperti rakhitis, kaki berbentuk O atau X, pertumbuhan tulang yang tidak sempurna, kerusakan gigi, daya ingat yang lemah, dan berbagai penyakit tulang lainnya. Untuk itu, anak dalam masa pertumbuhan sangat membutuhkan kalsium untuk menunjang tumbuh kembangnya.

Demikian artikel mengenai Manfaat Kalsium Bagi Tubuh. Semoga bermanfaat bagi pembaca setia Jadimanfaat.com.

0 komentar