Manfaat Vitamin B2 Bagi Tubuh


Vitamin B2 atau Riboflavin merupakan vitamin yang mudah larut dalam air. vitamin B2 berfungsi untuk membantu untuk memperbaiki dan mempertahankan berbagai sistem di dalam tubuh. Vitamin B2 juga sangat bermanfaat untuk kecantikan, karena memiliki peran aktif sebagai media perantara elektron yang memproduksi energi bagi sel tubuh. 

Tidak hanya berfungsi sebagai antioksidan yang berguna untuk memperlambat proses penuaan, riboflavin atau vitamin B2 juga berperan penting bagi tubuh dalam memproduksi energi. Ini disebabkan karena vitamin B2 membantu dalam konversi karbohidrat menjadi gula, yang diketahui sebagai bahan bakar untuk fungsi tubuh. Vitamin B2 juga memiliki peran aktif dalam rantai transpor elektron yang menghasilkan sel energi. Vitamin B2 juga membantu dalam pengolahan asam amino dan lemak.

beberapa gejala lain dari kekurangan Vitamin B2 adalah rambut berketombe, darah rendah, chipping pada bibir dan sudut mulut, pusing, dan rambut rontok, susah tidur, pencernaan yang buruk, dan respon mental yang lambat. 

Kekurangan vitamin B2 dapat menghambat metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein, karena elemen-elemen ini akan membutuhkan Vitamin B2 untuk metabolisme. Beberapa gejala kekurangan vitamin B2 seperti mata merah, sensitivitas tinggi terhadap cahaya, sensasi terbakar pada mata, bibir kering, peradangan pada mulut, dan sakit pada lidah. Beberapa gejala umum lainnya termasuk rambut kusam atau berminyak, keriput dini, dan kuku terbelah. Kekurangan vitamin B2 juga dapat mengakibatkan fungsi kelenjar adrenal menurun, yang akan mengakibatkan berbagai kondisi seperti anemia, sindrom kelelahan kronis, dan katarak. Kekurangan vitamin B2 juga menjadi penyebab utama pada kondisi fatal preeklampsia pada wanita hamil.  

Kekurangan vitamin B2 bisa dilihat dari kepucatan kulit terutama atas lidah dan di sekitar sudut mulut. Jika tidak diobati mungkin berlanjut menyebabkan lidah bengkak, dermatitis seboroik, dan gangguan fungsi saraf.  Untuk menghindari penyakit atau gangguan kesehatan terwebut, seseorang haruslah mencukupi kembali vitamin B2 yang terdapat di dalam berbagai makanan atau suplemen khusus vitamin B2.

Masih banyak manfaat lain yang dapat dihasilkan dari mengkonsumsi vitamin B2 ini seperti mencegah jerawat, stress, depresi, obesitas, anemia, kanker rahim, migrain, dan kram otot. Semoga hal ini bisa menambah informasi anda untuk membiasakan diri mengkonsumsi vitamin B2.

Khasiat dan Manfaat Vitamin B2

Fungsi vitamin B2 secara umum yaitu membantu pelepasan energi yang ada pada makanan dan mempertahankan kesehatan kulit dan rambut. Vitamin B2 banyak terkandung pada susu, gandum, daging sapi, telur, salmon, daging ayam, keju, roti, dan bayam. Beberapa manfaat vitamin B2 untuk kesehatan adalah sebagai berikut:

Mencegah resiko bayi lahir cacat

Vitamin B2 berperan utama dalam tubuh untuk memproduksi dan membentuk energi. Secara umum, vitamin B2 juga mempengaruhi pertumbuhan. Karena vitamin B2 bisa dikonsumsi oleh ibu hamil untuk perkembangan bayinya. Vitamin B2 ini membantu dalam pembelahan sel pada tubuh dengan benar. Sehingga mencegah resiko adanya bayi lahir cacat akibat sang ibu kekurangan vitamin B2. Bayi lahir cacat ini akan mengalami kecacatan tabung saraf, kelainan pada tulang belakang, dan kelainan dimana otak tidak terbentuk. Untuk itulah ibu hamil perlu mengkonsumsi vitamin B2 agar mengurangi resiko lahir cacat yang dibawa pada pertumbuhan si bayi.

Metabolisme energi

Vitamin B2 merupakan koenzim yang berperan dalam berbagai metabolisme energi dalam tubuh. Vitamin B2 berperan untuk pemecahan senyawa karbohidrat menjadi gula yang lebih mudah dicerna. Vitamin B2 ini juga berperan dalam mengkonversikan senyawa lain seperti protein dan lemak untuk menjadi energi. Pembentukan mineral dan metabolisme vitamin lain juga membutuhkan vitamin B2. Mengkonsumsi vitamin B2 akan membantu bagi orang yang bekerja berat agar tidak mudah capek.

Antioksidan untuk menangkal Radikal Bebas

Vitamin B2 bermanfaat sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Saat segala macam senyawa gas tersebut masuk ke dalam tubuh dan merusak sel dan jaringan dalam tubuh. Akibatnya otak yang butuh banyak asupan oksigen, akan diracuni udara tidak bersih. Sehingga stress pun timbul. Vitamin B2 sebagai komponen penting dari terbentuknya redoks glutathione yang mampu untuk menghilangkan radikal bebas ini. Berperan juga dalam proses antioksidan dalam darah dan mecegah penyakit seperti asam urat.

Pembentukan sel darah merah 

Sel darah merah pada tubuh dibentuk oleh vitamin B2. Sel darah merah yang kaya oksigen ini akan di suplai ke bagian organ mata. Karena radikal bebas dapat menyebabkan sel darah merah rusak, maka dibutuhkan vitamin B2 untuk dapat membentuk sel darah merah yang baru. Sel darah merah kaya akan oksigen yang mampu mengangkut oksigen melalui pembuluh darah ke seluruh bagian tubuh. Karena organ tubuh akan rusak jika oksigen yang dibawa sel darah merah tidak cukup untuk asupan tubuh. Kekurangan oksigen dalam sel darah merah dapat menyebabkan pingsan atau pusing karena oksigen yang tersuplai ke otak tidak cukup.

Mengkonversi vitamin B6 dan asam folat

Vitamin B6 dan B9 (asam folat) juga berfungsi sebagai pembentukan sel darah merah. Vitamin B6 adalah untuk memproduksi lebih dari 60 enzim. Sedangkan vitamin B9 atau asam folat ini berfungsi untuk membantu sel tubuh tumbuh dan membelah diri dengan benar. Vitamin B9 ini juga membantu dalam mengontrol nafsu makan seseorang. Kedua vitamin ini sangat terkait dengan vitamin B2. Vitamin B2 dapat mengkonversi dirinya sendiri ke dalam bentuk senyawa lain, seperti mengkonversi diri sendiri ke dalam bentuk vitamin B6 dan B9. 

Melindungi sistem syaraf 

Vitamin B2 juga berpengaruh dalam melindungi sistem syaraf. Vitamin B2 dapat membantu mengobati berbagai masalah sistem syaraf seperti mati rasa, penyakit Alzheimer, multiple sclerosis, kecemasan, dan epilepsi.

Menyembuhkan luka

Vitamin B2 berperan penting dalam memperbaiki jaringan yang rusak, sehingga membantu menyembuhkan luka dan cedera.

Membantu penyerapan vitamin dan mineral

Vitamin B2 membantu penyerapan dan penggunaan vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, asam folat, dan zat besi.

Melindungi saluran pencernaan

Salah satu gejala kekurangan vitamin B2 adalah timbulnya gangguan pencernaan. Vitamin B2 berperan membantu mempertahankan dan melindungi membran mukosa usus yang merupakan saluran pencernaan utama dalam sistem pencernaan. 

Meningkatkan imunitas

Vitamin B2 membantu meningkatkan imunitas alami tubuh dengan memperkuat antibodi.

Mengurangi resiko kanker

Vitamin B2 memiliki sifat antioksidan yang diperlukan tubuh untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel yang memicu mutasi sel. Mutasi sel dapat menyebabkan kanker. Vitamin B2 berperan membantu siklus glutathione yang melindungi sel terhadap radikal bebas.

Menjaga kesehatan kulit, rambut dan kuku

Salah satu gejala kekurangn vitamin B2 adalah berbagai masalah gangguan kesehatan kulit, rambut, dan kuku, seperti: bibir kering, dermatitis, rambut berminyak, kepala berketombe, dan kuku pecah. Vitamin B2 sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku.

Menjaga kesehatan mata

Vitamin B2 bermanfaat dalam saraf mata. Kekurangan vitamin B2 dapat mempengaruhi sensitivitas mata terhadap cahaya. Pemberian vitamin B2 merupakan salah satu cara perawatan gangguan kesehatan mata seperti mata lelah, katarak dan glaukoma.

Mencegah jerawat

Vitamin B2 membantu meningkatkan sekresi mukus kulit sehingga dapat membersihkan bintil kulit yang biasanya menyertai jerawat.

Memelihara organ tubuh

Pemeliharaan organ tubuh dengan vitamin B2 sudah dijelaskan diatas yaitu pada organ mata. Karena sel saraf pada mata dipelihara dengan vitamin B2 ini. Organ pernafasan pun dapat dipelihara dengan mengkonsumsi vitamin B2 ini. Diketahui bahwa vitamin B2 membantu dalam regenerasi energi pada tubuh dengan proses respirasi atau pernafasan. Dan juga mampu menangkal radikal bebas di udara. Sehingga kesehatan organ pernafasan seperti hidup dan paru-paru. Karena radikal bebas dapat merusak alveolus pada paru-paru dan vitamin B2 menjaganya dari kerusakan ini. Vitamin B2 ini juga mampu untuk mencegah dari penyakit seperti hipoglikemia dan kanker rahim.

Mengatur pertumbuhan dan reproduksi

Vitamin B2 berperan penting dalam memastikan pertumbuhan yang tepat dan perkembangan organ reproduksi dan pertumbuhan jaringan tubuh seperti kulit, jaringan ikat, mata, selaput lendir, sistem syaraf dan sistem pertahanan. Selain itu juga memastikan kesehatan kulit, kuku, dan pertumbuhan rambut. 

Membantu memperlambat perkembangan AIDS

Penelitian telah menunjukkan bahwa Vitamin B2 dapat memperlambat perkembangan AIDS. 

Membantu memperbaiki jaringan

Vitamin B2 berperan penting dalam perbaikan jaringan, penyembuhan luka dan cedera lainnya. 

Meningkatkan kekebalan

Vitamin B2 juga membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh secara alami dengan memperkuat cadangan antibodi dan dengan memperkuat sistem pertahanan terhadap infeksi. 

Sumber vitamin B2 yang paling banyak terdapat dalam ragi, kedelai panggang kering atau edamame, dan hati. Ikan berminyak seperti makarel, dan ikan haring merupakan sumber yang kaya akan vitamin B2. Termasuk telur, kerang, nasi, kacang polong kering, millet, biji bunga matahari dan kacang-kacangan . Sayuran berdaun hijau tua, seperti bayam dan asparagus, produk gandum dan jamur juga kaya vitamin B2. Kubis, wortel, apel juga mengandung vitamin B2 meskipun rendah. Beberapa sumber  makanan lain yang juga memiliki vitamin B2 adalah tiram, daging, jamur, brokoli, alpukat dan ikan salmon.  

Vitamin B2 tidak akan hilang walaupun sumber makanan telah dimasak, seperti pada banyak jenis vitamin lainnya. Namun, bisa hancurkan karena cahaya yang kuat dan baking soda. 

Demikian Manfaat Vitamin B2. Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi pembaca

0 komentar