16 Khasiat dan Manfaat Buah Mengkudu

Manfaat Buah Mengkudu
Manfaat Buah Mengkudu

Mengkudu adalah salah satu Tumbuhan Obat Keluarga (TOGA) yang mudah dibudidayakan. Mengkudu memiliki nama latin Morinda citrifolia dan termasuk dalam famili Rubiaceae. Buah yang berasal dari Asia Tenggara ini, memiliki sebutan beragam di berbagai daerah di Indonesia, yaitu Pace, Kemudu, Kudu (Jawa), Cangkudu (Sunda), Kodhuk (Madura), Wengkudu (Bali), dan masih banyak lagi.

Buah mengkudu sangat cocok pada dataran tinggi mencapai 1500 m. Buah mengkudu yang masih mentah biasanya digunakan untuk campuran rujak. Sementaranya buah yang masak digunakan untuk pengobatan. Buah mengkudu yang masih muda akan berwarna hijau mengkilap dengan totol-totol menyerupai totolan pada daging nanas, sedangkan buah yang sudah masak atau tua warna buah menjadi putih dan banyak bintik hitam pada lapisan terluar.

Buah mengkudu banyak mengandung zat sangat berguna untuk mengatur fungsi dan bentuk sel-sel tubuh manusia. Buah mengkudu memiliki kadar nutrisi sangat banyak. Beberapa jenis vitamin terkandung dalam dagingnya, protein, dan mineral penting. Salah satu mineral penting dalam buah mengkudu adalah selenium, yaitu mineral yang berkhasiat sebagai anti-kanker dan mencegah penyakit jantung. Selenium sinergis dengan vitamin E, keduanya bekerja sama dengan ekstra membantu mempertahankan kondisi kesehatan manusia.

Mengkudu memiliki spektrum fitokimia yang sangat luas. Fitokimia-fitokimia tersebut bersinergi satu dengan yang lain untuk menghasilkan khasiat penyembuhan yang mengagumkan. Fitokimia (zat-zat kimia alami yang terdapat pada tumbuh-tumbuhan) memiliki khasiat untuk pencegahan penyakit dan kaya akan kandungan antioksidan. Buah mengkudu memiliki khasiat untuk merangsang respon pembentukan kekebalan tubuh, membersihkan darah, mengatur fungsi sel, regenerasi sel rusak dan menghambat pertumbuhan tumor.

Meskipun baunya sangat tidak sedap, namun buah mengkudu yang sudah masak di pohon memiliki banyak manfaat untuk pengobatan. Hal ini karena ada beberapa kandungan zat didalamnya, antara lain morinda diol, morindone, morindin, damnacanthal, metil asetil, asam kapril dan sorandiyiol. Buah mengkudu memiliki kandungan senyawa terpenoid, zat antibakteri, asam arkobat, scopeletin, zat anti kanker, xereonine, serta memiliki nutrisi lengkap yang diperlukan bagi tubuh manusia.

Buah mengkudu dapat merangsang sistem kekebalan tubuh, mengatur fungsi sel dan regenerasi sel-sel jaringan tubuh yang rusak. Fakta yang menunjukkan bahwa Mengkudu dapat mengatur sel-sel pada tingkat dasar dan kritis atau kronis.

Berikut khasiat dan manfaat buah mengkudu.

1. Membantu untuk mengatur mood

Buah mengkudu telah terbukti adalah dapat membantu untuk mengatur mood (suasana hati). Buah mengkudu memiliki zat Serotonin yang di butuhkan untuk membantu mengatur suasana hati seseorang dan membantu menurunkan kadar kecemasan (depresi). Serotonin merupakan suatu zat yang ada di dalam trombosit manusia yang melapisi saluran pencernaan dan otak. Di dalam otak, serotonin berfungsi sebagai neurotransmitter, yaitu penghantar sinyal saran dan hormon di dalam otak.

2. Mengatasi hipertensi

Senyawa scolopetin dakam buah mengkudu berfungsi untuk mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Zat scopoletin membantu pelebaran saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan. Disamping itu zat ini juga membantu proses pengedaran darah ke seluruh jaringan tubuh menjadi lancar. Untuk mengobati hipertensi, caranya sediakan 2 buah Mengkudu yang telah masak di pohon dan 1 sendok makan madu. Buah mengkudu diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan madu. Ramuan ini diminum dua hari sekali.

3. Menyembuhkan batuk

Manfaat buah mengkudu yang lainnya adalah mengobati batuk. Caranya adalah dengan membuat ramuan yang terdiri dari 1 buah mengkudu dan ½ genggam daun poo (bujanggut). Kedua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai tinggal tersisa 1 gelas. Saring airnya, lalu diminum dua kali sehari tiap pagi dan sore.

4. Obat sakit perut

Khasiat buah mengkudu yang selanjutnya adalah sebagai obat sakit perut. Jika Anda atau keluarga terkena sakit perut, ambil saja 2-3 lembar daun mengkudu. Setelah dicuci bersih, kemudian ditumbuk halus, ditambah garam dan diseduh air panas. Setelah dingin, airnya disaring dan diminum.

5. Mengobati sakit kuning

Bahan yang diperlukan adalah 2 buah Mengkudu yang telah masak di pohon dan 1 potong gula batu. Cara membuatnya, buah mengkudu diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan madu sampai merata. Saring airnya, diminum dan diulangi 2 hari sekali.

6. Mengobati demam, masuk angin dan infuenza

Bahan yang dibutuhkan adalah 1 buah mengkudu dan 1 rimpang kencur. Kedua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih dan hingga tinggal 1 gelas. Setelah dingin, airnya disaring dan rauan tersebut diminum dua kali sehari, tiap pagi dan sore.

7. Mengatasi kulit bersisik

Buah mengkudu bisa digunakan untuk menghaluskan kulit. Caranya, bagian kulit yang bersisik digosok dengan buah mengkudu tersebut sampai merata, dan dibiarkan selama 5-10 menit, kemudian dibersihkan dengan kain bersih yang dibasahi dengan air hangat.

8. Mencegah penuaan dini

Buah mengkudu juga memiliki manfaat untuk membuat kamu awet muda. Buah mengkudu dapat dimanfaatkan untuk mengatasi keriput pada daerah wajah akibat proses penuaan.

9. Zat anti bakteri dan anti peradangan

Sari buah mengkudu memiliki sifat anti inflamasi yang telah terbukti mampu mencegah terjadinya peradangan. Zat-zat aktif yang terkandung dalam buah mengkudu dapat mematikan bakteri penyebab infeksi, seperti Pseudomonas aeruginosa, Protens morganii, Staphylococcus aureus, Bacillus subtilis, dan Escherichia coli. Zat anti bakteri itu juga dapat mengontrol bakteri pathogen (mematikan) seperti Salmonella montivideo, S . scotmuelleri, S . typhi, dan Shigella dusenteriae, S . flexnerii, S . pradysenteriae, serta Staphylococcus aureus. Senyawa scolopetin sangat efektif sebagi unsur anti peradangan dan anti alergi.

10. Meningkatkan daya tahan tubuh

Buah mengkudu mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Buah mengkudu memiliki keseimbangan sempurna dari vitamin, mineral, asam amino, peptida, dan enzim. Kesemua nutrisi yang terkandung sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Penelitian menunjukan bahwa minum jus mengkudu dapat membantu melindungi tubuh dari efek radikal bebas.

11. Melancarkan pencernaan

Mengonsumsi buah mengkudu secara teratur juga dapat melancarkan pencernaan. Penyakit seperti,perut kembung, muntah, luka pada usus halus dan radang lambung bisa diobati dengan buah mengkudu.

12. Mengurangi ketombe rambut

Rambut berketombe dapat diberantas dengan  mengkudu sebagai obat alami. Caranya siapkan 1 - 2 buah mengkudu masak yang telah dicuci bersih. Kemudian potong jadi 4 bagian merata, gunakan tiap bagian untuk menggosok kepala secara perlahan. Diamkan sejenak (10 - 15 menit) agar kandungan menyerap pada akar rambut, setelah itu cuci kepala dengan shampo sampai zat yang menempel terangkat bersih. Pengobatan ini bisa kamu lakukan seminggu 1 - 2 kali, jangan berlebihan.


13. Mengatasi PMS (Premenstrual Syndrome)

Buah mengkudu memiliki senyawa-senyawa aktif yang membantu menenangkan emosi, sehingga kamu tidak mengalami perubahan mood yang terlalu tinggi. Buah mengkudu dapat membantu memulihkan beberapa penyakit, termasuk mengatasi sindrom menstruasi.


14. Membantu menjaga kesehatan tulang

Buah mengkudu memiliki kandungan asam kapril, metil asetil, morindin, morindone, morindadiol dan sorandiyiol yang mampu meningkatkan kekuatan tulang. Mengkonsumsi jus mengkudu secara teratur akan membantu dalam menjaga kesehatan tulang bagi penderita osteoporosis.

15. Mencegah dan mengobati kanker

Buah mengkudu merupakan buah yang sangat bermanfaat untuk anti kanker. Buah mengukudu juga terbukti dapat melawan penyakit kanker atau sel-sel abnormal melalui zat anti kanker yang terkandung di dalam buah tersebut. Penelitian telah menyatakan adanya senyawa 2-methoxy-1,3,6-trihydroxyanthraquinone pada buah mengkudu yang baik untuk mencegah kerusakan DNA dan kanker serta baik untuk menjaga sel-sel sehat dalam tubuh.


16. Mengobati nyeri sendi

Buah mengkudu dikenal sebagai obat penghilang rasa sakit dan meredakan nyeri sendi. Mengkudu memiliki kandungan analgesik sebanyak 75% yang efektif sebagai morfin sulfat dalam mengurangi nyeri sendi.

Demikian artikel tentang Manfaat Buah Mengkudu. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca setia Jadimanfaat.com. Selamat mencoba!

0 komentar