Khasiat dan Manfaat Minyak Zaitun

Manfaat Minyak Zaitun
Manfaat Minyak Zaitun

Manfaat Minyak Zaitun atau minyak olive adalah hasil olahan dari buah zaitun menjadi ekstrak yang manfaatnya sudah tidak diragukan lagi keampuhannya. Terbuat dari buah zaitun yang diolah secara baik, minyak ini siap dipakai untuk kesehatan tubuh dan kecantikan.

Minyak zaitun biasanya dipakai oleh kaum wanita untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Minyak zaitun bisa menutrisi ke dalam kulit sehingga kulit tampak sehat alami. Minyak zaitun juga disebut sebagai rahasia kecantikan milik Ratu Cleopatra. Hal ini karena minyak zaitun mampu melembutkan kulit wajah, mempertahankan keindahan kulit tubuh, dan berguna bagi keindahan rambut. Kandungan terbesar dalam minyak zaitun adalah Vitamin E, yang fungsinya untuk kesehatan maupun kecantikan untuk merawat rambut dan kulit agar lebih sehat dan mendapat suplai nutrisi.

Minyak zaitun juga dapat digunakan untuk masak, kosmetik, obat herbal, sabun, dan juga sebagai bahan bakar untuk lampu minyak. Minyak zaitun dianggap sebagai minyak yang sehat karena mengandung lemak tak jenuh yang tinggi (utamanya asam oleik dan polifenol).

Kandungan senyawa kimia yang tersimpan dalam minyak zaitun misalnya triasilgliserol yang merupakan asam lemak tak jenuh tunggal dengan jenis omega 9 (asam oleat). Kadar omega 9 sekitar 55 sampai 83 persen dari total asam lemak. Karena lemak tersebut baik untuk tubuh sebab berjenis lemak tak jenuh tunggal, risiko tubuh teroksidasi lebih sedikit ketimbang omega-6 dan omega-3.

Dengan manfaatnya yang beragam, banyak sekali khasiat yang didapatkan dari menggunakan minyak zaitun. Memakai minyak zaitun dapat memperbaiki sel-sel kulit mati, menghaluskan kulit, melembabkan kulit, menghilangkan noda di kulit, melembutkan kulit wajah, mempertahankan keindahan kulit tubuh, dan berguna bagi keindahan rambut.

Berikut Adalah Manfaat Minyak Zaitun


Melembabkan kulit

Minyak zaitun berguna untuk melembabkan kulit, untuk yang ingin tampil segar, ada baiknya mencoba minyak yang satu ini. Kegunaannya yang melembabkan kulit, membuat kulit terhindar dari kering yang melanda area-area tertentu seperti tumit kaki, dan juga siku. Minyak zaitun juga bagus dioleskan di kulit yang pecah-pecah, pakailah minyak ini secara teratur di daerah kulit yang kering dan pecah-pecah. Gunakan setiap malam menjelang tidur. Sedangkan untuk mengatasi siku yang kasar, belah sebuah lemon menjadi 2 bagian, lalu teteskan 2 tetes minyak zaitun pada potongan lemon tersebut. Tempel dan tekan potongan lemon tersebut pada siku kurang lebih 10 menit. Bilas dan keringkan.

Menghilangkan noda bekas luka atau jerawat

Cara yang pertama yaitu mencampurkan minyak zaitun dengan minyak pohon (tree oil), pijatkan secara perlahan di daerah wajah yang ada bekas jerawatnya, setelah berselang selama 20 menit, basuh wajah dengan menggunakan air hangat tanpa menggunakan sabun muka lagi, setelah wajah dibasuh, keringkan wajah dengan menggunakan handuk kering. Untuk fungsi yang sama, oleskan campuran baking soda dengan minyak zaitun, diamkan selama lima menit setelah digunakan di muka, setelah itu basuhlah dengan menggunakan air hangat.

Cara lainnya adalah dengan memijat lembut tetesan minyak zaitun ke wajah yang ada bekas jerawatnya, pijatlah wajah selama 5 menit, setelahnya, biarkan selama dua puluh menit agar minyak zaitun dapat menyerap ke dalam kulit, sehabis itu basuhlah dengan menggunakan air hangat. Sedangkan jika timbul garis-garis halus atau kerutan pada payudara, oleskan minyak zaitun secara merata. Kemudian kompres dengan handuk hangat selama 5-10 menit. Untuk perawatan lebih lanjut, campur minyak zaitun dengan kuning telur dan perasan lemon. Gunakan campuran ini untuk memijat payudara secara perlahan. Lakukan sebelum tidur dan diamkan hingga esok pagi.

Melembutkan kulit wajah

Minyak zaitun tergolong aman jika digunakan langsung pada kulit tubuh. Untuk wajah, minyak zaitun bisa dioleskan langsung guna melembapkan kulit yang kering dan kasar. Tetapi tidak disarankan untuk kulit berminyak, karena dapat merangsang timbulnya jerawat. Agar kulit lembut, campurkan 2-3 tetes minyak zaitun dengan body lotion atau pelembap tubuh yang biasa kamu gunakan. Ulaskan merata pada seluruh tubuh setiap habis mandi. Dapat juga dipakai sebagai bath oil. Caranya, campurkan 5 tetes minyak zaitun extra virgin atau unrefined ke dalam bak mandi lalu berendamlah selama 15 menit. Sebaiknya tidak memakai sabun setelah berendam.

Minyak zaitun yang dicampur bahan lain pun dapat memberikan kegunaan yang berbeda, di antaranya:

Kulit wajah cerah dan mencegah kerutan.
Campur 1 sdm minyak zaitun dengan ½ sdm cuka apel dan ½ sdm air. Aduk rata lalu ulaskan pada kulit wajah yang telah dibasahi air setiap malam menjelang tidur.

Untuk scrubbing
Campur 1 sdm minyak zaitun dengan ½ sdt gula pasir. Basahi kulit wajah lalu ulaskan campuran tersebut. Gosok searah jarum jam perlahan, jangan ditekan atau digosokkan terlalu kasar. Bilas dengan air hangat lalu keringkan dengan handuk. Lakukan perawatan ini secara teratur untuk mempertahankan keremajaan kulit sekaligus merangsang regenerasi sel kulit. Juga dapat dipakai untuk melembutkan kulit jemari tangan.

Mempertahankan keindahan kulit tubuh
Minyak zaitun juga kerap digunakan sebagai campuran minyak pijat, dengan tujuan menjaga kehalusan serta mempertahankan kekenyalan dan kekencangan kulit tubuh. Caranya dengan menggunakan minyak zaitun di wajah di malam hari menjelang tidur, lalu bilas keesokan paginya. Kamu akan kaget melihat hasilnya setelah teratur menggunakannya setiap malam atau beberapa kali dalam seminggu.

Menjaga kesehatan kuku
Untuk menjaga kesehatan kuku, memperkuat kuku, sekaligus melembutkan kutikula, rendam jemari tangan di dalam air hangat yang ditetesi minyak zaitun 2 sampai 3 tetes. Lakukan seminggu sekali selama 5 sampai 10 menit.

Memperindah tangan
Kamu dapat menggunakan minyak zaitun untuk memperindah tampilan tanganmu. Cukup oleskan minyak zaitun ke tangan sebelum menggunakan sarung tangan berbahan katun. Biarkan semalaman saat tidur.

Meningkatkan kesehatan kulit dan rambut
Cukup mengonsumsi minyak zaitun akan menyehatkan kulit dan rambut kamu. Itulah mengapa banyak produk kecantikan mengandung minyak zaitun sebagai bahan utama. Kamu bisa memakainya langsung kewajah atau rambut. Untuk rambut, panaskan sebentar minyak zaitun, kemudian oleskan dan pijat rambut dan kulit kepala. Biarkan selama satu jam sebelum keramas.

Kamu juga dapat membuat kondisioner rambut dengan menambahkan jus lemon dan kuning telur pada minyak zaitun. Namun jika justru menimbulkan ketombe atau jerawat, hentikan pemakaian, karena mungkin kulit kamu tidak cocok dengan bahan berjenis minyak.

Untuk mengatasi rambut yang kusut, bubuhkan 2 sampai 3 tetes minyak zaitun pada telapak tangan, gosok-gosokkan sebentar, lalu usapkan pada bagian rambut yang kering dan kusut.

Menjaga kesehatan jantung
Minyak zaitun adalah sumber asam lemak tak jenuh tunggal. Minyak zaitun juga dikemas dengan polifenol, antioksidan, vitamin A dan E. Antioksidan ini membantu untuk menetralisir dampak radikal bebas pada tubuh. Oleh karena itu mengonsumsi minyak zaitun secara teratur dapat membantu melawan kanker dan memperlambat tanda-tanda penuaan.

Mengatasi wajah berminyak
Gunakan masker yang terbuat dari campuran minyak zaitun dan bubuk cendana. Atau saat wajah terasa lelah, biarkan masker menempel selama 15 menit. Kemudian basuh wajah menggunakan air dingin.

Mengangkat kotoran di wajah
Gunakanlah minyak zaitun sehabis melawan teriknya matahari. Caranya, basuh wajah menggunakan air hangat atau uapkan dengan air panas agar pori-pori wajah terbuka. Setelah itu oleskan minyak zaitun pada kulit wajah secara merata, diamkan selama 5 menit. Kemudian bersihkan wajah menggunakan air hangat, terakhir bilas lagi dengan air dingin untuk menutup pori-pori kembali, agar kotoran yang telah keluar tidak masuk lagi karena pori-pori wajah.

Mengatasi ketombe atau gatal pada kulit kepala
Untuk mengatasi ketombe atau gatal pada kulit kepala, campur merata minyak zaitun, minyak jarak, perasan lemon,serta air dari seduhan daun peppermint. Bubuhkan merata pada kulit kepala sambil dipijat perlahan. Diamkan selama 15 menit (bisa dibungkus dengan handuk hangat, baru kemudian dibilas.

Manfaat minyak zaitun lainnya bagi kesehatan
Beberapa khasiat dari minyak zaitun jika digunakan secara internal bagi kesehatan adalah sebagai berikut:

Mencegah penyakit jantung dan stroke.
Membunuh sel kanker.
Mengurangi dan memulihkan radang sendi.
Menjaga kepadatan tulang sehingga tidak terserang osteoporosis.
Menurunkan kadar glukosa dalam darah.
Mendetoksifikasi molekul yang tidak seimbang dengan kata lain sebagai penangkal radikal bebas.
Memperbaiki kualitas ASI.
Mengurangi terjadinya penyumbatan (Trombosis) juga penebalan (Arteriosklerosis) pembuluh darah.
Membasmi kutu di rambut.
Mengurangi risiko terserang kanker rahim, colon, kulit dan lambung.
Menghindari terserang penyakit tukak lambung pada sistem pencernaan.
Menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).
Mengurangi efek negatif dari penggunaan obat-obatan penurun tekanan darah.
Mengobati penyakit wasir.

Banyak sekali manfaat minyak zaitun untuk kecantikan alami seseorang. Bila kamu rutin menggunakannya, kulitmu akan sama halus dan cantiknya seperti kulit bayi.

0 komentar