Manfaat Minyak Kelapa Murni

Manfaat Minyak Kelapa Murni
Manfaat Minyak Kelapa Murni

Minyak kelapa murni atau virgin coconut oil merupakan minyak yang diproduksi menggunakan kelapa segar. Pada proses pembuatannya dengan pemanasan atau juga bisa tanpa pemanasan dan tanpa bahan kimia.

Keunggulan minyak kelapa murni adalah biaya yang diperlukan sangatlah murah dan mudah didapatkan, proses pengolahan yang tidak sulit dan sangat sederhana, dan penggunaan energi yang dibutuhkan sangatlah sedikit karena tidak menggunakan bahan bakar. Hal ini juga memungkinkan kandungan nutrisi dalam minyak kelapa murni tetap terjaga dengan baik khususnya kadar asam lemak.

Berikut Adalah 22 Khasiat Minyak Kelapa Murni


1. Menyembuhkan jerawat

Untuk menyembuhkan jerawat, oleskan minyak kelapa pada bagian kulit yang terkena jerawat, kemudian diamkan semalam supaya jerawat kempes. Karena jerawat sendiri disebabkan oleh infeksi bakteri dan sementara minyak kelapa berfungsi anti bakteri.

2. Masker rambut

Untuk ujung-ujung rambut yang kering, oleskan ke rambut dan diamkan selama 10 menit. Karena dari bahan alami, membiarkannya semalaman pun tidak akan merusak rambut. Jangan lupa alasi bantal agar lemak minyak tidak meninggalkan bekas noda di seprai.


3. Pelembap

Minyak kelapa mengandung anti bakteri jahat dan anti jamur yang menyehatkan kulit, karena itu minyak ini juga bisa dipakai sebagai lotion. Selain itu, minyak ini cocok dipakai sebagai pelembap kulit terutama di cuaca dingin saat kulit mudah kering dan pecah. Baluri kulit tubuh dan wajah secukupnya dengan minyak kelapa, diamkan semalaman. Lakukan secara teratur.


4. Merawat kulit

Minyak kelapa berfungsi sebagai pelembab bagi segala jenis kulit, khususnya kulit kering dan kulit menua, sehingga kamu nampak segar dan mata terlihat bercahaya. Lemak yang terkandung dalam minyak kelapa membantu mengurangi keriput tanpa iritasi. Minyak kelapa juga membantu mengatasi masalah kulit seperti psoriasis, dermatitis, eczema, dan permasalahan kulit lainnya.

5. Pembersih make up

Cukup olesi wajah dengan minyak kelapa lalu gosok perlahan permukaan kulit dengan handuk lembut. Sisa make up akan terhapus bersih, bahkan riasan berbahan waterproof yang sulit dihilangkan.

6. Menghilangkan kulit mati

Campurkan gula merah dengan minyak kelapa dan gunakan sebagai lulur. Butiran halus dari gula merah akan mengikis sel-sel kulit mati, dan bersama minyak kelapa, ramuan ini akan membuat kulit Kamu lebih lembab dan bercahaya.

7. Menyehatkan kuku

Gosok dengan lembut kuku hingga bagian pangkal kuku dengan minyak kelapa. Gunakan untuk memijat bagian ini agar kuku lebih rileks.

8. Melembabkan dan melembutkan bibir

Tidak seperti kulit tubuh lainnya, bibir tidak memiliki kelenjar minyak. Karena itu bibir mudah sekali kering, apalagi ketika cuaca sedang terik dan tubuh kamu kurang terhidrasi. Untuk mengatasinya, oleskan minyak kelapa secukupnya untuk menjaga kelembapan bibir kamu.

9. Gunakan untuk berendam

Ciptakan suasana yang menenangkan dengan menuangkan sesendok makan minyak kelapa ke dalam bak mandi. Selain nyaman, ini juga akan melembutkan kulit. Gunakan air hangat dan biarkan tercampur sebelum berendam.

10. Menghilangkan Stress

Pulihkan kelelahan mental dengan mengusapkan minyak kelapa dengan gerakan memijat berputar. Aroma alami dari kelapa sangatlah menenangkan dan membantu menurunkan stres yang kamu derita.

11. Mengatasi masalah pencernaan

Lemak jenuh dalam minyak kelapa mengandung anti-bakteri yang membantu mengkamulikan parasit dan jamur yang menyebabkan masalah pencernaan seperti mual. Lemak dalam minyak kelapa juga membantu penyerapan vitamin, mineral, dan asam amino, yang membuat tubuh kamu lebih sehat.

12. Membugarkan tubuh

Minyak kelapa telah terbukti dapat menstimulasi metabolisme, meningkatkan kinerja tiroid, dan meningkatkan energi; ketiga hal ini dapat membantu kamu mengurangi lemak yang tidak diinginkan, dan disaat yang bersamaan menambah otot di tubuhmu. Karena fungsi ini, popularitas minyak kelapa telah meningkat menjadi satu-satunya lemak rendah kalori di dunia.

13. Penyembuhan

Ketika diaplikasikan pada luka, minyak kelapa membentuk lapisan kimiawi tipis yang melindungi luka dari debu, bakteri, dan virus. Minyak kelapa mempercepat proses penyembuhan luka memar dengan memperbaiki jaringan yang rusak. Dan, minyak kelapa juga beraroma jauh lebih baik dibandingkan obat-obatan.

14. Merawat rambut

Minyak kelapa merupakan salah satu produk paling bernutrisi yang bisa kamu gunakan untuk rambut kamu. Pijatlah kulit kepala kamu menggunakan sedikit minyak kelapa. Minyak kelapa mengandung banyak protein penting yang diperlukan untuk memperbaiki rambut yang rusak.

15. Sumber energi

Asam lauric, lemak jenuh yang dominan ada dalam minyak kelapa, adalah asam lemak rantai menengah. Tubuh memakai asam ini secara berbeda dibanding asam rantai panjang yang ada dalam makanan berlemak. Asam lemak rantai menengah diproses oleh hati dan diubah menjadi energi oleh sel tubuh. Itu sebabnya asam lemak ini dapat membantu penurunan berat badan.

16. Meningkatkan kolestrol baik

Konsumsi minyak kelapa dapat meningkatkan kolestrol baik (HDL) dan juga kolestrol jahat (LDL) dalam tubuh. Meskipun sama-sama naik, bukti menunjukkan bahwa minyak kelapa membawa manfaat baik terhadap lemak tak jenuh.

17. Manfaat antimikroba dan antioksidan

Minyak kelapa memiliki kandungan untuk memberantas serangga. Meskipun riset terhadap hal ini masih minim, minyak kelapa ternyata juga mampu melawan virus, bakteri, atau infeksi jamur tertentu seperti flu, bronktis, jerawat, dan sebagainya. Selain itu, minyak kelapa murni mengandung senyawa fenolik sebagai antioksidan.

18. Bahan untuk memasak

Banyak masakan yang cocok dimasak dengan minyak kelapa, terutama pembuatan roti dan masakan tumis yang tidak terlalu panas. Minyak kelapa cocok untuk memasak karena rasa yang lebih lembut dan stabil saat dimasak.

19. Melindungi tubuh dari penyakit kronis

Lemak minyak kelapa mengandung medium chain triglycerides yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan asam laurat. 50 persen kandungan lemak di minyak kelapa hampir semuanya adalah asam laurat yang sering juga disebut sebagai senyawa ajaib. Tubuh akan mengubah asam laurat ini menjadi monolaurin yang memiliki kandungan anti mikroba, anti virus, dan anti protozoa. Minyak kelapa juga menjaga kesehatan jantung, meningkatkan metabolisme, menjaga massa tubuh, mengontrol diabetes tipe 2, meredakan dan menyembuhkan gangguan pencernaan, maag, radang usus, IBS, penyakit Crohn, dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

20. Mencegah iritasi pada ibu menyusui

Bagi ibu menyusui, minyak kelapa juga bisa dijadikan krim yang bisa dioleskan ke puting susu untuk mencegah iritasi. Cukup lelehkan 2 sdt bubuk cokelat, 1 sdt minyak zaitun, dan 2 sdt minyak kelapa. Krim ini bisa memperlancar regenerasi kulit dan menjaga kelembaban kulit.

21. Membantu program diet

Minyak kelapa memperlambat proses pencernaan dan membuat kamu merasa kenyang lebih lama, sehingga mengakibatkan penurunan berat badan dengan cepat.

22. Merawat peralatan rumah tangga

Gunakan untuk memoles peralatan stainless steel dengan gerakan melingkar, gosok peralatan dengan kain lembut dan beri minyak kelapa.

Minyak kelapa tidak hanya bermanfaat untuk keperluan dapur, namun bahan alami ini pun bisa kamu manfaatkan dalam ritual kecantikanmu. Selain berfungsi sebagai bahan bakar, minyak kelapa juga berkhasiat untuk menghilangkan infeksi bakteri dan jamur. Selain itu juga berfungsi untuk kesehatan kulit. Minyak kelapa murni bersifat anti bakteri, anti jamur dan antibiotik yang sangat baik untuk kesehatan tubuh seseorang.

0 komentar