Potensi Usaha di Kampung

Potensi Usaha di Kampung
Potensi Usaha di Kampung

Potensi usaha di kampung dengan modal kecil yang menguntungkan dapat disimak dalam artikel singkat di bawah ini antara lain :

1. Ternak Jangkrik


Bukan hanya jangkrik saja yang banyak di desa, bahkan persediaan pakan jangkrik pun sangan banyak di desa. Seperti daun singkong, rumput dll. Tempat bisa di dalam rumah, di kandang dan perlu menyita banyak tempat. Selain itu pemeliharaan jangkring sangatlah ringan hanya dengan memberikan pakan jangkring secara rutin , memberikan suhu ruangan yang pas, memberikan penerangan dan juga selalu menjaga kebersihan kandang karena juga dapat menggangu kualitas dari jangkrik tersebut jika tidak rutin dibersihkan.

2. Budidaya Lele Dan Ikan Nila


Di katakana cocok karena lahan didesa sangat luas bukan hanya cukup satu kolam saja bahkan sampai berhektas-hektar kolam. Selain pemeliharaan yang tidak sulit budidaya ikan juga sangat menguntungkan .

Pakan ikan pun juga dapat di cari dengan mudah , bukan hanya makanan pokok pellet saja ikan juga bisa diselingi makan dengan bangkai ayam ataupun jeroan kambing yg kita dapat dengan cara percuma di desa.

Pemasaran ikan pun tidaklah sulit selain kita dapat menjual di pasara ikan kita juga menjualnya di berbagai warung makan , restoran bahkan bisam sampai di ekspor ke luar negeri.

3. Ternak Burung Lovebird


Bagi para pecinta burung, didesa sangatlah cocok untuk memelihara burung ini. Bukan hanya suaranya saja atau bahkan buat hobi-hobi semata tetapi lovebird juga mengasilkann uang dengan berjuta-juta .

Selain harganya memamng mahal lovebird di desa juga iku serta ajang kejuaraan burung yang biasa di sebut kicau mania. Di ajang kejuaraan selain bisa meningkatkan harga jual burung , burung tersebut juga mendapatkan sertifikat, piala serta uang hadiah . burung tersebut di niali dari suara kicau annya yg paling merdu .

Harga burung lovebird dapat mencapai 250.000 sampai 3.000.000 tergantung warna dan suara. Selain gampang perawatanya burung tersebut juga tidak banyak menyita tempat untuk memeliharanya.


4. Berkebun


Selain pekerjaan utama di desa. Berkebun juga menghasilkan hasil yang banyak dan mencukupi. Karena lahan nya yang cocok untuk bertanam dan dapat menghasilkan tanaman yang subur-subur.
Seperti tanaman tembakau, sayuran ,cengkeh, teh, kopi dll. Selain untuk dipasarkan di berbagai kota saja hasil berkebun tersebut banyak yang di eksport ke luar negeri untuk dijadikan bahan pakan yang khas.

Beberapa contoh usaha kebun di desa :
Pisang
Singkong
Jagung
Sayuran
Buah-buahan
Cabe
Bibitkaretdansawit

5. Dagang Kuliner Sederhana


Selain bermata pencaharian sebagai petani orang desa biasa dengan berdagang. Seperti berdagang hasil perkebunan seperti buah-buah an dan sayuran di pasar. Serta berdagang aneka kuliner sederhana seperti es buah, bakso, batagor dan makanan lain nya.

Selain bahan yang mudah didapat , orang desa selalu mengolah makanan baku menjadi makanan yang unik dan tradisional. Selain mudah dan praktis berdagang dapat menghasilkan banyak keuntungan terutama di desa , tapi tidak sedikit juga orang desa yang berani meratau hanya untuk berdagang di kota orang.

6. Usaha Bengkel


Selain alat yang kurang memadai di desa juga jarang orang mempunyai kemampuan untuk bengkel atau men onderdil sepeda motor. Bahkan untuk tambal ban saja sangat sulit di temukan. Maka keuntungan yang di dapat oleh bengkel juga lumayan , usaha ini juga mempermudah orang desa sekitar untuk mengonderdil sepeda motornya tidak perlu jauh-jauh.

Itu tadi potensi usaha di kampung yang bisa anda coba sendiri.

0 komentar