Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Tubuh Manusia
Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Jahe - Jahe atau bahasa latinnya Zingiber Officinale merupakan salah satu tanaman rimpang yang banyak digunakan sebagai rempah-rempah dan juga sebagai bahan obat. 

Jahe adalah salah satu rempah berbentuk rimpan yang mudah ditemui di pasar tradisional Indonesia. Manfaat jahe dapat digunakan untuk dijadikan sebagai penghangat tubuh. Terlebih pada cuaca yang dingin atau hujan. 

Manfaat jahe bagi kesehatan tubuh manusia karena kandungan senyawa berupa minyak atsiri yang salah satu khasiatnya adalah memberi kehangatan pada tubuh saat cuaca dingin di malam hari.

Jahe dibedakan menjadi tiga jenis berdasarkan ukuran, bentuk, dan warna rimpangnya. Berbagai varietasnya, seperti:

Jahe putih atau jahe kuning besar 

Jahe putih atau jahe kuning besar yang disebut juga jahe gajah atau jahe badak. Dinamakan seperti demikian karena bentuk rimpang yang besar namun rasa yang dihasilkan tidak terlalu pedas dibandingkan dengan kedua varietas lainnya. Daging jahe berwarna kuning hingga putih. Jenis jahe ini bisa dikonsumsi baik saat jahe tersebut masih muda maupun sudah tua. Bisa dimanfaatkan dalam bentuk jahe segar atau jahe olahan.

Jahe putih atau jahe Kuning kecil 

Jahe putih atau jahe kuning kecil yang disebut juga dengan jahe sentil atau jahe emprit. Ini merupakan jenis jahe yang lebih sering dijadikan bumbu masakan untuk masyarakat lokal. Hasil masakan yang diberi bumbu jahe akan memberikan aroma dan rasa yang cukup tajam. Ukuran rimpang lebih kecil dibanding jahe gajah dan memiliki warna kuning. Jahe ini bisa dipanen setelah berumur tua. kandungan minyak atsirinya lebih besar dari pada jahe gajah, sehingga rasanya lebih pedas dan seratnya lebih tinggi. Jahe ini cocok untuk ramuan obat-obatan atau untuk diekstrak menjadi oleoresin dan minyak atsiri. 

Jahe Merah

Jahe merah menyimpan kandungan minyak atsiri paling banyak dibanding jenis lain, karena rasanya yang pedas dari jahe merah banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan jamu dan obat. Rimpang berukuran paling kecil dengan balutan kulit berwarna merah serta menyimpan serat yang lebih banyak dibanding jahe biasa. Jahe ini cocok untuk ramuan obat-obatan atau bumbu dapur dan aneka keperluan lainnya. Jahe merah dapat digunakan sebagai bumbu masak terutama berkhasiat untuk menambah nafsu makan, memperkuat lambung, dan memperbaiki pencernaan. Hal ini dimungkinkan karena terangsangnya selaput lendir perut besar dan usus oleh minyak atsiri yang dikeluarkan rimpang jahe.


Menurunkan berat badan

Jahe berfungsi juga untuk melebarkan pembuluh darah yang membakar kalori menjadi panas tubuh. Selain itu, jahe hanya mengandung sedikit kalori sehingga tidak berkontribusi menaikan berat badan. Seduhan jahe setiap hari sangat baik sekali untuk menjaga kesehatan dan metabolisme tubuh. 

Mengatasi gangguan pencernaan

Gangguan kesehatan yang menyerang sistem pencernaan seperti kram dan rasa sakit yang timbul menjelang haid dapat ditepis dengan minum air jahe secara rutin.

Mengatasi mual pagi pada ibu hamil

Ibu hamil terkadang mengalami mual pagi karena pencernaan sedikit terganggu. Untuk mengurangi rasa mual tersebut, ibu hamil bisa minum kopi atau wedang jahe yang hangat setiap kali merasakan mual ketika bangun tidur.

Mencegah kanker usus

Rutin konsumsi makanan atau minuman yang berbahan dasar jahe dapat mencegah penyakit kanker koloretal (usus besar).

Mengobati alergi

Manfaat jahe sebagai anti-alergi, sebab di dalamnya terdapat kandungan senyawa yang efektif dalam mengurangi rasa gatal akibat alergi sekaligus mengobatinya.

Menghilangkan mual dan mengobati masuk angin

Masalah pada pencernaan terkadang membuat perut jadi mual ingin muntah dan masuk angin. Cobalah minum air seduhan rimpang jahe agar lambung menjadi nyaman dan perut terhindar dari masalah seperti kram.

Mengobati penyakit rematik

Caranya dengan membakar dua rimpang jahe di atas api panas atau bara. Setelah itu tumbuk sampai halus, dan aplikasikan pada bagian tubuh yang terkena rematik. 

Mengobati jerawat

mengonsumsi atau menjadikan jahe sebagai masker alami wajah, dapat membantu mencegah timbulnya jerawat. Mengonsumsi jahe dianjurkan supaya 4 gr/hari. Karena kalau dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan efek samping seperti iritasi, mules, dan diare.

Sebagai detoksifikasi alami tubuh

Sebagai detoksifikasi alami tubuh, jahe dapat membantu membersihkan kotoran di dalam tubuh. Jahe mampu memperbaiki atau meningkatkan kinerja sistem pencernaan. Selain menghangatkan tubuh, jahe juga membantu menyingkirkan racun dari dalam tubuh. 

Menurunkan tekanan darah tinggi

Jahe memiliki kemampuan dalam melebarkan pembuluh darah dan merangsang pelepasan hormon adrenalin. Oleh karena itu, darah akan mengalir lebih cepat dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Mencegah terjadinya penggumpalan darah dan melancarkan peredaran darah

Jahe mengandung senyawa yang bernama gingerol, yang merupakan salah satu senyawa yang bisa mencegah terjadinya pergumpalan darah. Gingerol yang terdapat pada jahe bersifat antikoagulan yang akan mencegah terjadinya penggumpalan dalam darah. Dengan mencegah penggumpalan dalam darah, tubuh akan terlindung dari penyakit stroke dan juga serangan jantung, karena tersumbatnya pembuluh darah merupakan penyebab utama penyakit stroke dan juga serangan jantung.

Mengobati migrain dan sakit kepala lainnya

Jahe dapat menghentikan prostaglandin. Prostaglandin merupakan salah satu faktor penyebab sakit kepala. Dengan demikian, jahe dapat untuk mengurangi migrain atau sakit kepala sebelah.

Mengobati demam dan batuk 

Gingerol pada jahe yang sebelumnya sudah dijelaskan dapat melancarkan peredarah darah, kandungan gingerol juga dapat digunakan untuk mengurangi demam dan batuk. Mengkonsumsi jahe berarti menekan timbulnya efek samping seperti yang terkandung dalam kandungan obat-obatan kimia.

Mencegah perut buncit 

Dengan mengkonsumsi jahe secara rutin dan sebelum makan dapat mencegah terjadinya perut buncit. Karena jahe bermanfaat untuk melancarkan metabolisme dan pencernaan. Peningkatan metabolisme tersebut yang berdampak akan mempercepat pembakaran kalori dan meratakan perut buncit.

Mengobati sakit gigi

Nyeri gusi dan sakit gigi ternyata dapat juga dicegah dengan meminum minuman air jahe. Hal ini karena jahe bersifat antijamur dan antibakteri.

Melancarkan siklus menstruasi

Manfaat jahe salah satunya dapat bermanfaat untuk menjaga keteraturan siklus menstruasi bagi wanita. Jahe yang dicampurkan dengan gula merah dalam teh dapat mengurangi rasa kram pada saat datang bulan dan melancarkan proses menstruasi.

Mengobati arthritis

Kandungan pada jahe sudah diyakini mengandung komponen yang dapat menghambat COX. COX merupakan salah satu bahan kimia tubuh yang bertanggung jawab tentang timbulnya peradangan. 

Pertolongan pertama pada luka gigitan ular

Untuk mengobati luka gigitan ular, tumbuk rimpang dan diberi sedikit garam, lalu tempelkan pada luka bekas gigitan ular beracun sebagai pertolongan pertama, sebelum dibawa ke rumah sakit.

Selain itu, masih banyak manfaat dan khasiat jahe untuk tubuh. Kamu juga bisa menggunakannya sebagai masker alami yang dapt mencerahkan kulit, mengobati jerawat, dan menghilangkan noda bekas luka atau jerawat.

0 komentar