Khasiat dan Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan
Khasiat dan Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan

Manfaat Kunyit - Indonesia terkenal dengan rempah-rempahnya, termasuk kunyit. kunyit merupakan salah satu bumbu dapur yang sangat sering dipakai untuk memasak, karena cita rasanya yang khas. 

Kunyit tergolong dalam kelompok jahe-jahean, Zingiberaceae. Kunyit atau kunir adalah salah satu tanaman rempah-rempah dan obat asli dari Asia Tenggara. Tanaman ini kemudian mengalami penyebaran ke daerah Malaysia, Indonesia, Australia bahkan Afrika. Kunyit ini memiliki nama panggilan yang berbeda di tiap daerah, contohnya Saffron (inggris), Kurkuma (Belanda), Koneng (Sunda), Kunir (Jawa), Konyet (Madura). 

Kunyit memiliki sejumlah kandungan, diantaranya zat warna kurkuminoid, yaitu sebuah senyawa diarilheptanoid sekitar 3 sampai 4% dan yang terdiri dari Kurkumin , dihidrokurkumin, desmetoksikurkumin dan bisdesmetoksikurkumin. Juga mengandung minyak atsiri sebanyak 2 sampai 5% yang terdiri dari seskuiterpen dan turunan fenilpropana turmeron (aril-turmeron, alpha turmeron dan beta turmeron), kurlon kurkumol, atlanton, bisabolen, seskuifellandren, zingiberin, aril kurkumen, humulen. Mineral yang terdapat pada kunyit, yaitu: magnesium besi, mangan, kalsium, natrium, kalium, timbal, seng, kobalt, aluminium dan bismuth. Zat lain yang juga ada dalam kunyit adalah arabinosa, fruktosa, glukosa, pati, dammar, dan tannin.

Kandungan utama kunyit kurkumin dan minyak atsiri, berfungsi untuk pengobatan hepatitis, antioksidan, gangguan pencernaan, anti mikroba, anti kolesterol, anti HIV, anti tumor (menginduksi apostosis), menghambat perkembangan sel tumor payudara, menghambat ploriferasi sel tumor pada usus besar, anti invasi, anti rheumatoid arthritis (rematik). Diabetes melitus, tifus, usus buntu, disentri, sakit keputihan, haid tidak lancar, perut mulas saat haid, memperlancar asi, amandel, berak lendir, morbili, dan cangkrang (waterproken).

Kunyit juga berkhasiat untuk mendinginkan badan, membersihkan, mempengaruhi bagian perut khususnya pada lambung, merangsang dan melepaskan lebihan gas di usus, menghentikan pendarahan, dan mencegah penggumpalan darah. Kunyit juga digunakan sebagai obat anti gatal, anti septik, anti kejang, serta mengurangi pembengkakan selaput lendir mulut. Kunyit dikonsumsi dalam bentuk perasan yang disebut filtrat, juga diminum sebagai ekstrak atau digunakan sebagai salep untuk mengobati bengkak dan terkilir. Kunyit juga berkhasiat untuk menyembuhkan hidung yang tersumbat. Dan dapat menyembuhkan bagian tubuh yang bengkak maupun terkilir.

Jenis-Jenis Kunyit

Kunyit Kuning

Kunyit Kuning merupakan kunyit yang paling sering dipergunakan dan mudah dijumpai di Indonesia. Kunyit Kuning biasa dijadikan sebagai bahan bumbu masakan untuk menambah rasa khas pada masakan. 

Kunyit Putih

Kunyit putih ini memiliki daging yang berwarna putih. Kunyit putih tidak termasuk ke dalam keturunan curcumae, karena memiliki warna yang putih. Kunyit putih sering juga disebut sebagai temu rapet atau temu putri.

Kunyit Merah

Kunyit merah hampir sama dengan kunyit kuning, hanya saja warnanya lebih kemerah-merahan. Kunyit ini juga biasa dipakai sebagai bumbu dapur. dan dapat mengobati berbagai penyakit baik ringan ataupun berat.

Kunyit Hitam

Kunyit hitam merupakan salah satu tumbuhan yang sangat langka, sehingga sangat sulit untuk menemukannya. Kunyit hitam biasanya sering kaitkan dengan hal mistik. Kunyit hitam dapat mengobati kista dan membuat seseorang menjadi awet muda. Kunyit hitam pada dasarnya memiliki bentuk yang sama seperti kunyit, hanya saja dagingnya berwarna biru kehitaman atau ungu kehitaman.

Beberapa Manfaat dan Khasiat Kunyit

Mengobati penyakit ginjal

Kunyit bisa dipakai untuk menyembuhkan beberapa hal yang berkaitan dengan penyimpangan pada kerja ginjal. Penggunaan kunyit sangat efektif, yaitu dengan meminum segelas jus kunyit selama 2 minggu berturut-turut. Caranya, ambil segenggam kunyit, lalu kupas dan parut atau jus dengan. Didihkan 2 sampai 3 kali (biasa ditandai dengan pemuaian). Tambahkan garam sedikit, saring dan peras. Kemudian tuangkan perasan jeruk nipis sesuai selera, dan tambahkan gula atau madu. Minum dalam keadaan hangat.

Ramuan ini juga berguna untuk menyembuhkan flu atau demam pada ibu yang hamil, namun tidak perlu dilakukan setiap hari, biasanya 1 sampai 2 hari sudah bisa sembuh. Bila dikonsumsi oleh ibu hamil, dipercaya bayi yang lahir akan bersih dari lemak-lemak yang seringkali menempel dan menutupi seluruh badan bayi.

Meredakan sakit perut

Rasa mulas atau sakit perut dapat hilang dengan mengosumsi kunyit. Kunyit efektif untuk mengatasi perut mulas dan gejala gangguan pencernaan dibandingkan pemberian plasebo.

Mencegah serangan jantung

Kunyit mengandung kurkumin. Kandungan kurkumin pada kunyit yang dinilai mampu mencegah serangan jantung. Caranya, ambil segenggam kunyit, lalu kupas dan parut atau jus dengan. Didihkan 2 sampai 3 kali (biasa ditandai dengan pemuaian). Tambahkan garam sedikit, saring dan peras. Kemudian tuangkan perasan jeruk nipis sesuai selera, dan tambahkan gula atau madu. Minum dalam keadaan hangat.

Melawan kanker

Kurkumin dapat mengganggu pertumbuhan atau perkembangan sel kanker. Kurkumin juga dipercaya dapat mencegah penyebaran sel kanker. Kurkumin bahkan mampu membunuh sel-sel kanker, mengecilkan tumor, serta meningkatkan efek kemoterapi pada hewan. 

Melindungi fungsi otak

Ar-turmeron atau turmeron aromatik yang juga terdapat pada kunyit dapat membantu perbaikan sel-sel batang di otak. Efek ar-turmeron berpengaruh terhadap sel punca. Sel punca berkaitan dengan pemulihan penyakit neurodegenerative seperti stroke dan alzheimer. Ar-turmeron berpotensi menjadi obat untuk penyakit yang menyerang otak itu. Konsumsi kunyit juga dapat meningkatkan ingatan pada pasien alzheimer.

Mengurangi nyeri sendi

Kurkumin  dianggap agen farmakologis utama dalam kunyit. Ini membuat manfaat kunyit sama dengan obat ibuprofren yang dapat mengurangi nyeri pada sendi penderita osteoarthritis lutut. Kandungan minyak volatile dalam kunyit telah menunjukkan aktivitas anti-inflamasi. Bahkan lebih kuat dari minyak atsiri. Hal ini dikarenakan pigmen kuning atau oranye dari kunyit yang disebut kurkumin . 

Menetralisir radikal bebas

Kurkumin dalam kunyit juga memiliki efek antioksidan yang sangat kuat. Sebagai antioksidan, kurkumin mampu menetralisir radikal bebas, bahan kimia yang dapat dalam tubuh dan menyebabkan berbagai kerusakan pada sel-sel sehat dan membran sel. Hal ini penting dalam banyak penyakit, salah satunya adalah radang sendi, dimana radikal bebas merupakan penyebab peradangan sendi yang menyakitkan dan kerusakan pada sendi. Selain itu, kurkumin juga meningkatkan aktivitas enzim antioksidan di dalam tubuh sendiri. Dengan cara ini, kurkumin  memberikan perlawanan dan membunuh radikal bebas.

Melindungi usus

Kandungan antioksidan kurkumin memungkinkan untuk melindungi sel-sel usus besar dari radikal bebas yang dapat merusak DNA. Kurkumin  juga membantu tubuh untuk menghancurkan sel-sel kanker, sehingga mereka tidak dapat menyebar ke seluruh tubuh yang dapat membuat kerusakan yang lebih parah. Cara utama kurkumin melakukannya adalah dengan meningkatkan fungsi hati. Kurkumin yang dapat melindungi dari perkembangan kanker dengan menghambat sintesis protein dianggap berperan dalam pembentukan tumor dan mencegah perkembangan suplai darah tambahan yang diperlukan untuk pertumbuhan sel kanker.  Beberapa kanker yang dapt dicegah dengan mengonsumsi kunyi adalag kanker hati, kanker usus besar, kanker darah, dan kanker prostat.

Mencegah depresi

Depresi berkaitan dengan menurunnya fungsi neurotropik yang diturunkan dari otak dan menyusutnya hippocampus, area otak yang berperan dalam belajar dan memori. karena kandungan kunyit memiliki fungsi untuk membantu proses neurotropik ini membuatnya dapat memberikan efek anti depresi.

Mencegah oksidasi kolesterol dalam tubuh

Kolesterol teroksidasi dapat merusak pembuluh darah dan menumpuk di plak yang dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke. Mencegah oksidasi kolesterol baru dapat membantu mengurangi perkembangan aterosklerosis dan penyakit jantung.

Mengatur insulin

Pankreas menghasilkan insulin dalam tubuh manusia, dan anti-glikemik dalam kunyit mengatur dan menyeimbangkan kadar insulin, serta mencegah resistensi insulin dengan menurunkan gula darah juga trigliserida dalam tubuh.

Mengurangi lemak

Kunyit membantu mencegah diabetes dengan mengendalikan berat badan melalui kandungan kurkumin. Selain itu, kandungan kurkumin juga dapat menghilangkan dan mencegah akumulasi lemak berbahaya pada tubuh.

Mencegah infeksi

Patogen seperti virus Coxsackie B4 dikatakan dapat meningkatkan risiko diabetes tipe-1. Sifat antivirus, anti-bakteri, dan antibiotik kunyit dapat mencegah infeksi ini yang pada akhirnya mengobati diabetes dan mengontrolnya.

Beberapa manfaat kurkumin dalam kunyit untuk tubuh


  • Menghambat mutagenisitas hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH) (bahan kimia karsinogenik yang diciptakan oleh pembakaran bahan bakar berbasis karbon termasuk asap rokok)
  • Menghambat radiasi kerusakan kromosom
  • Mencegah pembentukan amina heterosiklik berbahaya dan senyawa nitroso, yang terdapat pada makanan olahan tertentu, seperti produk daging olahan yang mengandung nitrosamin.
  • Menghambat perbanyakan sel leukemia dalam kultur sel
  • Kunyit merupakan sumber vitamin B6 yang diperlukan untuk menjaga tingkat homocysteine agar tidak terlalu tinggi. Asupan B6 merupakan salah satu asupan tinggi vitamin B6 dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung.

Selain berkhasiat untuk kesehatan, kunyit juga memiliki efek samping untuk tubuh

Gangguan lambung

Karena sifat pedas yang dimilikinya, mengonsumsi kunyit dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan gangguan lambung.

Merangsang rahim

Wanita hamil dan ibu menyusui perlu berhati-hati untuk tidak menggunakan kunyit terlalu banyak. Hal ini dikarenakan kunyit dikenal sebagai stimulan rahim yang dapat mendorong aliran menstruasi.

Memicu pendarahan

Kunyit dapat menghambat penggumpalan trombosit sehingga dapat mencegah penggumpalan darah. Tapi kunyit ternyata juga dapat memicu pendarahan. 

Menurunkan efek kemoterapi

Kunyit memiliki efek tersendiri terhadap kemoterapi, sehingga sebaiknya jangan menggunakan suplemen kunyit saat sedang menjalani kemoterapi.

Selain sebagai bumbu makanan, kunyit juga menyimpan manfaat dan khasiat besar untuk tubuh. Saat kamu sakit atau ingin membugarkan tubuh, kamu bisa meminum ramuan kunyit ini dan rasakan manfaatnya untuk kesehatan tubuhmu. Namun untuk menghindari efek sampingnya, sebaiknya jangan terlalu rutin meminumnya, jika kamu tidak yakin memiliki masalah kesehatan yang justru memicu buruk terhadap tubuh saat mengonsumsi kunyit.

0 komentar