Manfaat Buah Semangka Kuning Bagi Kesehatan

Buah semangka atau bernama latin Citrullus lanatus adalah kerabat dekat dengan melon, ketimun, dan juga labu-labuan. Tanaman ini tumbuh dengan merambat di permukaan tanah, sehingga untuk mengambil buahnya sangatlah mudah.

Manfaat Buah Semangka Kuning Bagi Kesehatan
Manfaat Buah Semangka Kuning Bagi Kesehatan

Semangka Kuning bermanfaat untuk seluruh anggota tubuh kita, dengan mengkonsumsi buah ini adalah cara yang baik dan bagus untuk membuat pembuluh darah tetap rileks. Sepotong buah semangka yag dingin dan segar memang menggiurkan dijadikan untuk makanan sehat. Tapi tidak disangka bahwa buah bulat ini berkadar air yang tinggi ini memiliki manfaat serta khasiat yang luar biasa yang nyaris.

Peneliti di Texas Amerika Serikat yang dilansir AP, melaporkan bahwa buah semangka mengandung zat bernama citrulline di dalamnya.  Zat ini juga mampu memproduksi senyawa kimia yang dapat membantu pembuluh darah agar lentur dan rileks.

Citrulline bereaksi dengan zat enzim tubuh ketika dimakan dengan dalam jumlah yang cukup banyak. Zat ini kemudian berubah menjadi arginine serta asamamino yang bermanfaat untuk jantung, kekebalan tubuh dan sistem peredaran darah.

Menurut penelitian dan riset, citrulline banyak ditemukan di Kulit Semangka Kuning sekitar 60 % dari pada di dagingnya. Akan Tetapi, persentasenya bervariasi karna tidak seluruhnya sama. Citrulline pun bisa ditemukan pada seluruh warna buah semangka atau pun Semangka Merah Akan tetapi kandungan Cutrulliner yang paling tinggi terdapat di dalam Buah Semangka Kuning.

Sedangkan Departemen Pertanian di kota Amerika Serikat di Lane, berpendapat bahwa penelitian dan riset yang dilakukan Patil: untuk memproleh kandungan citrulline yang mampu meningkatkan kadar arginine di dalam tubuh, seseorang harus mengkonsumsinya setidaknya 6 gelas (1,4 liter) buah semangka.

Berikut adalah manfaat semangka kuning :


1. Menyehatkan Organ Ginjal

Mengkonsumsi buah semangka akan membantu meningkatkan aliran urine. Dengan lancarnya aliran urine, maka akan berdampak pula pada kesehatan organ ginjal di dalam tubuh. Dengan kemampuan diuretik dan ginjal, buah semangka juga mampu mengurangi kelebihan cairan dalam tubuh. Sebuah penelitian yang dibiayai oleh USDA,  nitrat oksida dapat membantu pasien penderita tekanan darah tinggi, angina, dan penyakit kardiovaskuler yang lainnya.

2. Meredakan Nyeri Otot

Mengonsumsi semangka sangat efektif untuk mengurangi rasa sakit yang dihasilkan ketika mengalami nyeri di bagian otot. Kandungan citrulline dalam buah semangka akan dikonversi menjadi L-arginine, asam amino, dan lemak esensial yang membantu mengurangi nyeri otot pasca-latihan.

3. baik untuk pembuluh darah 

Para ahli berpendapat bahwa buah yang berwarna kuning ini kaya akan kandungan senyawa bernama citrulline. Senyawa tersebut berfungsi untuk merangsang senyawa-senyawa lainnya yang ada di tubuh. Hal ini memberikan dampak positif yang dapat membantu pembuluh darah lebih fleksibel dan rileks. Jika dibandingkan dengan senyawa viagra, senyawa citrulline pun memiliki kandungan yang sama.

4. Meredakan demam dan sariawan

Pada jaman dahulu buah semangka kuning dipercaya memiliki khasiat untuk mengobati sariawan dan menurunkan demam. Jadi sebelum mencoba menggunakan obat tertentu, coba dulu buah ini tapi hindari dalam kondisi dingin.

5. Mengurangi Lemak Pada Tubuh 

Semangka merupakan jenis buah yang kaya akan kandungan citruline yang mana berperan mengurangi lemak berlebih yang berada di dalam tubuh kamu. Buah semangka kuning memiliki kandungan gula yang sangat aman, baik bagi penderita diabetes sekali pun. Mineral dan serat dalam buah semangka merupakan asupan nutrisi yang baik diperlukan oleh tubuh saat menjalankan diet.

6. Melancarkan saluran pencernaan

Buah semangka kuning mengandung serat alami untuk mengatasi berbagai permasalahan serta gangguan saluran pencernaan lainnya. Penyakit sembelit serta sulit buang air besar juga dapat diobati dengan menyantap buah jenis ini. Dengan mengkonsumsi buah semangka secara teratur setiap hari, Kamu bisa terhindar dari penyakit semacam sembelit yang menyusahkan tersebut.

7. Anti dehidrasi

Manfaat semangka kuning lainnya adalah untuk menyegarkan tubuh dan menghilangkan rasa dahaga. Kadar air di dalam semangka cukup tinggi sehingga ia sangat ideal dikonsumsi saat haus. Kandungan mineralnya juga melimpah. Jadi bisa juga mengatasi rasa haus sehingga terhindar dari dehidrasi, serta berperan agar tubuh kita tidak cepat merasa lelah. Selain itu, tingginya vitamin C juga membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Sehingga tubuh tidak akan mudah sakit di saat cuaca kurang baik atau sangat ekstrem.

8. Mengobati tekanan darah tinggi

Buah semangka merupakan sumber makanan penghasil kalium yang tinggi. Kandungan kalium dalam buah semangka, mampu mengurangi resiko peningkatan penyakit hipertensi bahkan stroke.

9. Menangkal radikal bebas

Kandungan antioksidan yang kuat dalam buah semangka, seperti likopen, vitamin C dan vitamin A, membantu tubuh melawan radikal bebas. Dengan begitu, kamu bisa menghindari masalah yang dapat menjadikan kulit keriput, timbul garis-garis halus disertai bintik-bintik pada wajah. Adanya senyawa likopen juga membantu memerangi penyakit kanker. 

10. Melancarkan sirkulasi darah

Menikmati buah ini selain menyegarkan, juga akan memperlancar aliran darah serta menyehatkan organ vital yaitu jantung. Peranan ini penting ini dilakukan oleh senyawa asam amino yang juga berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh dari serangan penyakit.

11. Menyehatkan Mata

Buah semangka kuning juga mengandung betakaroten yang akan diubah di dalam tubuh menjadi vitamin A. Vitamin A merupakan vitamin yang akan menyehatkan organ penglihatan kamu.

12. Memperkuat Tulang Tubuh

Buah semangka kuning merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan kalium, yang berfungsi untuk mempertahankan kalsium dalam tubuh. Sehingga tulang dan sendi akan lebih sehat, kuat, dan tidak mudah keropos.

Demikian informasi tentang Manfaat Buah Semangka Kuning. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia.

0 komentar