Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan Dan Efek Sampingnya

Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan Dan Efek Sampingnya
Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan Dan Efek Sampingnya

Nanas merupakan salah satu buah tropis yang berasal dari Brasil, Bolivia, dan Paraguay. Nanas mempunyai nama latin Ananas comosus dan termasuk dalam famili Bromeliaceae. Buah nanas banyak digemari di Indonesia. 

Buah nanas memiliki aroma yang sangat khas dan tajam dengan rasa campuran asam dan manis namun sangat menyegarkan karena kandungan airnya yang cukup tinggi. Selain dikonsumsi dengan cara biasa, nanas juga diolah menjadi beberapa makanan seperti jus nanas, manisan, sampai keripik nanas. Rasa keasaman pada nanas, sering membuat nanas dijadikan macam-macam hidangan kuliner seperti rujak, asinan atau sebagai bahan pelengkap pada resep masakan.

Buah nanas ini juga dapat dimanfaatkan sebagai alternative pengobatan untuk berbagai perawatan kecantikan dan kesehatan tubuh. Nanas kaya akan vitamin A dan C yang bersifat antioksidan. Selain itu juga mengandung kalsium, fosfor, magnesium, mangan, zat besi, thiamin, natrium, kalium, gula buah (sukrosa), serta enzim bromelain, suatu enzim protese yang bekerja sebagai pemecah protein. Nanas juga mengandung cukup banyak serat.

Kandungan Gizi Buah Nanas per 100 gram adalah sebagai berikut :

Energi: 52 kal
Protein: 0,4 g
Lemak: 0,2 g
Zat Besi: 0,3 mg
Vitamin A: 130 IU
Kalsium: 16 mg
Vitamin C: 24 mg
Vitamin B1: 0,08 mg
Air: 85,3 g
Fosfor: 11 mg
Karbohidrat: 13,7 g
Serat: 0,4 g

Apa Saja Manfaat Buah Nanas?

Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan
Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan

1. Anti inflamasi

Nanas mengandung enzim khusus yang disebut dengan Bromelain yang memiliki sifat-sifat anti-inflamasi, bahkan memiliki khasiat yang tak kalah dengan obat-obatan ampuh seperti NSAID dan steroid, terutama jika bromelain dikombinasikan dengan rempah-rempah seperti kunyit (kurkumin). Bromelain berkhasiat mengurangi nyeri sendi akibat asam urat/gout dan sebagian besar jenis arthritis, mengurangi sakit tenggorokan, menghentikan perkembangan tumor baru dan menyusutkan kanker, mengurangi pembengkakan pasca operasi, menghilangkan asam lambung naik, dan enzim pelengkap untuk mempromosikan dan mempercepat proses pencernaan dan motilitas usus.

2. Meningkatkan Imunitas

Vitamin C dalam nanas dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena efek antioksidan yang kuat. Selain itu, nanas mengandung  zat asam amino yang kaya. Zat asam amino membantu peningkatan sistem kekebalan tubuh dan menjaga ketersediaan energi pada tubuh agar tidak kelelahan.

3. Mencegahan Degenerasi Makula

Degenerasi makula adalah gangguan kesehatan mata yang menyebabkan kesulitan untuk membaca dan mengenali sesuatu dengan benar. Zat beta karoten yang terdapat pada manfaat wortel, juga ada dalam nanas yang memberdayakan penglihatan dan harus dikonsumsi secara teratur untuk kesehatan mata.

4. Membantu mengobati flu dan peradangan sinus

Buah nanas memiliki kandungan vitamin C dan enzim bromelain yang tinggi, dapat terjadi pengurangan lendir yang signifikan pada tenggorokan dan hidung. Saat ini memang banyak sekali cara untuk meredakan radang tenggorokan. Tapi tidak dengan cara dan bahan yang alami seperti dengan buah nanas ini. Cobalah konsumsi buah nanas dalam bentuk yang sudah diolah seperti jus.

5. Membantu Pencernaan

Menurut American Cancer Society, nanas mengandung sejumlah besar bromelain, enzim yang memecah protein, mungkin membantu pencernaan. Nanas juga mengandung banyak sekali serat alami dan baik untuk melancarkan pencernaan manusia. Pencernaan yang lancar ini dapat membantu dalam melancarkan buang air besar ataupun juga diare. Vitamin C yang terkandung juga dapat membantu sembelit. Selain itu enzim protease yang terkandung pada nanas mampu mencerna protein dalam tubuh.

6. Menurunkan Tekanan Darah

Berkat kandungan kaliumnya, nanas bermanfaat membantu mengendalikan tekanan darah tinggi. Seratnya mampu mencegah penyerapan lemak di saluran cerna sehingga tidak terjadi penimbunan di pembuluh darah yang bisa berakibat naiknya tekanan darah.

7. Meredakan Mual

Jus nanas yang segar dapat meredakan rasa mual, misalnya untuk mengatasi morning sickness. Hal ini cukup berguna untuk ibu hamil yang biasanya mengalami mual. Hal ini juga membantu orang-orang yang sedang melakukan perjalanan denga kendaraan, yang sering  menyebabkan mabuk.

8. Menguatkan Tulang

Tidak hanya manfaat susu yang mengandung kalsium untuk kesehatan tulang. Namun zat mangan hadir dalam jumlah yang melimpah di dalam nanas dan membantu memperkuat tulang dan jaringan ikat. Secangkir jus nanas akan memberikan sekitar 73% dari mangan yang diperlukan untuk hari. Sebuah studi menunjukkan hasil bahwa mangan bersama dengan mineral lainnya, dapat membantu dalam mencegah osteoporosis pada wanita asca menopause.

9. Menjaga Keelastisan Kulit

Nanas memberikan dukungan terhadap sintesis kolagen dalam tubuh. Semakin tinggi sintesis kolagen akan membuat kulit menjadi lebih elastis. Selain itu, nutrisi lain yang ada di dalamnya seperti asam amino dan vitamin C akan mempengaruhi sel-sel dan jaringan yang rusak agar diperbaiki dengan cepat. Gunakan jus nanas yang baru  pada wajah kemudian cuci menggunakan air hangat setelah 10 menit.

10. Memperbaiki Kulit Kaki

Buah nanas dapat menjadi scrub alami untuk kaki yang membantu dalam peluruhan kaki bersisik, kulit kapalan pada kaki dan mengembalikan kulit kaki menjadi halus dan lembut. Nanas juga dapat menangkan peradangan dan pembengkakan pada kulit kaki yang dipicu kulit kaki yang pecah-pecah.

11. Melembabkan Kulit

Kandungan yang kaya vitamin seperti pada manfaat buah semangka dan manfaat ketimun, nanas mengatasi kekurangan cairan pada tubuh dan kulit. Kulit yang kering terlihat kusam dan tidak menarik. Manfaat nanas akan memberikan efek hidrasi pada kulit. Campur sekitar 3 sendok makan nanas segar yang dihaluskan. Kemudian tambahkan kuning telur dan sedikit susu. Oleskan pada daerah kulit yang kering dan biarkan selama beberapa menit, lalu cuci bersih dengan air hangat.

12. Mengobati Asam Urat

Para ahli dan pakar telah merekomendasikan untuk mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung enzim bromelain dan kalium untuk mengatasi asam urat. Kandungan tersebut bersifat diuretik yang mampu membantu mengatasi masalah asam urat. Tentu tidak mengonsumsi nanas terlalu matang,  karena dapat mengakibatkan kadar asam urat naik.

13. Melembutkan dan Memperkuat Kuku

Kurangnya asupan vitamin A, bisa membuka peluang terjadinya kuku yang dan rapuh. Namun bisa menjadi lebih buruk, jika mengalami kekurangan vitamin B yang menyebabkan kuku retak dan terbelah. Tidak perlu menggunakan multivitamin untuk mencegah kondisi tersebut, hanya dengan mengkonsumsi nanas. Penerapan eksternal serta konsumsi internal yang benar-benar teratur bisa mengurangi kondisi tersebut, meringankan infeksi dan memperkuat dan melembutkan kuku.

14. Menurunkan Berat Badan

Enzim proteiolitik pada nanas menghambat penyerapan lemak dalam saluran pencernaan hingga terbuang bersama feses. Selain itu, vitamin C-nya juga menggiatkan proses pembakaran lemak sehingga tidak menumpuk di dalam tubuh. Enzim bromelain yang terdapat dalam nanas juga membantu pencernaan pada usus. Mengkonsumsi jus nanas membantu membakar lemak karena kandungan enzim bromelain ini bekerja sama dengan enzim lain yang terdapat pada perut yaitu enzim lipase, mencerna kandungan lemak pada makanan yang kita makan. 

Demikian informasi tentang Manfaat Buah Nanas. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia.

0 komentar