Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Buah alpukat atau yang mempunyai nama latin Persea americana dan termasuk dalam keluarga Lauraceae ini, adalah tanaman yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah.  Buah alpukat banyak dibudidayakan di Indonesia. 


Buah alpukat atau apokat pertama kali dikatakan oleh penduduk Suku Aztek yang tinggal di daerah Amerika Tengah dan Meksiko. Tumbuhan ini telah diperkenalkan kepada penduduk Eropa tengah abad ke-16 oleh Martin Fernandez de Enciso, seorang pemimpin pasukan Spanyol saat menjajah Amerika Tengah. Dari situlah Indonesia mengenal alpukat karena pada masa penjajahan Belanda banyak kiriman buah dengan tujuan sebagai pengisi perut. 

Saat ini, buah alpukat  merupakan salah satu dari sekian banyak buah yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita. Buah alpukat pun berhasil menjadi salah satu buah favorit untuk dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat. Dengan tekstur daging buah yang lembut, menjadikan buah ini mudah dikonsumsi dan sangat lezat di lidah. 

Buah ini juga diketahui memiliki banyak nilai nutrisi di dalamnya, termasuk karbohidrat, lemak, serat, protein, dan lainnya. 

Berikut ini kandungan gizi buah alpukat dalam 100 gram:

1. Kalori 85,00 kal
2. Protein 0,90 g
3. Lemak 6,50 g
4. Karbohidrat 7,70 g
5. Kalsium (Ca) 10,00 mg
6. Fosfor (P) 20,00 mg
7. Zat Besi (Fe) 0,90 mg
8. Vitamin A 180,00 S.I.
9. Vitamin B1 0,05 mg
10. Vitamin C 13,00 mg
11. Air 84,30 mg
12. Serat 1,40 g

Untuk mengkonsumsi alpukat sendiri, biasanya dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Ada orang yang suka mengkonsumsi alpukat begitu saja tanpa diolah terlebih dahulu, namun ada juga yang mengolah alpukat menjadi berbagai macam olahan, seperti jus buah alpukat dan juga es atau sop buah.

Manfaat Buah Alpukat

Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

1. Menurunkan kolesterol

Mengonsumsi buah alpukat diketahui bisa menurunkan kolesterol LDL (atau kolesterol jahat). Tak hanya itu, buah alpukat juga membantu menaikkan jumlah kolesterol HDL (kolesterol yang baik).

2. Menurunkan dan mengontrol tekanan darah

Buah alpukat diketahui bisa membantu menurunkan dan mengontrol tekanan darah. Hal ini karena adanya zat potasium yang terdapat dalam alpukat.

3. Mengontrol gula darah

Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal (mono-saturated fat) yang membantu mengatasi resistensi insulin. Dengan begitu, kandungan ini juga membantu tubuh untuk mengontrol tingkat gula dalam darah.

4. Melindungi dari kanker

Penelitian yang dilakukan pada hewan dengan memberi mereka makan ekstrak alpukat menunjukkan bahwa alpukat juga bisa membantu mencegah kanker kulit, kanker prostat, dan kanker mulut. Meski begitu, penelitian lanjutan pada manusia masih belum dilakukan dan masih terbatas.

5. Mencegah peradangan

Buah alpukat juga memiliki kandungan yang baik sebagai anti inflamasi dan juga anti peradangan. Penelitian juga menunjukkan bahwa selain nikmat, alpukat juga memiliki nutrisi yang bisa membantu mencegah peradangan. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk mencegah risiko penyakit yang berkaitan dengan munculnya peradangan pada tubuh.

6. Meningkatkan berat badan

Mengonsumsi alpukat adalah cara yang sehat untuk meningkatkan berat badan. Alpukat mengandung kalori yang cukup dan banyak nutrisi untuk membantu menaikkan berat badan. 

7. Menyehatkan kulit dan rambut

MInyak alpukat seringkali digunakan dalam kosmetik untuk melembapkan kulit dan membuatnya bercahaya. Selain itu, alpukat juga mengandung bahan yang bisa membuat rambut sehat dan indah. Vitamin E yang terdapat dalam buah alpukat akan melindungi kulit dari radiasi berbahaya sinar matahari. Dengan kandungan vitamin E yang tinggi ini, maka buah alpukat dapat membantu untuk menutrisi kulit dari dalam, yang bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit, mencerahkan kulit, mengangkat sel kulit mati, dan menjaga kehalusan kulit.

8. Memberikan energi bagi tubuh

Alpukat merupakan salah satu jenis buah yang memiliki kalori yang tinggi. Dengan mencampurkan gula pada pembuatan buah alpukat, maka anda akan memperoleh energi yang tinggi. Energi ini dapat anda manfaatkan untuk beraktivitas sehari-hari dan juga sebagai camilan yang sehat pada jam-jam tanggung.

9. Mampu menjaga kesehatan jantung

Buah alpukat sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini berhubungan erat dengan kelancaran dari peredaran darah dan juga meminimalisir penyumbatan pembuluh darah. Dengan terjaganya kesehatan jantung dengan baik, maka suplai darah ke seluruh tubuh akan menjadi lebih lancar. Penyumbatan pembuluh darah merupakan salah satu penyebab dari munculnya stroke.

10. Mambantu program diet

Dengan kandungan vitamin dan juga nutrisi yang tinggi, seperti serat, protein, dan berbagai mineral lainnya yang tinggi, buah alpukat sangat efektif untuk membantu program diet.

11. Baik untuk kesehatan mata

Buah alpukat ternyata juga memiliki kandungan vitamin A yang tinggi, meskipun tidak setinggi wortel. Vitamin A ini tentu saja sangat baik untuk kesehatan mata.  Masker alpukat juga mujarab untuk mengurangi kantung mata. Cukup oleskan masker alpukat di sekitar mata dan diamkan selama 20 menit.

10. Anti inflamasi

Kombinasi unik dari buah alpukat seperti Vitamin C dan E, karotenoid, selenium, seng, pitosterol dan omega-3 asam lemak membantu mencegah peradangan. Hal ini menunjukkan bahwa alpukat dapat membantu mencegah atau mengurangi risiko penyakit osteoarthritis dan rematik.

11. Menangkal radikal bebas

Manfaat lainnya adalah buah alpukat dapat menangkal radikal bebas, yang dapat menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan, juga dapat menimbulkan penuaan dini atau proses aging. Para peneliti mengatakan bahwa kandungan minyak alpukat dapat menembus ke dalam mitokondria, bagian penting dari fungsi sel tubuh yang mengubah makanan menjadi energi. Kandungan anti-oksidan dalam buah-buahan dan sayuran seperti wortel atau tomat juga mampu memblokir radikal bebas, tetapi tidak mampu menembus ke dalam mitokondria.

16. Baik untuk kesehatan pencernaan

Kandungan serat pada buah alpukat juga sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Anda akan terhindar dari berbagai macam gangguan pada pencernaan, seperti : susah buang air besar, wasir, diare, dan sulit buang air kecil

17. Memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis

Manfaat buah alpukat memiliki kandungan vitamin K dan juga kalsium yang tinggi. Kedua zat ini pastinya akan sangat baik untuk kesehatan tulang anda, dan juga dapat mencegah munculnya berbagai macam gangguan kesehatan tulang, seperti osteoporosis dan pengapuran tulang.

18. Meningkatkan kejantanan pria 

Beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa alpukat memiliki sifat afrodisiak yang dapat meningkatkan kejantanan pria. Salah satu alasan mengapa buah ini dapat meningkatkan kejantanan pria adalah karena itu mengandung banyak nutrisi sehat. 

19. Makanan bagi otak

Alpakat adalah salah satu makanan otak yang sehat dan terbaik , yang dapat dikonsumsi untuk membantu mengurangi risiko terkena Alzheimer. Omega 3 serta vitamin E yang secara alami ada dalam alpukat telah terbukti secara klinis mampu menghentikan laju penyakit Alzheimer.

20. Mencegah kecacatan pada bayi ketika lahir

Buah alpukat diketahui memiliki kandungan folat. Folat sangat penting, terutama bagi para ibu hamil untuk menjaga kesehatan janin dan juga mengoptimalkan perkembangan dari janin. Selain itu, folat juga dapat membantu mencegah kecacatan pada bayi ketika lahir nanti.

Demikian informasi tentang Manfaat Buah Alpukat. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia.

0 komentar