Manfaat Air Beras Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Air Beras Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Manfaat Air Beras Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Beras adalah bahan makanan pokok, khususnya Indonesia. Sebagai makanan pokok, beras biasanya diolah menjadi nasi. Sebelum dimasak menjadi nasi atau bahan makanan lain, biasanya beras dicuci terlebih dahulu untuk membersihkan beras dari segala kotoran yang menempel. 

Kandungan nutrisi beras yang tertinggi terdapat pada bagian kulit ari. Sayangnya sebagian besar nutrisi pada kulit ari telah hilang selama proses penggilingan dan penyosohan beras. Sekitar 80% vitamin B1, 70% vitamin B3 , 90% vitamin B6, 50% mangan (Mn), 50% fosfor (P), 60% zat besi (Fe), 100% serat, dan asam lemak esensial hilang dalam proses pembuatan beras.

Saat mencuci beras, biasanya air cucian pertama akan berwarna keruh. Warna keruh bekas cucian itu menunjukkan bahwa lapisan terluar dari beras ikut terkikis. Meskipun banyak nutrisi yang telah hilang, namun pada bagian kulit ari masih terdapat sisa-sisa nutrisi yang sangat bermanfaat tersebut. Misalkan fosfor (P), salah satu unsur utama yang dibutuhkan tanaman dan selalu ada dalam pupuk majemuk tanaman semisal NPK. Fosfor berperan dalam memacu pertumbuhan akar dan pembentukan sistem perakaran yang baik dari benih dan tanaman muda. Nutrisi lainnya adalah zat besi yang penting bagi pembentukan hijau daun (klorofil) juga berperan penting dalam pembentukan karbohidrat, lemak dan protein. Selain itu kulit ari juga mengandung vitamin, mineral, dan fitonutrien yang tinggi. Vitamin sangat berperan dalam proses pembentukan hormon dan berfungsi sebagai koenzim (komponen non-protein untuk mengaktifkan enzim). 

Beras mengandung karbohidrat yang tinggi. Sangat mungkin karbohidrat ini terdegradasi saat mencuci. Hipotesa awal, saat disiramkan ke tanaman, karbohidrat akan terpecah menjadi unsur yang lebih sederhana dan memberikan nutrisi bagi mikroba yang menguntungkan bagi tanaman. Meskipun saya belum mengetahui apa mikroba yang diuntungkan dengan kandungan karbohidrat air leri ini. Menarik jika ada yang meneliti.

Air beras mengandung banyak mineral dan zat yang memang bermanfaat untuk menyehatkan dalam dan luar tubuh. Seperti kandungan asam amino, vitamin, minetral, dan antioksidan. Beras juga memiliki kandungan zat oryzanol yang dipercaya mampu memperbarui pembentukan pigmen melanin serta menetralisir dampak buruk sinar ultraviolet.

Beras juga dipercaya dapat menghaluskan kulit, membersihkan kulit, memutihkan kulit, hingga menguatkan rambut. Dengan manfaat tersebut, tidak heran jika banyak sekali produk kecantikan yang di dalamnya terkandung air beras, seperti kosmetik tabir surya, lotion kulit, perona bibir, bedak, kondisioner rambut, dan produk kecantikan lainnya.

Air beras juga berfungsi sebagai pelembab, melancarkan peredaran darah di wajah, sekaligus sebagai antioksidan bagi kulit. Untuk mendapatkan air beras tidaklah sulit. Kamu hanya perlu mencuci beras dan memisahkan airnya ke dalam wadah bersih. Cucilah beras yang telah dimasukkan pada wadah dengan air, lalu saringlah air cucian beras dengan saringan pada wadah untuk menyimpan air beras. Kemudian masukkan air beras yang telah disaring ke dalam botol atau wadah. Diamkan hingga mengendap, dan pakailah endapan air beras tersebut sebagai masker. Untuk penggunaan air beras, batas waktu pemakaian adalah 1 minggu dari pembuatan jika air beras disimpan dalam kulkas. 

Beberapa manfaat air beras

1. Sebagai masker wajah

Air beras mengandung inositol yang membantu pembentukan sel dan memperlambat penuaan dini. Air beras bisa digunakan untuk membersihkan wajah, dengan cara celupkan kapas pada air beras yang telah diendapkan sebelumnya, lalu tepuk - tepukkan pada daerah wajah yang ingin kamu bersihkan. Lakukan dua kali sehari.

Air beras juga dapat dicampur dengan madu dan dioleskan beberapa saat pada wajah, akan membersihkan wajah dan menghaluskan kulit wajah dengan sempurna. Hasilnya akan membuat wajah Kamu tampak bersinar.

Air beras juga berfungsi sebagai pelembab, melancarkan peredaran darah pada wajah, sekaligus sebagai antioksidan buat kulit. Lakukan therapy ini dua kali sehari sampai terlihat hasilnya.

2. Sebagai lulur pembersih badan

Campurkan air beras dengan pasta almond, lalu balurkan ke seluruh tubuh. Ini akan membuat kulit kamu menjadi halus dan kencang. 

3. Mencerahkan bibir yang gelap

Air beras dapat membantu mencerahkan warna bibir kamu. Bila Kamu memiliki bibir yang gelap, gunakan air beras dengan cara mengoleskannya ke bibir. Lakukan berulangkali untuk mendapatkan hasil terbaik.

4. Membantu mengurangi dampak buruk akibat terbakar sinar matahari

Bila kulit kamu terbakar matahari, oleskan air beras dingin ke bagian kulit yang terbakar tersebut. Hal ini berfungsi untuk mendinginkan dan membantu proses penyembuhan pada kulit yang terbakar.

5. Menjaga kesehatan jantung

Air beras beras merah mengandung vitamin E serta magnesium yang berfungsi untuk menyehatkan jantung. Bila Kamu mengkonsumsi secara teratur, air beras ini akan mengurangi resiko terkena stroke dan masalah-masalah yang berkaitan dengan jantung karena mengandung antioksidan.

6. Menjaga keseimbangan kolesterol

Air beras beras merah mengandung semua manfaat yang ada dalam beras, kecuali laktosa. Karena mengandung banyak serat, air beras ini amat baik bagi keseimbangan kolesterol dalam tubuh.

7. Imunitas

Bila dikonsumsi secara teratur, maka air beras beras merah akan meningkatkan sistem imunitas tubuh Kamu, karena air beras mengandung mineral dan vitamin.

8. Membantu mengurangi berat badan

Air beras mengandung beberapa nutrisi penting yang diperlukan tubuh namun rendah kalori. Dengan demikian mengkonsumsi air beras bisa dijadikan alternatif susu untuk mengurangi berat badan.

9. Sebagai pengganjal lapar

Manfaat air beras yang lainnya adalah untuk menganjal lapar. Air beras yang dimasak atau air tajin akan membuat perut kenyang karena mengandung karbohidrat. Air tajin ini cocok dikonsumsi oleh balita atau anak – anak yang masih belum dapat memakan nasi. Orang dewasa juga dapat mengkonsumsinya karena rasanya manis dan nikmat.

10. Mengobati Diare

Air cucian beras juga bisa dijadikan air tajin untuk digunakan mengobati diare bayi atau balita. Namun air beras perlu dimasak terlebih dahulu sampai mendidih. Air tajin berkhasiatnya lebih baik dari oralit disebabkan mengandung glukosa polimer yang mudah diserap, serta kadar glukosanya yang cukup tinggi bisa mempermudah penyerapan elektrolit. Air tajin juga terdapat kandungan protein sekitar 7-10 %.

11. Menyuburkan tanaman

Air limbah Organik cucian beras di ketahui mempunyai Mikroba atau bakteri Pseudomonas fluorescens Ia banyak di gunakan sebagai bahan baku POC ( Pupuk Organik Cair ). Bakteri Pseudomonas fluorescens adalah Bakteri P. fluorescens yang mampu mengklon dan beradaptasi dengan baik pada akar tanaman serta mampu untuk mensintesis metabolit yang mampu menghambat pertumbuhan dan aktivitas patogen atau memicu ketahanan sistemik dari tanaman terhadap penyakit tanaman. 

Kebanyakan dari para petani yang mengadopsi pola Organik selalu menggunakan Air Cucian beras dalam proses pembuatan pupuk cair organik. Dengan penambahan AIR LERI ke dalam pupuk hayati untuk meningkatkan kekebalan dan kesuburan tanaman terhadap serangan penyakit.

Air cucian beras sebenarnya sangat bermanfaat untuk tanaman. Air cucian beras memiliki kandungan nutrisi yang berlimpah, yang dapat berfungsi sebagai pengendali organisme pengganggu tanaman yang ramah lingkungan serta banyak dijumpai di lingkungan sekitar. 

Kandungan nutrisi yang ada pada air cucian beras di antaranya adalah karbohidrat berupa pati (85-90 persen), protein glutein, selulosa, hemiselulosa, gula dan vitamin yang tinggi. Selain itu, formulasi air cucian beras merupakan media alternatif pembawa P. fluorescens yang berperan dalam pengendalian patogen penyebab penyakit karat dan pemicu pertumbuhan tanaman. 

Oleh karena itu, maka air cucian beras hendaknya jangan dibuang. Manfaatkan air beras untuk menyuburkan tanaman, cara memanfaatkannya adalah sebagai berikut: 

1. Setelah mencuci beras, tampung air cucian beras 
2. Diamkan 1-2 menit 
3. Manfaatkan botol air minum bekas sebagai media penampung air cucian beras (reduce & recycle) 
4. Siramkan air cucian tersebut ke tanah pekarangan ataupun pot tanaman.

12. Perawatan Rambut

Nutrisi yang terdapat dalam air beras berguna untuk menjaga kesehatan rambut. Kandungan protein dalam beras dapat membantu menguatkan rambut dan memperbaiki rambut yang rusak. Rambut kering dan rusak disebabkan oleh pemakaian berbagai zat kimia ataupun penataan rambut yang terlalu ekstrim. Air beras akan membantu meregenerasi rambut yang rusak dengan mengembalikan kelembapan rambut. Caranya, setelah menggunakan shampo, cuci rambut dengan air beras dan biarkan beberapa menit. Setelah itu bilas dengan air bersih. Ini akan membuat rambut sehat berkilau dan tampak indah.

Untuk mengurangi rambut bercabang, celupkan ujung rambut dalam semangkuk air beras. Diamkan selama 15 menit setelah itu bilas rambut hingga bersih. Air beras dapat membantu menutrisi rambut secara optimal.

13. Mengontrol minyak berlebih di wajah

Air beras yang mengandung asam amino akan membuat pH di kulit menjadi stabil. Hal ini akan berdampak pada stabilnya kandungan minyak di kulit khususnya kulit wajah. Seperti yang kita ketahui, minyak di wajah memang sering menimbulkan masalah baru seperti jerawat yang membandal. Air beras akan menjadi oil control.

14. Mengobati  Panas Dalam

Ternyata, pengobatan ini telah dilakukan sebagai alternatif pengobatan nasional cina kuno. Efek yang diberikan ternyata cukup ampuh.

Cara Penggunaan :
1. Cuci beras sebelum di masak
2. Buang air cucian pertama
3. Ambil 1 gelas air cucian kedua / ketiga
4. Minum pada pagi hari.

15. Mengobati  Sakit Tengorokan

Air beras yang anda minum sangat ampuh untuk mengobati sakit tengorokan, meredakannya dan mengurangi rasa sakit. Cara penggunaannya juga hampir sama, yaitu meminum air cucian berasnya.

16. Minuman Kesehatan

Beberapa orang membuat minuman kesehatan dari beras dan rempah-rempah. Minuman paling terkenal dari beras adalah beras kencur. Kamu  bisa melihat apa saja khasiat dari beras kencur tersebut dalam artikel manfaat jamu beras kencur untuk kesehatan.

Demikian informasi tentang Manfaat Air Beras. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia.

0 komentar