Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

Buah Semangka (Citrullus Lanatus) atau biasa juga disebut dengan tembikai merupakan tanaman yang berasal dari Afrika Selatan. Tanaman ini termasuk ke dalam tanaman merambat dan satu keluarga dengan labu–labuan, juga termasuk pada suku ketimun.

Buah semangka adalah buah yang diminati banyak orang, karena memiliki banyak sekali kandungan air yang bisa menyegarkan di saat kita kehausan dan saat cuaca panas. Rasanya yang khas dan manis membuat banyak orang menyukainya. 

Manfaat Buah Semangka
Manfaat Buah Semangka

Semangka merupakan buah yang kaya akan nutrisi seperti karbohidrat, energi, lemak, serat pangan, gula, protein dan air. Jenis vitamin pada buah ini misalnya betakaroten, tiamin (Vit. B1), riboflavin (Vit. B2), niacin (Vit. B3), vitamin B5, asam pantotenat, vitamin B6, folat, dan vitamin C. Sedangkan mineral yang tertanam di dalamnya adalah kalsium, fosfor, kalium, magnesium, seng, dan zat besi.

Kandungan berbagai nutris dan vitamin yang melimpah pada semangka membantu menjaga dan mempertahankan kesehatan tubuh setiap orang. Warna merah pada semangka menandakan bahwa buah ini mengandung berbagai nutrisi, vitamin, mineral, kalium, betakaroten, vitamin C dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu, mulailah menyediakan semangka sebagai salah satu makanan penutup di setiap menu harianmu. 

Berikut beberapa manfaat menakjubkan dari buah semangka bagi kesehatan tubuh kamu :

1. Anti Inflamasi

Buah semangka mengandung anti inflamasi, sehingga dapat membantu mencegah atau menghambat inflamasi pada tubuh.

2. Mengatasi Sariawan

Sariawan merupakan benjolan kecil yang terdapat pada lidah ataupun bibir akibat tubuh kekurangan asupan vitamin C yang cukup, serta kehilangan banyak cairan. Untuk mengobati sariawan, Kamu bisa makan buah semangka atau minum jusnya. Kandungan vitamin C dan air dalam buah semangka membantu proses penyembuhan luka sariawan dengan membunuh bakteri di mulut serta mengatasi masalah bibir kering.

3. Menyehatkan Jantung

Buah semangka merupakan sumber likopen. Likopen yang terkandung dalam buah semangka berperan penting untuk menjaga kesehatan organ jantung dan melancarkan jalannya sirkulasi darah menuju jantung.

4. Menyehatkan Mata

Buah semangka mengandung betakaroten yang akan diubah di dalam tubuh menjadi vitamin A. Vitamin A merupakan vitamin yang akan menyehatkan organ penglihatan kamu.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah Semangka juga sumber vitamin C. Vitamin C memiliki fungsi membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Sehingga tubuh tidak akan mudah sakit di saat cuaca kurang baik atau sangat ekstrem.

6. Perlindungan Dari Radikal Bebas

Semangka mengandung senyawa karotenoid yang dapat menetralisir radikal bebas yang masuk ke tubuh seseorang.

7. Mencegah Penuaan

Kandungan antioksidan yang kuat dalam buah semangka, seperti likopen, vitamin C dan vitamin A, membantu tubuh melawan radikal bebas. Dengan begitu, kamu bisa menghindari masalah yang dapat menjadikan kulit keriput, timbul garis-garis halus disertai bintik-bintik pada wajah.

Masker semangka dapat membersihkan debu dan kotoran hingga ke dalam pori-pori, dengan cara alami yang aman. Caranya, ambil 100 gram semangka, kemudian hancurkan. Aplikasikan semangka sebagai masker pada seluruh wajah sehingga wajah terasa lebih dingin, segar dan lembab. 

8. Memperkuat Tulang Tubuh

Buah semangka merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan kalium, yang berfungsi untuk mempertahankan kalsium dalam tubuh. Sehingga tulang dan sendi akan lebih sehat, kuat, dan tidak mudah keropos.

9. Meredakan Nyeri Otot

Mengonsumsi semangka sangat efektif untuk mengurangi rasa sakit yang dihasilkan ketika mengalami nyeri di bagian otot. Kandungan citrulline dalam buah semangka akan dikonversi menjadi L-arginine, asam amino, dan lemak esensial yang membantu mengurangi nyeri otot pasca-latihan.

10. Menyehatkan Organ Ginjal

Mengkonsumsi buah semangka akan membantu meningkatkan aliran urine. Dengan lancarnya aliran urine, maka akan berdampak pula pada kesehatan organ ginjal di dalam tubuh. Dengan kemampuan diuretik dan ginjal, buah semangka juga mampu mengurangi kelebihan cairan dalam tubuh.

11. Mengurangi Lemak Pada Tubuh

Semangka merupakan jenis buah yang kaya akan kandungan citruline yang mana berperan mengurangi lemak berlebih yang berada di dalam tubuh kamu. 

12. Menetralkan Tekanan Darah Tinggi

Kandungan kalium dalam buah semangka, mampu mengurangi resiko peningkatan penyakit hipertensi bahkan stroke.

13. Membuat Tidur Nyenyak

Kandungan karbohidrat polisakarida di dalam buah semangka dapat meningkatkan kadar seretonin dalam otak. Terjadinya peningkatan kadar seretonin ketika tidur di malam hari, membuat otak tidak sensitif terhadap rangsangan yang mengganggu tidur, seperti suara, sehingga tidur menjadi lebih berkualitas. 

14. Mengatasi Rambut Rontok

Kerusakan rambut yang menjadi momok mengerikan di mata para wanita adalah rambut rontok berlebihan. Cara mengatasinya bisa dengan semangka, lebih tepatnya menggunakan kulit semangka yang digosokkan pada kulit kepala secara merata agar kerontokan rambut bisa diminimalisir. Untuk perawatan ini sebaiknya Kamu melakukannya pada sore hari.

15. Obat diabetes

Buah semangka bisa dijadikan sebagai obat tradisional kencing manis atau diabetes. Kencing manis atau diabetes adalah penyakit metabolisme akibat berlebihnya kadar gula dalam darah (glukosa), sehingga mengakibatkan kerusakan pada pengeluaran insulin, caranya dengan menoreh kulit buah semangka dan dipadukan dengan jambu biji yang masih mengkal. Setelah itu rebus dalam 3 gelas air sampai menyisakan 1 gelas air, kemudian diminum apabila air rebusan sudah tidak dingin. 

Manfaat buah semangka untuk ibu hamil dan janin adalah sebagai berikut :


1. Mengurangi Pembengkakan Pada Ibu Hamil

Selama masa kehamilan, ibu hamil akan sering mengalami gangguan kehamilan yang umum, seperti pembengkakan ringan yang terjadi pada tangan dan kaki, yang biasa disebut edema. Kandungan air yang terdapat dalam semangka menjadikan buah ini mampu mengurangi penyumbatan yang terjadi pada pembuluh darah dan otot, sehingga mampu mencegah edema yang terjadi.

2. Mencegah Dehidrasi

Salah satu akibat dari dehidrasi pada ibu hamil adalah kontraksi prematur atau mampu menyebabkan kelahiran prematur. Semangka mengandung 90% air, sehingga manfaat semangka untuk ibu hamil dapat mencegah dehidrasi yang terjadi pada ibu hamil.

3. Mencegah Pigmentasi

Buah semangka dapat memperlancar pencernaan makanan dan menjaga gerakan dari usus halus, yang akan berpengaruh terhadap kondisi kulit. Dengan mengkonsumsi buah semangka, maka pigmentasi dapat berkurang atau kulit ibu yang sedang hamil dapat tetap halus.

4. Mengatasi Morning Sicknes

Morning sickness muncul sebagai tanda-tanda kehamilan awal. Manfaat semangka untuk ibu hamil, mengandung energi dan gizi yang bermanfaat bagi tubuh, serta mencegah keluhan Morning sickness pada ibu hamil.

5. Mendukung Pembentukan Tulang Janin

Buah semangka diperkaya juga dengan kalium, di mana kalium itu sendiri berfungsi untuk mempertahankan kalsium dalam tubuh. Hal ini akan menjadikannya sangat bermanfaat dalam proses pembentukan tulang janin dan menguatkan persendian pada tubuh ibu menjadi lebih sehat dan lebih kuat.

Demikian informasi tentang manfaat buah semangka. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia.

0 komentar