Penyebab Bisnis Gagal Yang Sering Terjadi

Setiap kegagalan dalam menjalankan sebuah bisnis merupakan hal yang wajar, baik untuk pemula dan pebisnis yang telah bertahun-tahun menjalankannya. Kegagalan tersebut jangan diangap sebagai momok yang menakutkan, melainkan sebagai pembelajaran dan tantangan agar bisa bangkit untuk membangun bisnis yang baru. Karena sejatinya kegagalan itu merupakan awal dari kesuksesan.

Penyebab Bisnis Gagal Yang Sering Terjadi

Untuk itu perlu mental yang kuat untuk membangun bisnis karena kegagalan pasti ada. Anda juga bisa belajar dari kesalahan orang lain yang pernah mengalami kegagalan. Biasanya kegagalan itu hanyalah factor yang sepele. Apa saja penyebab bisnis gagal yang sering terjadi?

1. Terlalu cepat mengambil keputusan

Dalam berbisnis ada kalanya anda harus mengambil keputusan dengan cepat. Namun bukan berarti anda tidak mempertimbangkan dan memikirkan matang-matang terlebih dahulu. Untuk mengambil keputusan terlalu cepat dan tanpa mempertimbangkan apapun dalam berbisnis akan mengakibatkan kegagalan bisnis yang anda jalani. Oleh sebab itu perlu anda memikirkan dengan matang untuk mengambil keputusan agar tidak terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.

2. Tidak ada perencanaan

Menjalankan bisnis dengan modal uang saja tidaklah cukup, begitu juga modal semangat saja juga tidak cukup. Pastikan niat anda terlebih dahulu, lalu tentukan visi, misi, sasaran serta arah bisnis anda yang akan anda geluti. Carilah informasi tentang bisnis yang akan anda jalankan. Bagaimana, dimana dan apa produk yang akan anda geluti, serta siapa konsumen dan bagaimana memasarkannya.

3. Tidak fokus

Ini adalah salah satu penyebab bisnis gagal yaitu tidak focus. Konsumen merasa cepat bosan dengan produk yang anda jual saat ini, karena produk yang anda jual ini tidak varian. Oleh karena itu anda bisa menjual berbagai macam produk untuk selingan, namun sebaiknya anda jangan melupakan produk lama anda. Karena sering berganti-ganti produk konsumen akan merasa bingung dengan identitas bisnis anda.

4. Pemasaran yang lemah

Di awal bisnis, pasti anda tergoda dengan memproduksi produk yang anda jual dengan jumlah yang banyak. Karena pemikiran anda akan mendapat keuntungan yang sangat banyak juga. Ada baiknya, anda tahu bagaimana memasarkan produk tersebut. Banyak cara yang anda bisa gunakan contohnya berpromosi melalui media social. Tapi ingat jangan melupakan netiket (etika dalam berkomunikasi) karena jika anda salah berpromosi, bukannya mendapat konsumen namun malah dianggap sampah.


5. Terlalu cepat menarik uang

Siapa yang tidak tergiur melihat uang yang terlalu banyak dan melihat rekening yang membengkak akibat keuntungan bisnis yang anda jalani. Hati-hati banyak pebisnis yang akhirnya gulung tikar hanya karena tak tahan untuk menghamburkan keuntungan yang berlipat. Hal ini salah satu penyebab bisnis gagal yang sering terjadi. Sebaiknya pisahkan rekening pribadi dengan rekening usaha anda agar tidak tergoda dengan nominal yang banyak. Alangkahbaiknya keuntungan tersebut untuk mengembangkan bisnis yang anda jalani saat ini.

6. Pegawai tidak terkendali

Tidak salah lagi bila bisnis yang anda geluti ini memiliki banyak pegawai. Tetapi apakah benar-benar membutuhkan pegawai disaat bisnis ini baru berjalan? Banyak pengusaha yang sukses karena memulai sendiri bisnisnya, mereka baru memulai merekrut pegawai setelah bisnisnya berkembang. Sebaiknya rekrut pegawai setelah bisnis anda sudah berkembang, tidak perlu dalam jumlah banyak cukup yang dibutuhkan saja. Namun alangkah baiknya bila memilih pegawai yang sesuai kriteria.

Sekian artikel tentang 6 penyebab bisnis gagal yang sering terjadi. Tanpa harus mengalami kegagalan, semoga dengan membaca artikel ini pembaca termotivasi dengan menjadi pebisnis yang professional.

0 komentar