Strategi Pemasaran Produk Makanan

Makanan adalah hal paling banyak di cari manusia, karena sebagai makhluk hidup manusia tak lepas dari makanan. Selain itu makanan adalah produk yang hanya dapat dikonsumsi sekali saja lalu habis sehingga tingkat permintaan konsumen sangat tinggi. Berbeda dengan produk pakaian, meja, kursi dsb yang dapat digunakan berulang kali. Hal itulah yang membuat banyak orang berminat memiliki bisnis produk makanan.

Strategi Pemasaran Produk Makanan

Namun sayangnya produk makanan mempunyai resiko lebih mudah kadaluarsa. Jadi anda harus pandai memasarkannya agar tidak rugi. Karena kualitas produk bukan hanya satu-satunya faktor penjamin keberhasilan sebuah bisnis. Justru faktor penentu keberhasilan bisnis makanan ialah strategi pemasaran produk makanan yang dijual. 

Berikut adalah beberapa strategi pemasaran produk makanan yang bisa anda terapkan:

Jaga Kualitas Produk

Konsistensi cita rasa perlu diperhatikan. Jangan sembarangan mengubah bumbu atau bahan yang diperlukan dalam proses pembuatan makanan dengan alasan bahan semakin mahal dsb. Lebih baik kurangi sedikit porsinya daripada mengurangi bumbu atau bahan. Cara memasak juga perlu diperhatikan karena bisa mengakibatkan perubahan.

Beri Harga yang Bervariasi

Berikan pelayanan dengan harga yang bervariasi dari yang murah hingga yang mahal. Biasanya orang akan tertarik mencoba jika harga murah karena tidak mau mengambil resiko sebab belum mengetahui cita rasanya.

Pasang Stiker atau Banner di Tempat yang Dilihat Banyak Orang

Pasang banner di tempat yang mudah dilihat banyak orang. Karena orang akan membacanya meski tanpa sengaja.

Manfaatkan Peristiwa-Peristiwa yang Mengundang Keramaian

Dalam situasi yang ramai, potensi produk terjual biasanya lebih tinggi. Jadi berpartisipasilah dalam peristiwa- peristiwa yang mengundang keramaian seperti bazaar, pasar malam, atau perayaan resmi moment tertentu

Buat Selebaran 

Buatlah brosur dan sebarkan pada orang- orang yang potensial menjadi konsumen. Sertakan pula peta lokasi usaha anda. Dengan mengetahui lokasi dengan baik, konsumen juga bisa menyebarkan keberadaan usaha Anda. Berikan gambar yang menarik perhatian, lengkapi dengan kontak yang dapat dihubungi dan agar selebaran tidak mudah dibuang begitu saja, cantumkan sesuatu yang bermanfaat seperti resep makanan, pengetahuan tentang bahan makanan atau tips-tips lainnya.

Perkenalkan ke Departemen dan Instansi Terdekat

Perkenalkanlah produk makanan Anda kepada instansi dan departemen yang relevan di sekitar Anda. Misalnya kepada Dinas pemerintahan, Koperasi, maupun lembaga- lembaga resmi lainnya. Siapa tahu mereka tertarik dan memesan dalam jumlah banyak untuk makan siang, acara kantor, rapat dsb.

Berinteraksi di Medial Sosial

Hampir mayoritas orang jaman sekarang menggunakan media sosial, jadi manfaatkanlah media sosial sebagai sarana pemasaran seperti grup jual beli, grup facebook dsb. bahkan hal itu akan menjangkau konsumen- konsumen dari berbagai daerah. Bisa juga saling bertukar informasi dan menemukan peluang baru

Beri Diskon di Waktu-Waktu Spesial

Berikan diskon pada waktu- waktu khusus dimana sebagian besar orang merayakannya. seperti hari besar, hari libur, dan sebagainya, atau pada hari-hari saat transaksi lebih sepi dari biasanya.

Bekerjasama dengan Agen Perjalanan

Jika makanan yang di produksi lekat dengan citra atau ciri khas suatu daerah, Anda bisa menuai peluang bisnis dari para pemakai jasa agen perjalanan yang melewati toko atau daerah Anda.

Semoga tips ini bermanfaat bagi yang ingin memasarkan produk makanan lezat supaya bakat memasak anda tak hanya dinikmati sendiri melainkan juga dapat mendatangkan income ekonomi.

Untuk informasi seputar makanan sehat, bisa kunjungi blog caramakan, untuk dijadikan referensi tambahan anda.

0 komentar