Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan Dan Kecantikan
Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Manggis memiliki nama latin Garcinia mangostana L, yang termasuk ke dalam keluarga Clusiaceae. Buah manggis dikenal dengan sebutan Queen fruit atau ratunya buah.

Buah manggis memiki daging berwarna putih dengan tekstur sedikit berserat namun renyah. Rasanya sangat manis dan menyegarkan karena mengandung banyak air. 

Komponen aktif utama dari buah manggis disebut xanthones. Xanthone adalah sejenis senyawa polifenol yang baru ditemukan yang secara biologis aktif dan secara struktural mirip dengan bioflavanoids. Xanthone terutama terdapat pada bagian kulit buahnya, yang merupakan zat antioksidan yang sangat kuat dengan kandungan hampir 10 kali lipat dari kandungan antioksidan yang berasal dari buah - buahan lainnya. Senyawa xanthone jarang terdapat di alam, namun ditemukan dalam buah manggis. 

Komponen lain dari buah manggis yang memiliki kualitas obat adalah polisakarida, sterol, proanthocyanidins dan catechin, sehingga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan fungsi tubuh.

Selain kandungan xanthone, buah manggis juga rendah kalori. Cocok dikonsumsi bagi yang sedang berdiet untuk menurunkan berat badan. Terdapat 63 kalori per 100 gr buah manggis. Tidak mengandung lemak jenuh dan kolesterol. Selain itu, buah manggis juga dapat mencukupi kebutuhan serat tubuh sebanyak 13 persen per 100 gramnya. 

Buah manggis dapat memenuhi kebutuhan vitamin C tubuh sebesar 12 persen per 100 gram daging buahnya. Vitamin C merupakan vitamin larut air yang bekerja kuat sebagai antioksidan. Membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit seperti, flu, infeksi, hingga kanker.

Buah manggis juga mengandung vitamin B kompleks seperti thiamin, niacin, dan folat. Vitamin ini bertindak sebagai kofaktor dalam memetabolisme karbohidrat, protein, dan lemak.

Khasiat Buah Manggis

Anti kanker, anti tumor, dan anti leukimia

Buah manggis sering digunakan untuk pengobatan yang bersifat tradisional untuk mencegah penyakit kardiovaskular dan kanker. Kandungan senyawa xanthone pada buah manggis dapat berfungsi sebagai anti kanker. Bahkan kandungan xanthone juga mampu memperlambat pertumbuhan sel-sel penyebab penyakit leukemia. Buah Manggis ini juga memiliki senyawa garcinone E yang memang bisa mencegah berkembangnya tumor. Selain itu, buah manggis ini juga bisa menahan laju perkembangan sel pada kanker paru-paru, kanker usus, dan kanker hati. Meskipun begitu, sebelum mengonsumsi buah manggis ini, sebaiknya penderita berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli medis lainnnya. 

Mengandung antioksidan

Buah manggis ini juga mengandung polifenol atau xanthones. Ada dua jenis xanthones dalam buah manggis, yaitu gamma dan alpha. Xanthone dan turunannya telah terbukti memiliki beberapa manfaat, termasuk anti-inflamasi. Xanthone adalah obat yang efektif terhadap berbagai penyakit kardiovaskular. Antioksidan ini memiliki sifat penyembuhan yang menyembuhkan sel yang rusak oleh radikal bebas, memperlambat penuaan, dan menangkal penyakit.

Melancarkan peredaran darah 

Buah Manggis mampu meningkatkan aliran darah sehingga menyebabkan pelebaran pembuluh darah yang membantu melindungi kita terhadap penyakit tertentu seperti kolesterol, aterosklerosis, dan nyeri dada yang parah, dan mempunyai peranan dalam mempromosikan sel darah merah dan mencegah anemia. Selain itu, juga dapat mencegah penyakit katarak karena melakukan peredaran darah yang lancar. 

Baik untuk perawatan kulit

Buah Manggis memiliki sifat anti bakteri alami dan juga anti mikroba yang efektif dalam mengobati berbagai masalah kulit, seperti masalah jerawat, kulit berminyak, noda di kulit, dan kulit yang. Senyawa xanthones dalam kulit buah manggis juga dapat menyembuhkan penyakit kulit, memperbaiki sel yang rusak dan melindungi tubuh. Xanthones dalam manggis juga membantu dalam melawan radikal bebas. Oleh karena itu, mengkonsumsi manggis dapat membuatmu terlihat awet muda.

Anti peradangan

Senyawa xanthones dalam buah manggis dapat menghambat pertumbuhan jamur dan bakteri yang menyebabkan berbagai jenis infeksi pada luka. Xanthones dapat menghentikan pertumbuhan bakteri tuberkulosis yang menjadi penyebab infeksi. Selain itu, juga memiliki zat anti - inflamasi yang dapat memerangi rasa sakit (peradangan, nyeri dan kerusakan sendi, arthritis, atau nyeri yang disebabkan oleh latihan olahraga dan luka ringan).

Mencegah batu ginjal

Dengan mengkonsumsi buah manggis sebanyak 3 ons setiap harinya, maka kamu akan terhindar dari penyakit batu ginjal, karena senyawa dalam buah manggis dapat melancarkan buang air kecil.

Menyembuhkan penyakit asma

Buah manggis sendiri mengandung zat yang bisa mengurangi alergis sehingga akan mampu untuk melawan infeksi sistem pernafasan. 

Mengobati Sariawan

Kandungan vitamin C yang melimpah pada buah manggis juga berfungsi untuk menyembuhkan sariawan. Cara membuat ramuan untuk mengobati sariawan yaitu dengan menyiapkan kulit buah dari 2 buah manggis yang dicuci dan dipotong-potong terlebih dahulu. Rebus kulit manggis dengan 3 gelas air sampai ukuran berkurang 50 persen. Setelah dingin, saring hasil rebusan dan buat untuk berkumur. 

Mengatasi Diare

Masyarakat Filipina menggunakan hasil rebusan daun manggis dan kulitnya untuk mengatasi berbagai gejala penyakit seperti, menurunkan suhu tubuh saat demam, mengatasi diare, sariawan, disentri, hingga gangguan saluran kencing.

Menurunkan berat badan

Selain bermanfaat untuk mencegah penyakit diabetes dan penyakit jantung, Senyawa xanthone juga bermanfaat untuk melunakkan kembali sel-sel membran yang sudah membesar dan mengeras.

Baik untuk ibu hamil

Buah Manggis mengandung vitamin sekitar 12% RDA per 100g. Kandungannya larut dalam air dan vitamin C memberikan perlawanan terhadap infeksi, flu dan menangkal radikal bebas berbahaya. Oleh karena itu mengkonsumsi buah-buahan yang kaya vitamin C sangat penting untuk melawan  beberapa penyakit. Bagi ibu hamil kandungan Folat memiliki peran penting dalam perkembangan janin dan evolusi sel-sel baru yang tumbuh.

Efek Samping Kulit Buah Manggis

Meskipun memiliki zat yang baik untuk tubuh, namun terkadang tubuh akan mengalami anti-reaksi terhadap pemakaian pertama kali. Efek samping yang biasanya terjadi dari ramuan kulit manggis adalah:

1. Alergi ringan

Kulit menjadi kemerahan
Terjadinya pembengkakan
Gatal-gatal pada beberapa bagian tubuh
Kulit jadi bersisik

2. Alergi yang mempengaruhi sistem kerja tubuh

Nyeri sendi
Sakit kepala
Nyerit otot
Perut mual, kembung
Insomnia dan gangguan istirahat lainnya seperti jantung berdebar

Selain itu, saat makan buah manggis, jangan membuang kulitnya, karena kandungan xanthone terbesar ada di kulit manggis. Untuk memanfaatkan kulit buah manggis, caranya dengan mencuci bersih kulit 2 buah manggis, kemudian direbus dalam 4 gelas air. Masak hingga tinggal 2 gelas saja. Minumlah secara rutin 2-3 kali sehari. Kamu juga bisa menambahkan madu untuk pemanis alami.

Demikian Manfaat Buah Manggis yang sangat penting untuk kesehatan tubuh sebagai pengobatan tradisional alami. Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi pembaca.

0 komentar