Promosi Kekinian untuk Bisnis Kuliner

Bisnis Kuliner

Perencanaan yang matang adalah hal terpenting dalam berbisnis. Tanpa arah yang jelas, target penjualan juga sulit untuk dicapai terlebih menjadi jalan di tempat. Di zaman yang serba kekinian ini, untuk membuat produk menjadi laris dan hits di pasaran kamu harus pintar – pintar membuat strategi agar bisnis kulinermu tak kalah dengan para pesaing. Tapi ingat, jangan gunakan trik konvensional ala tahun 80-an, ya. Bisnismu akan tidak ada nilai jual jika kamu tidak mengikuti perubahan zaman. Begitu banyaknya bisnis kuliner baru di pasaran juga akan membuat persaingan semakin ketat untuk tetap eksis dan bertahan di pasar. Dan yang kamu wajib tahu adalah kunci sukses dari bisnis kuliner adalah trik promosi atau marketingnya. Berikut kami bagikan untuk kamu.


Pilih Nama Brand yang Mudah Diingat dan Diucapkan


Brand atau merek produk kamu adalah hal utama yang akan dilihat oleh konsumen. Jadi buatlah merek yang penyebutan namanya tidak sulit serta tidak terlalu panjang agar orang – orang mudah mengingatnya. Semakin mudah bisnis kamu diingat namanya, semakin banyak juga orang yang tidak kesulitan untuk kembali membeli produk kamu. Coba bayangkan jika kamu memiliki nama yang susah disebutkan dan diingat apalagi menggunakan istilah asing yang sangat jarang dikenali masyarakat. Bisa-bisa merek kamu jadi cepat terlupakan.


Miliki Koleksi Foto-Foto Bagus dari Bisnis Kulinermu


Ini salah satu trik ampuh dalam mempromosikan produk kamu. Jadi, ketika akan sesi pemotretan produk kamu, usahakan kualitas kamera yang bagus agar produk kamu terlihat menggiurkan sampai membuat orang selera untuk segera menikmatinya. Angle – angle tertentu juga dibutuhkan untuk mendukung trik ini. Nantinya foto – foto ini akan eksis di berbagai social media bisnismu ataupun spanduk – spanduk yang akan kamu pasang. Tak hanya dapat menggugah selera orang yang melihatnya, dari kerennya hasil foto kamu juga akan menjadikan merek bisnis kamu lebih bergengsi daripada yang asal foto saja.


Wajib Membuat Berbagai Akun Social Media, Blog, atau Web


Ini adalah poin penting supaya bisnismu semakin mendunia. Manfaatkan kekuatan social media ini untuk menjaring pelanggan sebanyak mungkin. Jangan lupa juga untuk menggunggah produk kamu setiap hari di jam – jam prime time. Waktu prime time ini biasanya ketika orang sedang santai atau rehat sejenak dari pekerjaan seperti sesaat setelah bangun tidur, jam makan siang, atau sebelum tidur. Ini sangat efektif untuk menarik pelanggan baru.


Siapkan Spot Selfie untuk para Pelanggan


Dengan tren unggah mengunggah untuk membagi keseruan berekspresi di social media, membuat banyak orang gemar melakukan selfie di tempat – tempat bagus dan memiliki kesan tertentu. Jia kamu tambahkan spot ini sekaligus mendekorasinya sedemikian rupa agar pengunjung tertarik untuk selfie, ini hal yang sangat bagus untuk promosi. Para pengunjung yang selfie kemudian mengunggahnya ke social media mereka juga bisa menjadi alternatif promosi kamu, kan? Bisa menghemat biaya promosi konvensional kamu, nih. Ini juga bisa membuat bisnis kamu semakin eksis di pasar. Karena bisa jadi pelanggan kamu yang mengekspos postingan bisnismu memiliki followers yang cukup banyak, tentu ini menjadi keberuntungan bagi bisnis kamu.


Membuat Event Photo Contest atau Lomba Makan


Dengan mengadakan kegiatan ini, orang lain yang tanpa kamu paksa untuk ikut mempromosikan produkmu juga bisa ikut menyukseskan metode promosi kamu, kok. Semakin banyak yang ikut kontes, semakin banyak juga yang akan tahu brand usahamu. Peluang untuk mendapatkan pelanggan baru pun semakin besar. Tapi juga harus diiringi dengan usaha kamu menyebarluaskan informasi kontes yang kamu buat, ya. Kamu juga bisa membuat sebuah photo contest yang melombakan foto-foto terbaik yang pelangganmu ambil saat foto makanan di tempatmu. Hasilnya juga bisa kamu manfaatkan untuk update di  sosial media. Atau buatlah kompetisi review wisata kuliner yang menceritakan tentang menu-menu yang tersedia di tempatmu.


Terapkan Sistem Delivery Order


Toko kamu sedang sepi dan kamu tak ingin kehilangan pelanggan yang sedang malas untuk ke toko kamu? Gunakan saja jasa delivery order. Jadi orang – orang yang ingin menikmati bisnis kulinermu juga dengan mudah bisa mendapatkannya lewat layanan pesan antar. Kemudahan yang kamu berikan pada pelanggan akan membuat mereka merasa nyaman dan tetap setiap pada kuliner buatanmu.
Dari semua hal di atas, yang terpenting adalah jangan menyerah dan teruslah berinovasi, supaya bisnis kamu kian melejit dan mampu bersaing di pasar. Good Luck!

0 komentar