Manfaat Snorkeling Bagi Tubuh

Manfaat Snorkeling Bagi Tubuh

Snorkeling adalah salah satu cara menikmati keindahan laut secara langsung. Segarnya udara yang ada di dalam laut, jernihnya air, dan pemandangan kehidupan bawah laut yang sangat menakjubkan memberi kepuasan tersendiri. Selain menyenangkan, snorkeling juga memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Berikut ulasan mengenai manfaat snorkeling bagi tubuh anda.

Berikut beberapa manfaat yang akan anda peroleh jika melakukan snorkeling.

Melatih Kelenturan Dan Kekuatan Otot


Ketika sedang menyelam seluruh bagian tubuh anda bergerak, tidak terkecuali otot anda. Walaupun terkadang tubuh anda tidak merasa lelah karena terbantu daya apung dari air. Aktivitas inilah yang akan membuat otot anda terlatih sehingga membuatnya lebih lentur dan kuat.

Menyehatkan Paru-Paru


Manfaat lain snorkeling adalah dapat menyehatkan paru-paru. Hal ini karena selama menyelam, anda akan menghirup udara secara konstan. Aktivitas tersebut dapat melatih otot paru-paru sehingga organ paru-paru anda menjadi lebih sehat.

Mengatasi Masalah Pernapasan


Seperti yang telah disebutkan di atas, snorkeling meningkatkan kesehatan paru-paru. Dengan demikian, masalah pernapasan anda dapat diatasi. Masalah tersebut seperti mendengkur, lebih mudah lelah, bahkan ampuh menghindari asma.

Mengeluarkan Racun


Racun yang ada di dalam tubuh dapat dikeluarkan dengan aktivitas snorkeling ini. Hal ini karena saat bersnorkeling, sinar matahari akan membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Proses detoksifikasi ini akan berefek pada hati. Aktivitas kerja hati akan meningkat sehingga akan membantu meningkatkan pengeluaran racun melalui urin dan juga keringat.

Menurunkan Berat Badan


Apakah anda sedang melaksanakan program diet? Jika iya, snorkeling dapat membantu memperlancar program diet anda. Hal ini karena snorkeling membuat tubuh banyak bergerak yang akan membantu meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh. Selain itu, otot juga ikut terlatih sehingga bentuk tubuh menjadi ideal seperti yang anda harapkan.

Menurunkan Risiko Diabetes


Snorkeling sangat menyenangkan sehingga membuat orang terkadang lupa waktu. Bukan hanya satu atau dua jam, terkadang orang yang asik bersnorkeling bisa memakan waktu hingga berjam-jam. Padahal setiap 60 menit setidaknya 600 kalori dalam tubuh terbakar. Bisa anda bayangkan berapa ribu kalori yang akan turun jika anda melakukan snorkeling, sangat banyak bukan? Hal ini akan membantu untuk menurunkan risiko diabetes.

Melatih Konsentrasi


Secara tidak langsung, aktivitas snorkeling akan membantu meningkatkan konsentrasi anda. Hal ini karena bermain di dalam air membutuhkan konsentrasi yang sangat tinggi. Anda harus menyeimbangkan kaki dan juga tangan ketika di dalam air. Saat menyelam juga harus berhati-hati karena anda juga tetap menjaga pemandangan dasar laut agar tidak mengalami kerusakan.

Mecegah Serangan Jantung Dan Stroke


Penelitian membuktikan bahwa kegiatan menyelam ataupun snorkeling dapat mencegah serangan jantung dan stroke. Hal ini karena snorkeling memperlancar sirkulasi darah dan juga sistem pernapasan. Manfaat snorkeling sangat luar biasa bukan?

Menurunkan Risiko Kanker


Saat snorkeling, anda akan terpapar sinar matahari. Seperti yang diketahui bahwa sinar matahari mampu mengaktifkan vitamin d yang ada di dalam tubuh kita. Vitamin ini terbukti ampuh menurunkan risiko kanker, seperti kanker prostat bagi pria dan kanker payudara bagi perempuan.

Super Oksigen


Selain tumbuhan yang ada di daratan, di lautan terdapat plankton yang dapat menghasilkan oksigen sebagai produk sampingannya. Nah, dari 0-50 cm di atas permukaan laut anda dapat menghirup oksigen tersebut. Inilah yang disebut sebagai oksigen super yang dapat memperlancar metabolisme dan juga awet muda.

Olahraga snorkeling dapat dikatakan tidak memiliki risiko berbahaya selama anda benar-benar memperhatikan aturan keselamatan.

Selain itu, olahraga ini dapat dilakukan oleh anak-anak hingga orang dewasa. Tetapi, bagi anda yang memiliki masalah kesehatan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum melakukan snorkeling.

0 komentar