Manfaat Kesehatan Mandi Air Dingin di Pagi Hari

Mandi adalah aktivitas rutin yang seseorang lakukan setiap hari. Saat kamu mandi, mungkin kamu akan lebih memilih mandi dengan air panas daripada air dingin. Banyak orang menganggap mandi air dingin sangatlah tidak menyenangkan. Kebanyakan orang memilih mandi dengan air hangat karena tidak tahan dengan cuaca yang dingin, padahal mandi dengan air hangat sebenarnya dapat merugikan tubuh.

Mandi dengan mandi air dingin lebih banyak manfaat kesehatan yang bisa kamu peroleh ketimbang mandi air hangat. Mandi air panas juga ternyata membuat kulit kering dan mudah keriput. 

Manfaat Kesehatan Mandi Air Dingin di Pagi Hari
Manfaat Kesehatan Mandi Air Dingin di Pagi Hari

Berikut manfaat kesehatan mandi air dingin di pagi hari.


Kesuburan pria

Mandi dengan air dingin dapat meningkatkan kesuburan pria. Sedangkan mandi dengan air panas tidak baik untuk testis pria, karena dapat berpotensi menurunkan jumlah sperma.

Membangun kekebalan tubuh

Mandi dengan air dingin dapat meningkatkan sel darah putih yang bermanfaat untuk melawan penyakit. Mandi dengan air dingin akan meningkatkan metabolisme, yang kemudian akan meningkatkan panas tubuh dan menghidupkan kembali sistem kekebalan tubuh dengan melepaskan sel darah putih. 

Meningkatkan metabolisme

Mandi air dingin juga dapat meningkatkan sistem metabolisme dalam tubuh. Ketika tubuh disiram air dingin, secara otomatis tubuh akan menghasilkan panas, yang membuat metabolisme tubuh meningkat dengan cepat. Saat itulah karbohidrat dan lemak dibakar untuk membuat kamu merasa hangat saat cuaca dingin. Mandi air dingin juga dapat mengurangi nyeri kronis, mengurangi nyeri tubuh, meningkatkan kesehatan rambut, fungsi ginjal, mengurangi pembengkakan dan mengatur sistem saraf otonomik

Wajah lebih berkilau

Air dingin dapat membuat pembuluh darah menyempit, sehingga mengurangi pembengkakan dan lingkar hitam di bawah mata. Lingkaran hitam di bawah mata juga dapat dicegah dengan mandi air dingin karena dapat mengurangi pembengkakan pembuluh dara di sekitar mata. Hasilnya, kulit akan terlihat lebih berkilau. Membasuh wajah yang sudah bersih dengan air dingin juga akan mencegah pori-pori tersumbat kotoran dan minyak, yang menyebabkan masalah pada kulit seperti jerawat. Jadi, kulit bercahaya, sehat dan awet muda bisa didapatkan dengan mandi air dingin.

Rambut lebih sehat

Air dingin akan menutup kutikula yang menyebabkan rambut menjadi lebih kuat dan mencegah kotoran terkumpul di kulit kepala. Air dingin juga akan memperkuat akar rambut yang membuat rambut tidak mudah rontok maupun kusam dan membuat rambut jadi lebih berkilau. 

Tubuh lebih bugar

Mandi dengan air dingin di pagi hari dapat membantu membangunkan saraf-saraf dalam tubuh. Mandi dengan air dingin di pagi hari juga merupakan cara terbaik untuk meningkatkan energi di pagi hari. Suhu dari air dingin mampu membuat tubuh menjadi segar dan memberikan suntikan energi.

Menurunkan berat badan

Mandi dengan air dingin juga dapat menurunkan berat badan. Air  dingin yang tersentuh dengan kulit secara alami mampu merangsang produksi lemak coklat yang mampu membakar timbunan lemak jahat di dalam tubuh.

Baik bagi penderita penyakit darah beku

Mandi dengan air dingin secara teratur baik bagi orang yang menderita penyakit pembekuan darah. Sebab air dingin dapat meningkatkan sirkulasi dalam tubuh. Beberapa penyakit serius seperti hipertensi, pengerasan arteri dan munculnya varises dapat dihindari dengan sirkulasi darah yang lancar.

Mendinginkan otak

Mandi dengan air dingin di pagi hari akan memastikan seluruh bagian tubuh mendapatkan pasokan oksigen dalam jumlah yang cukup. Kebutuhan oksigen pada organ yang terpenuhi akan mampu mengurangi tingkat stres yang dialami. Suhu dingin alami juga dapat membantu mendinginkan otak dan meredakan depresi. Otak akan menjadi rileks, dan pikiran menjadi tenang.

Baik untuk kesehatan paru-paru

Mandi dengan air dingin baik untuk kesehatan paru-paru, sebab paru-paru akan terbuka dan kamu bisa bernapas lebih baik.

Melancarkan sirkulasi darah 

Air dingin mengalirkan darah ke organ-organ tubuh. Dengan lancarnya aliran darah keseluruh tubuh, maka seluruh organ tubuh pun juga tetap terjaga dan terpelihara kesehatannya. Selain itu, mandi dengan air dingin juga mempercepat proses penyembuhan, serta mengurangi berbagai jenis peradangan pada tubuh.

Meningkatkan Mood

Mandi dengan air dingin dapat meningkatkan keseimbangan otak yang memberikan efek relaksasi dalam tubuh. Air dingin dapat menstimulasi peredaran darah di otak yang dapat mengurangi mood buruk dan mencegah depresi. 

Mendetoksifikasi Tubuh Anda

Mandi air dingin dapat menyebabkan sistem limfatik dalam tubuh bekerja lebih aktif. Menggigil saat mandi air dingin adalah proses tubuh menghilangkan racun-racun dalam tubuh keluar melalui kulit. Ini mencegah racun-racun tersebut berada dalam tubuh Anda menyebabkan infeksi. 

Membantu Tidur

Mandi dengan air dingin akan membuat tubuh menjadi tenang dan kamu akan lebih mudah tidur. 

Jika kamu tidak terbiasa mandi air dingin maka sebaiknya kamu tidak langsung mandi dengan air dingin.  tubuh harus menyesuaikan diri atau beradaptasi terlebih dahulu dengan kebiasaan baru. Dianjurkan untuk tidak benar-benar langsung mandi sepenuhnya dengan air dingin ketika kamu terbiasa dengan air panas atau air hangat.

Demikian artikel tentang manfaat kesehatan mandi air dingin di pagi hari. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca setia Jadimanfaat.com. Selamat mencoba! 

0 komentar