Manfaat dan Bahaya Mandi Air Hangat

Manfaat dan Bahaya Mandi Air Hangat
Manfaat dan Bahaya Mandi Air Hangat

Mandi setelah beraktivitas seharian akan membuat tubuh kembali segar. Mandi juga membuat tubuh sehat dan menghilangkan kotoran yang melekat di tubuh. Selain itu, mandi juga dapat membuat tubuh merasa nyaman, terutama jika kamu mandi dengan air panas. Mandi air panas atau air hangat dapat membuat tubuh merasa rileks dan nyaman. Terutama pada malam setelah beraktifitas, ataupun pada pagi hari yang dingin setelah bangun tidur.

Manfaat Mandi Air Hangat   

Membuat awet muda dan membersihkan kulit

Pori yang tersumbat dapat menyebabkan blemish dan penumpukan toksin pada kulit. Air hangat akan membuka pori, membuatnya mudah untuk dibersihkan, dan segala kotoran pun terlepas. Dengan mandi air hangat, pori-pori pada kulit akan terbuka, dan kotoran akan lebih mudah dibersihkan, sehingga kulit tampak segar dan tidak kering. Namun, setelah selesai mandi air hangat, sebaiknya kamu menutup kembali pori-pori yang terbuka dengan mengguyurkan air dingin ke tubuhmu.


Mencegah sakit ringan

Mandi air hangat dapat meredakan penyakit batuk yang sedang menyerangmu. Ini dikarenakan dengan menghirup uang panas yang berasal dari air hangat tersebut, mampu menghilangkan phlegm, yang merupakan penyebab iritasi pada tenggorokan. Dahak menyebabkan batuk atau tenggorokan nyeri. Uap dari air hangat dapat melegakan dahak dan menyingkirkannya. Menambahkan minyak ekaliptus ke kulit atau ke udara akan membuat bernapas lebih mudah.

Meningkatkan sirkulasi

Saat mandi air hangat, rasa hangat akan merangsang sirkulasi dan aliran darah. Pada waktu bersamaan akan terjadi pelemasan sendi, tendon, jaringan dan otot.  Walau tidak menyembuhkan secara permanen, mandi air hangat dapat mengurangi sakit, merangsang penyembuhan, dan mengurangi radang pada sendi dan otot.

Meredakan sakit  leher dan bahu yang pegal

Selain dipijit, mandi air hangat bisa untuk mengurangi leher dan bahu yang pegal dan kaku. Guyur bagian yang kaku dengan air hangat selama beberapa menit untuk merilekskan otot.

Mengurangi stres dan insomnia

Mandi air panas membuat tubuh merasa santai, meringankan sakit, dan tegang pada otot dan memperlancar peredaraan darah. Mandi air hangat adalah penenang alami. Dengan mandi air hangat, dapat membantu menghilangkan rasa stres yang melanda pikiran. Mandi dengan air hangat selama 10 menit untuk menenangkan tubuh, pikiran, dan saraf. Mandi air hangat juga membuat istirahat atau tidur akan lebih pulas. Sehingga ketika bangun, tubuh kembali ke performa terbaiknya. Dengan mandi air hangat di malam hari ketika sedang kelelahan, hal tersebut untuk mengendurkan otot, meredakan stres dan mengatasi insomsia. Sedangkan dengan mandi air dingin di pagi hari, akan memberikan semangat untuk memulai aktivitas di pagi hari.

Baik untuk penderita diabetes

Dengan mandi air hangat atau berendam selama setengah jam mampu menurunkan tingkat gula darah yang ada bagi penderita diabetes.

Menyehatkan organ jantung

Mandi air hangat dipercaya mampu memperbaiki kesehatan organ jantung.


Obati migrain

Penyebab sakit kepala atau migrain adalah karena peredaran darah ke kepala tidak lancar. Mandi air panas bisa membuat peredaran darah lancar, sehingga bisa mengurangi sakit kepala.

Mengatasi sindrom kaki gelisah

Bagi penderita sindrom kaki gelisah (Restless Leg Syndrome), dapat mengatasinya dengan berendam dalam air panas selama sekitar sepuluh sampai lima belas menit. Mandi atau berendam air hangat sekitar satu jam sampai dua jam sebelum tidur akan mencegah penyakit yang terkait dengan sindrom kaki gelisah. Mandi air panas juga dianjurkan sekitar dua jam sebelum tidur, bagi orang yang menderita insomnia, akan tetapi  tidak disarankan untuk berendam dalam air panas selama lebih dari lima belas menit .

Bahaya Mandi Air Hangat  

Dapat menyebabkan jerawat

Mandi air hangat memang menguntungkan ketika membuat pori–pori membuka namun bila tidak di tutup lagi dengan cara dibilas air dingin dapat membuka semakin lebar yang menyebabkan mudah terbentuknya jerawat.

Menurunkan kualitas sperma

Mandi air hangat dapat menurunkan kualitas sperma ini dikarenakan mandi air hangat tidaklah baik untuk testis. Berendam selama 30 menit dalam bak air hangat atau panas dapat menurunkan produksi sperma. Tapi efek negatif ini bersifat reversible (dapat berubah). Air hangat atau panas bisa berdampak negatif bagi sperma karena membuat sperma membutuhkan waktu yang lama untuk matang.

Membahayakan janin

Mandi air hangat jika suhu air terlalu tinggi membahayakan bayi. Suhu yang tinggi terutama di awal-awal kehamilan dapat menyebabkan cacat lahir pada keturunan yang dilahirkan.

Membuat jadi kurang bergairah

Efek relaksasi membuat istirahat lebih nyaman, sehingga membuat tubuh malas untuk beraktivitas. Rasa malas itu timbul karena suhu tubuh yang terbawa menjadi panas.


Menurunkan tekanan darah terlalu jauh

Seseorang yang menderita tekanan darah tinggi, atau tekanan darah yang terlalu rendah, disarankan untuk tidak mandi air panas. Hal ini bagi penderita justru akan berpotensi untuk membuat tekanan darah semakin melonjak lebih jauh. Dan untuk penderita darah rendah, mandi air hangat bisa menurunkan tekanan darah terlalu jauh.

Tips Aman Mandi Air Hangat


  • Air yang digunakan jangan terlalu panas. Suhu air hangat yang dipakai berkisar 40-50 derajat celcius, atau sekitar 95 derajat Fahrenheit.
  • Cek air mandi apakah tidak terlalu panas. Caranya celupkan telapak tangan dan rasakan apakah kulit terasa terbakar atau tidak. Jika kulit terasa nyaman berarti hangatnya sudah cukup. 
  • Sebelum menggunakan air hangat, mulailah dengan air dingin terlebih dahulu sedikit demi sedikit. Kemudian baru disiram dengan air hangat.
  • Hal ini dilakukan agar tubuh dapat beradaptasi dengan suhu yang ada.
  • Jangan dilakukan setiap hari, karena dapat mengurangi kelembaban kulit akibat lapisan minyak yang mencair terkena air hangat.
  • Mandi air hangat akan berefek pada darah dan pikiran, maka mandi air hangat baik dilakukan pada malam hari . Mandi air panas di pagi hari tidak disarankan. 


Demikian artikel tentang Manfaat dan Bahaya Mandi Air Hangat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca setia Jadi Manfaat. Selamat mencoba!

0 komentar