Tips Promosi Bisnis Online dan Offline

Berbisnis merupakan suatu peluang untuk bisa mendapatkan keuntungan yang tidak terbatas. Meskipun perlu perjuangan besar untuk membangun suatu usaha agar bisa berhasil, tapi mencapai keberhasilan adalah suatu kenikmatan yang luar biasa.
Apa Saja Hal Pertama Dalam Promosi Bisnis Online dan Offline? Harus 3 Hal : Mau, Mampu, Mempuinyai Waktu 

Mau memulai bisnis, Mampu menjalankan bisnis, Mau menyisihkan waktu bertemu peluang baru.


Tips Promosi Bisnis Online dan Offline


Kebanyakan entrepreneur yang sukses adalah mereka yang berhasil memilih bidang bisnis karena mereka memiliki ketertarikan dalam bisnis tersebut. Mereka menikmati bidang pekerjaan tersebut. Dengan menikmati, banyak keuntungan yang akan Anda dapat.

Menjadi seorang pengusaha atau entrepreneur memiliki banyak keuntungan yang bisa Anda dapat. Menjadi pengusaha atau entrepreneur akan membuatmu semakin kreatif. Dengan menjadi pengusaha atau entrepreneur, Anda tentu akan menghadapi kondisi persaingan  pasar. Poin ini juga merupakan modal yang tidak kalah penting untuk menunjang keberhasilan Anda dalam suatu usaha agar bisa bersaing dengan pelaku bisnis lain. Bisnis atau usaha berarti menuntut Anda untuk lebih kreatif dan inovatif. Memikirkan untuk mengatur strategi pasar yang penuh dengan persaingan, akan mendorong Anda untuk mencari ide-ide cemerlang yang secara tidak langsung membuat Anda menjadi semakin kreatif dan inovatif. 

Seorang entrepreneur dengan caranya sendiri menemukan jalan untuk mengkombinasikan antara kepedulian mereka terhadap isu-isu sosial, dan keinginan mereka untuk menikmati hidup yang lebih baik. Berprofesi menjadi entrepreneur akhirnya berhasil dalam mencapai mimpi yang dicita-citakan. Disertai dengan rasa ketertarikan dalam memilih bidang bisnis, maka pastinya juga akan lebih maksimal dalam menjalankannya yang akhirnya akan berdampak pada keberhasilan bisnis. 

Dalam memasarkan produk dari bisnismu, Anda akan memerlukan strategi promosi yang tepat pada sasaran. Promosi adalah salah satu hal yang paling penting dalam usaha. Dengan strategi promosi bisnis yang tepat, Anda akan meraih kesuksesan dalam bisnis. 

Bagaimana Cara Promosi Bisnis Yang Benar

1. Gunakan Media Sosial

Promosi adalah salah satu hal yang paling penting dalam usaha. Promosi menggunakan media sosial milikmu, adalah salah satu ajang palin murah untuk urusan promosi. Anda bisa mencoba untuk promosi di media sosial yang Anda miliki. Gunakan sosial media seperti BBM, Facebook, Twitter, Path, Instagram, dan lainnya, untuk mempromosikan produk Anda pada orang-orang. Saya juga mengandalkan sosial media teruntuk promosi bisnis, baik itu punya saya maupun milik klien. Dengan pemanfaatan sosial media Twitter Cerita Medan.

Dengan menggunakan media sosial, maka pendekatan yang akan Anda lakukan menjadi lebih personal dan juga menjadi ‘lebih dekat’ dengan target market. Selain mereka sudah akrab dengan kehidupan Anda sehari-hari, Anda pun bisa dengan mudah memberi update kepada calon pelanggan.

2. Adakan Lomba

Bukan rahasia, bahwa perlombaan banyak diminati oleh masyarakat. Oleh karena itu, menjadi salah satu penyelenggara kontes atau menjadi sponsor dalam salah satu kontes yang sedang direncanakan adalah ide strategi promosi yang baik. Dengan menampilkan logo pada kontes atau perlombaan tersebut, maka brand yang akan Anda promosikan akan dikenal oleh peserta lomba.

Seperti contoh yang dilakukan klien saya, Maidanii Pancake Durian dengan kontes Lomba SEO. Modal tidak perlu banyak-banyak hingga harus puluhan juta rupiah. Cukup berkisar 6jutaan rupiah saja, branding logo hingga ranking bisnis usaha klien terlaksana. Efeknya berlangsung lama. 

"Masih terasa efek promosi dengan kontes SEO itu sampai sekarang bang," Marzuki, Owner Maidanii Pancake Durian.

3. Bagi-bagi Produk

Untuk bisa mencapai keberhasilan dalam menjalankan suatu usaha, Anda perlu perjuangan besar untuk membangun suatu usaha agar bisa berhasil, tapi peluang untuk bisa mendapatkan keuntungan yang tidak terbatas akan bisa tercapai.  Salah satu strategi promosi yang cocok untuk dilakukan adalah dengan memberikan produk langsung kepada target market. 

Seperti klien kita Teri Bajak Medan, dengan metode endorse produknya kepada banyak pihak yang dianggap perlu untuk diberikan. Baik itu public figure, keluarga, calon mitra bisnis, dan lainnya.

"Alhamdulillah, cara yang seperti ini lancar berjalan bang. Apalagi sekarang ditambah dengan metode pemasaran lewat sosial media." Windi, Owner Teri Bajak Medan.

Pembagian produk ini bisa diberikan secara cuma-cuma dalam bentuk sample atau tester, agar calon pelanggan kenal dulu dengan produkmu.

4. Mendata Pelanggan atau Target Market

Pada saat proses perkenalan produk ataupun penjualan berlangsung, pastikan Anda mendapatkan data pelanggan sesuai dengan kebutuhan Anda, sehingga akan berguna untuk strategi promosi maupun rencana perusahaan berikutnya.

5. Lakukan Kegiatan Amal atau CSR (Corporate Social Responsibility)

Salah satu strategi promosi lainnya adalah dengan menunjukkan rasa peduli terhadap isu di sekitar sambil mempromosikan brand atau  roduk teretentu yang ingin dipromosikan. Dengan kegiatan ini, brand Anda akan mendapatkan label baik dan disukai oleh masyarakat.

Demikian informasi bagaimana promosi bisnis yang berdampak nyata pada bisnis Anda kelak. Ok, nanti kita lanjut lagi tulisan lainnya.

0 komentar