Manfaat Buah Melon Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Melon Bagi Kesehatan 

Buah melon dalam bahasa latin disebut dengan curcumis melo.  Melon termasuk dalam keluarga Cucurbitaceae. Buah melon masih bersaudaran dengan labu, blewah dan buah semangka. Buah melon mempunyai daging buah yang lembut dan terasa enak dan manis serta menyegarkan.

Buah ini mengandung air yang melimpah pada daging buahnya yang mana mirip dengan buah semangka. Melon sangat cocok dikonsumsi pada siang hari dengan kondisi cuaca yang panas. Buah melon bermanfaat menghilangkan rasa haus atau dehidrasi. 

Selain menghilangkan rasa haus atau dehidrasi, buah melon ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan untuk menghindari berbagai penyakit berbahaya.

Kandungan Gizi Buah Melon
Nutrisi Kandungan %RDA

Energi 34 Kcal 1.5%
Karbohidrat 8.6 g 6.5%
Protein 0.84 g 1.5%
Lemak 0.19 g <1%
Kolesterol 0 mg 0%
Serat 0.9 g 2.25%

Berikut Ini Manfaat Buah Melon

Baik untuk tulang dan gigi

Buah melon merupakan sumber vitamin A dan C yang cukup besar. Vitamin A dan C inilah yang turut membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang dan gigi.


Baik untuk organ penglihatan (mata)

Manfaat Buah melon juga dapat menyehatkan mata, buah ini diperkaya dengan kandungan zat betakaroten yang berguna untuk meningkatkan ketajaman pengelihatan dan menjaga kesehatan mata. Beta-karoten akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A dan digunakan memperbaiki meningkatkan fungsi mata. Rutin mengkonsumsi buah melon akan dapat membantu mempertajam daya lihat mata seseorang.

Membantu meningkatkan kesehatan jantung

Kandungan kalium yang terdapat dalam buah melon dapat membantu menurunkan tekanan darah serta mampu mengurangi berbagai dampak dari makanan bernatrium tinggi yang memperburuk kesehatan organ jantung.

Penangkal penyakit kanker

Buah melon memiliki kandungan likopen yang tinggi, yang akan membantu menangkal penyakit kanker. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa likopen mampu menurunkan risiko serangan beberapa jenis kanker juga mencegah terjadinya serangan jantung. Satu cangkir buah melon mengandung 9 mg sampai 13 mg likopen. Melon juga diperkaya kandungan karotenoid. Karotenoid adalah pigmen sebagai pemberi warna pada buah dan sayuran. yang tinggi pada buah melon ini dapat mencegah serangan kanker, seperti kanker paru-paru dan kanker payudara.

Baik untuk kulit

Buah melon kaya akan kandungan kolagen yang dibutuhkan untuk kesehatan kulit tubuh. Kolagen pada buah melon akan membuat kulit terasa lebih halus dan selalu kencang.

Membantu memperlancar organ pencernaan

Kandungan air dan serat yang cukup tinggi di dalam buah melon akan menyehatkan organ pencernaan dan menghindarkan dari sembelit atau gejala buang air besar yang sulit.

Pencegah stroke

Kandugan adenosin dalam buah melon dapat membantu mengatasi dan menghentikan penggumpalan pada sel - sel darah yang penyebab awal dari gejala stroke tersebut.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C yang banyak dalam buah melon membuat buah melon menjadi buah penting untuk dikonsumsi. Vitamin C berperan sebagai antioksidan dan berfungsi untuk menghalau radikal bebas dalam tubuh. selain itu, fungsi vitamin C juga penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Tubuh membutuhkan 90 mg vitamin C harian, sementara dalam secangkir melon kita bisa mendapatkan ⅓ vitamin C harian yaitu 30 mg.

Sumber Vitamin A

Vitamin A memiliki fungsi yang sangat penting dalam tubuh. Diantaranya adalah mejaga kesehatan mata, gigi, kulit, tulang, dan selaput lendir. Dalam satu buah melon, mampu menyediakan 25% lebih banyak vitamin A dari kebutuhan harian.


Kaya Kalium

Kalium atau potassium berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung dan menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Orang dewasa membutuhkan 4700 mg kalium setiap harinya. Satu cangkir buah melon mampu menyediakan sekitar 43 mg kalium untuk diserap tubuh.


Mencegah Diabetes dan Stroke

Buah melon juga termasuk buah yang rendah kalori dan dan rendah lemak. Mengkonsumsi buah melon bisa membantu mengurangi resiko terkena penyakit serius seperti diabetes dan stroke.

Membantu Memelihara Organ Ginjal

Buah melon memiliki sifat diuretik yang membuat seseorang sering buang air kecil. Secara langsung hal tersebut akan membantu organ ginjal seseorang menjadi lebih sehat.

Melawan penyakit eksim berat dan asam urat

Buah melon juga berkhasiat melawan penyakit eksim berat dan juga asam urat. Caranya, buah melon dicampur dengan perasan buah lemon dan minum di pagi hari saat perut dalam keadaan kosong.

Meredam Panas Dalam

Buah melon juga kaya kana vitamin A, B juga C. Dengan mengkonsumsi rutin maka tubuh Anda akan bugar sehingga penyakit semacam panas dalam bisa dihalau.

Tips Penyajian Buah Melon

Buah melon dapat kamu sajikan dalam berbagai bentuk, yaitu :

• Dapat dimakan langsung setelah diiris atau dipotong
• Dibuat es buah dengan kombinasi gula dan sirup
• Dapat dijus
• Dapat disajikan sebagai penutup makanan.

Demikian artikel tentang Manfaat Buah Melon bagi Kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca setia Ceritamedan.com. Selamat menikmati melon!

0 komentar