Manfaat Menjadi Vegetarian Bagi Kesehatan

Manfaat Menjadi VegetarianMakanan yang kaya akan gizi adalah makanan vegetarian. Memutuskan untuk menjadi vegetarian tidaklah salah. Menjadi vegetarian pun ternyata memiliki banyak keuntungan, terutama pada kesehatan. Pola makan yang hanya mengonsumsi makanan berbahan dasar sayur dan tidak memakan daging, justru akan membuat hidup lebih sehat. 

Manfaat Menjadi Vegetarian Bagi Kesehatan

Mudah sekali untuk memulai menjadi vegetarian. Caranya mulai dengan mengurangi daging secara bertahap, agar tubuh bisa melakukan penyesuaian. Misalnya mulai mengurangi makanan daging binatang berkaki 4, kemudian berkaki 2, kemudian binatang laut, dan seterusnya. 

Vegetarian tidak berarti orang yang hanya makan sayur saja, tetapi vegetarian terbagi atas beberapa tipe yang mempunyai aturan tersendiri. Tipe vegetarian terbagi atas:

Vegan
Tidak mengkonsumsi semua daging binatang baik itu daging merah, daging unggas atau daging ikan. Vegan juga tidak mengkonsumsi produk olahan dari binatang sepeti telur, susu, atau keju.

Lacto Vegetarian
Tidak mengkonsumsi semua jenis daging (daging merah, daging unggas atau daging ikan) dan telur. Tetapi tetap mengkonsumsi susu.

Lacto Ovo Vegetarian
Tidak mengkonsumsi semua jenis daging tetapi diperbolehkan mengkonsumsi telur atau susu.

Pesca Vegetarian
Tidak mengkonsumsi daging merah atau daging unggas tetapi diperbolehkan tetap mengkonsumsi telur, susu dan daging ikan.

Flexitarian
Merupakan tingkatan yang banyak memberikan kelonggaran karena jenis ini masih boleh sekali-kali mengkonsumsi daging dan produk olahannya.

Frutarian
Hanya makan buah-buahan, biji-bijian dan kacang-kacangan yang kaya vitamin E dan berguna untuk kecantikan kulit dan membuat awet muda.

Raw Foodist
Hanya mengkonsumsi makanan mentah, karena proses memasak dianggap dapat merusak hal alami yang ada.

Menjadi memiliki banyak sekali manfaat. Dengan bervegetarian kita juga lebih berpotensi terhindar dari penyakit-penyakit yang menular melalui hewan seperti penyakit sapi gila, flu burung, flu babi, flu kambing. Berikut beberapa Manfaat menjadi Vegetarian yang lainnya.

Apa Saja Manfaat Menjadi Vegetarian?

Hidup lebih hemat

Vegetarian juga membuat kamu menjadi hemat. Sayur dan buah-buahan tentu memiliki perbedaan yang sangat tinggi dalam hal harga. Dengan berbelanja makanan konsumsi vegetarian, kamu pun bisa menabung uangmu dan hidup dengan hemat.

Menjaga Berat Badan

Jika kamu menginginkan berat badan ideal, tubuh sehat dan cantik, mulai saat ini kamu perlu membiasakan diri menjadi seorang vegetarian. Dengan menjadi vegetarian, seseorang pun bisa menjaga berat badannya untuk tetap ideal, tanpa harus berdiet ketat. Karena lemak-lemak jahat yang menyebabkan penumpukan di tubuh, umumnya berada pada makanan hewani.

Sebuah studi yang dilakukan di Oxford University menemukan bahwa 38.000 dewasa pemakan daging-dagingan lebih tinggi indeks massa tubuhnya daripada orang yang vegetarian. Kenaikan berat badan seorang vegetarian juga tercatat lebih rendah sejauh 5 tahun penelitian.  Ini disebabkan karena makanan nabati lebih banyak mengandung antioksidan dan serat. Kedua unsur tersebut dipercaya bisa menurunkan berat badan dan meningkatkan pembakaran kalori dalam tubuh.

Terhindari dari Penyakit

Keutamaan lain dari makanan vegetarian adalah kemampuannya untuk memerangi penyakit berbagai yang menyerang tubuh, dengan asupan vegetarian yang kaya akan nutrisi nabati. Sebuah penelitian membandingkan risiko penyakit antara orang vegetarian dan pemakan daging. Ternyata, menjadi vegetarian dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung. 

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Institute for Cancer Research juga menemukan bahwa menjadi vegetarian bisa mengurangi risiko kanker perut, usus, pankreas, payudara, rahim, dan ovarium. Ini disebabkan karena kandungan gizi di dalamnya mengandung bahan-bahan penting bagi tubuh yang bisa mencegah bakteri berbahaya, sehingga dapat mencegah penyakit seperti diabetes, tekanan darah rendah dan tinggi, kangker, ganguan ginjal, keropos tulang, dan berbagai penyakit lainnya. 

Sehatkan Pikiran

Vegetarian tidak hanya membantu memerangi penyakit, namun menambah beberapa program gizi dan hidup sehat. Sebuah penelitian yang dilakukan di British Journal of Health Psychology menemukan bahwa aspuan sayuran yang besar juga dapat menghasilkan lebih banyak energi, ketenangan, perasaan bahagia, dan dampak positif pada suasana hati lainnya. 

Baik untuk kulit

Mengkonsumsi sayuran berdaun hijau, buah pepaya, jambu biji, apel, dan pir, juga dapat membantu membuat kulit dan tubuh sehat dan terbebas dari noda karena sistem ditetoksifikasi tubuh yang lancar, sehingga bisa mempercantik dan menyehatkan kulit. Hal ini disebabkan karena kandungan mineral serta antioksidan dapat melancarkan sirkulasi darah dan menjaga pigmen kulit. 

Dengan mengkonsumsi sayuran segar dan mentah, tubuh juga dapat terhindar dari zat jahat yang disebut Advanced Glycation Endproducts atau AGEs. Senyawa AGEs ini dapat muncul ketika makanan dimasak dengan suhu tinggi. Sebuah penelitian menemukan bahwa zat tersebut menjadi penyebab penuaan dini, keriput, dan peningkatan lemak di perut. 

Mengurangi bau badan 

Sebuah penelitian yang dilakukan di Ceko menemukan bahwa bau tubuh seorang vegetarian diakui lebih menarik dan dan menyenangkan daripada bau tubuh orang yang sering memakan daging.

Makanan yang menyehatkan bagi orang tua

Menjadi vegetarian juga sangat baik bagi orang tua, karena makanan hewani seperti daging umumnya dapat mempersempit pembuluh darah sehingga nutrisi dan oksigen terganggu yang akibatnya akan menurunkan sistem kekebalan tubuh. Makanan vegetarian juga dapat dengan lembut dikunyah oleh orang tua yang sulit mengunyah ketimbang makanan non vegetarian. Seperti halnya  kacang-kacangan, sayuran, dan salad yang mengandung gizi penting dan dapat dengan mudah dikunyah oleh orang tua yang lanjut usia. Selain itu, mengonsumsi makanan vegetarian juga dapat memperpanjang usia. Ini tentu saja karena pola makan yang sehat, yang membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar, sehingga menghambat penuaan dini.

Meningkatkan hormon seksual

Makanan nabati yang didapat dari sayuran atau buah-buahan seperti stroberi, kacang almon, ubi, dan semangka, juga dipercaya bermanfaat meningkatkan libido dan hormon seksual pada tubuh. 

Memperbaiki sistem pencernaan tubuh

Vegetarian bisa diterapkan untuk orang-orang yang mengalami kelainan dalam masalah pencernaan, atau yang menderita penyakit tertentu, sehingga tidak disarankan mengonsumsi makanan hewani. Makanan vegetarian yang berpola ringan dan sehat, dapat dengan mudah dicerna oleh enzim-enzim di dalam tubuh dan glukosa menjadi sumber yang tetap, sementara daging yang kaya akan kalori kemungkinan memiliki parasit di dalamnya dan sulit dicerna, karena protein komplek dan lemaknya.

Penguat Imunitas

Dengan menerapkan pola hidup menjadi vegetarian, program detoksifikasi seluruh tubuh pun akan lancar, dan menguatkan sistem imun tubuh. Sayuran berdaun hijau segar yang dapat menjadikan tubuh tahan terhadap bakteri dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena sayuran mengandung banyak serat yang dapat mengusir semua racun berbahaya dari makanan yang kurang sehat. Pola makan vegetarian banyak mengkonsumsi zat antioksidan, mineral, fitokimia, vitamin dan banyak nutrisi lain. Beberapa nutrisi tersebut dapat meningkatkan sistem imunitas yang mampu melawan berbagai jenis penyakit kanker. Makanan nabati memang membantu penyembuhan penyakit kronis dan berbahaya seperti kanker dan jantung. Selain itu kita bisa terhindar dari penyakit pencernaan seperti sembelit, wasir, kanker usus, dsb. Makanan yang bisa meningkatkan imunitas adalah seperti buah segar, sayuran, kacang-kacangan, dan produk kedelai.

Membantu proses metabolisme tubuh

Nutrisi dari sayur dan buah sangat baik metabolisme tubuh. Makanan vegetarian juga menyehatkan proses pencernaan dalam tubuh karena serat dari sayur-sayuran maupun buah. Membantu proses metabolisme tubuh dan membuat kerja dari usus maupun lambung tidak terlalu berat dalam melakukan pengolahan.

Meskipun baik untuk dikonsumsi menjadi gaya hidup, namun ada juga kalangan yang sangat dilarang menerapkan pola hidup sebagai vegetarian, seperti anak-anak, remaja, ibu hamil, juga calon ibu hamil. Ini dikarenakan karena mereka harus menyeimbangkan zat gizi dan menyerap semua vitamin dari hewani dan nabati, yang baik bagi tubuh mereka, sebab meskipun menjadi vegetarian adalah baik, namun pada kalangan tertentu, mengonsumsi hewani juga diperlukan tubuh mereka. 

Demikian artikel tentang Manfaat Jadi Vegetarian. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca setia Caramakan.com.

0 komentar