Manfaat Masker Buah Apel Untuk Wajah

Manfaat Masker Buah Apel Untuk Wajah
Manfaat Masker Buah Apel Untuk Wajah 

Buah apel dikenal sebagai buah yang lezat dan baik untuk program diet. Ternyata apel juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit dan rambut. Manfaat buah apel bisa didapatkan dengan cara membuat masker wajah. Manfaat apel untuk masker wajah adalah bisa membuat wajah menjadi lembut bersih dan cantik.

Masker buah apel juga mengandung glycolic acid yang akan mempercepat proses regenerasi kulit, sehingga kulit senantiasa nampak indah dan sehat alami. Apel mengandung vitamin A, vitamin C, B kompleks, serta mengandung juga anti oksidan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit dan mencegah kulit dari kerusakan dan melindungi tubuh dari bakteri dan virus.

Menghilangkan kerutan di wajah

Caranya, haluskan buah apel dengan cara diblender lalu campurkan dengan putih telur hingga keduanya menyatu. Oleskan adonan tersebut ke wajah secara merata sebagai masker. Biarkan selama 30 menit hingga mengering dengan sendirinya, lalu bilas dengan sabun dan air bersih.

Mengelupaskan Sel Kulit Mati

Masker apel dapat mengelupaskan sel kulit mati dan menutrisi kulit agar lebih cerah, lembut, dan kenyal. Caaranya, campurkan 2 sdm oatmeal yang telah dihancurkan dengan 1setengah sdm tepung jagung dan 1 sdm madu murni. Aduk hingga berbentuk pasta. Siapkan setengah buah apel ukuran sedang yang telah dikupas dan dibuang bijinya. Potong apel kecil-kecil berbentuk dadu, lalu haluskan dengan blender. Campur dan aduk rata buah apel yang telah halus tadi dengan pasta yang telah disiapkan sebelumnya. Gunakan masker ini untuk menggosok kulit wajah secara perlahan dengan gerakan melingkar. Lakukan sekitar 10 menit, lalu cuci bersih wajah dengan air hangat.

Menghilangkan kantung mata

Jika kamu memiliki lingkaran hitam di area mata, sebelum tidur lakukan perawatan dengan masker mata. Iris buah apel dan letakkan di atas kedua mata, pastikan agar kelopak juga tertutupi. Atau, Anda bisa mencampurkan 2 sendok makan sari apek dengan kentang parut untuk menutupi mata dengan memberi alas kain hangat. Setelah itu biarkan selama 10 sampai 20 menit, setelah itu bilas dengan air hangat.


Mengtasi kulit berjerawat, kendur dan berminyak

Campuran bubur apel mentah dan cuka sari apel yang dioleskan pada wajah dapat mengatasi masalah kulit wajah berminyak yang memicu timbulnya jerawat. Apel juga menyetarakan tingkat pH kulit yang menurunkan tingkat produksi minyak pada kulit wajah.


Menghilangkan noda hitam

Masker buah apel bisa membantu menghilangkan noda di wajah. Caranya, hancurkan buah apel bersama dengan kulitnya lalu diaplikasikan ke seluruh wajah. Lakukan secara rutin sebanyak 2 - 3 kali seminggu dan lihat hasilnya.


Mencerahkan kulit

Selain dapat menghilangkan kerutan, noda hitam, dan jerawat, masker buah apel juga dapat mengatasi kulit kusam sehingga menjadi cerah kembali. Buah apel mengandung asam-hydroxy yang berfungsi untuk membantu mempercepat perkembangan regenerasi kulit dan juga membantu pengelupasan kulit yang sudah tua sehingga menjadikan kulit lebih halus dan cantik. Caranya, campurkan serutan apel dengan air jeruk nipis. Ambil menggunakan kapas, kemudian oleskan pada kulit wajah. Diamkan selama 20 - 30 menit kemudian bilas dengan air bersih.

Membersihkan pori-pori kulit

Membersihkan pori-pori sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Caranya, haluskan apel dengan cara dijus atau diblender, lalu tambahkan 1 sendok makan gula ke dalamnya, aduk rata. Oleskan ramuan tersebut pada wajah sambil dipijat secara lembut.

Untuk nafas dan gigi

Buah apel mengandung pektin yang berkhasiat unutk menetralkan bau makanan dan juga serat alami yang berfungsi sebagai benang alami untuk gigi. Dengan rutin memakan buah apel, kamu akan mendapatkan gigi yang putih bersih dan nafas segar.

Melembabkan kulit

Untuk memelihara kelembaban kulit, campur apel yang sudah dihaluskan dengan madu dan digunakan sebagai masker. Caranya, campurkan serutan apel madu. Kemudian oleskan pada kulit wajah. Diamkan selama 20 - 30 menit kemudian bilas dengan air bersih.


Mengangkat kotoran yang menempel pada kulit

Wajah selalu terpapar debu jalanan dan polusi lainnya. Kamu bisa merawatnya agar tetap bersih dan sehat. Cobalah membuat masker dari buah apel yang telah dimasukkan ke dalam lemari es selama satu jam atau lebih, kemudian balurkan pada seluruh kulit tubuh, terutama wajah.


Melindugi Kulit Dari Sinar Matahari

Terlalu sering terpapar teriknya sinar matahari dapat mengakibatkan kulit terbakar, kering, kusam bahkan mengalami pengelupasan. Untuk itu, mengolesi tubuh dengan pasta apel yang sudah dicampurkan dengan satu sendok teh gliserin dan pulp dan membiarkannya selama 15 menit dapat memberikan perlindungan lebih terhadap sinar ultraviolet.

Melindungi kulit kepala dan rambut agar tetap sehat

Kandungan serat dalam buah apel berguna untuk membersihkan kotoran dari kulit kepala serta rambut dan menyeimbangkan kadar pH dalam rambut. Buah apel cocok dijadikan bahan perawatan untuk mengurus masalah kerontokan, kepala kering, berketombe dan rambut beruban. Buah apel juga dapat mempercepat proses pertumbuhan rambut yang mengalami kebotakan, menghitamkan warna rambut, serta memberikan kesan kilau menawan.


Bahan-bahan:

• 2 buah apel berukuran sedang, atau 4 apel berukuran sedang, sesuaikan dengan panjang rambut.

• 2 sdm cuka apel.

• 1 sdt jus lemon atau jeruk nipis.

• 1 sdt tepung jagung atau tepung maizena.



Cara Membuat:

Belah apel, singkirkan bagian tengah, kemudian serut sampai halus ke dalam mangkuk.
Tambahkan 2 sdm cuka apel dan 1sdt jus lemon/jeruk nipis juga 1 sdm tepung jagung, aduk rata.
Balurkan pasta pel pada rambut dalam keadaan kering, tutup dengan shower cap, balut lagi dengan handuk, diamkan selama 30 menit.
Jika sudah, bilas rambut dengan air hangat, kemudian keramas dengan menggunakan shampo.
Perawatan ini bisa kamu lakukan seminggu sekali.

Mengatasi kulit yang stres dan lelah

Untuk membuat toner alami, siapkan satu buah apel ukuran sedang, buang bijinya tapi jangan kupas kulitnya. Disarankan untuk menggunakan apel hijau. Potong apel kecil-kecil, masukan ke dalam panci kecil dan tambahkan setengah gelas air. Rebus dengan api kecil hingga benar-benar mendidih, angkat dan biarkan hingga dingin. Lalu saring dengan kain bersih untuk diambil sarinya saja, maka toner sudah siap. Ambil secukupnya, celupkan kapas bersih, dan oleskan ini secara merata pada kulit wajah.

Demikian artikel tentang Manfaat Masker Buah Apel untuk Wajah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca setia Ceritamedan.com. Selamat mencoba!

0 komentar